The words you are searching are inside this book. To get more targeted content, please make full-text search by clicking here.
Discover the best professional documents and content resources in AnyFlip Document Base.
Search
Published by Perpus Kota Semarang, 2018-10-30 17:56:33

Jadi Cewek Cantik,Gampang Kok

Jadi Cewek Cantik,Gampang Kok

Jadi Cewek Cantik?
Gampang, Kok!

Kinoysan

Penerbit ANDI Yogyakarta

Jadi Cewek Cantik? Gampang Kok!
Oleh: Kinoysan

Hak Cipta © 2008 pada Penulis

Editor : Renati Winong Rosori

Setting : Rendrasta Duta Angsona

Desain Cover : Weny

Korektor : Artika Moyo / Aktor Sodewo

Hok Cipta dilindungi undang-undong.
Dilorang memperbanyok otou memindahkan sebagian atau seluruh isi buku ini dalam bentuk apapun,
baik secure elektronis maupun mekanis, termasuk memfotocopy, merekam atau dengan sistem
penyimpanan lainnya, tanpa izin tertulis dori Penulis.

Penerbit: C.V AND! OFFSET (Penerbit AND!)
Jl. Beo 38-40, Telp. (0274) 561881 (Hunting), Fax. (0274) 588282 Yogyakarta 55281

Percetakan: AND! OFFSET
Jl. Beo 38-40, Telp. (0274) 561881 (Hunting), Fax. (0274) 588282 Yogyakorto 55281

Perpustakaan Nasional: Katalog dalam Terbitan (KDT)

Kinoysan, 10 09 08
Jodi Cewek Cantik1 Gampang Kok! / Kinoysan; 32
- Ed. I - - Yogyakorta: AND!,
17 16 15 14 13 12 11 DDC'21 : 115.533

iv + 124hlm.;13x19Cm.

10 9 8 7 6 5 4
ISBN: 978- 979- 29 - 0406- 2

Judu1
l. Psiko1ogi Remaja

t

Pengantar

Alhamduli/lah ...
Puji syukur kepada Allah SWT atas terselesaikannya
penulisan naskah ini.
Terima kasih banyak untuk lbunda Ratmiatun yang selalu
mendoakan dan tak putus-putusnya menyemangati. Untuk
almarhum Ayahanda Suparni, semoga Allah memberimu
tempat yang terbaik di sisi-Nya. Untuk adik-adik tersayang;
Ety "Heng" Diah Kartikawati, Cahyo "Broto" Subroto, Moko
"Smokey" Nugroho, Rubung "Popeye" Tanggara, Siti "Sweet"
Yuana Sari... wah, makasih untuk semua dukungannya.
Untuk sahabat-sahabat dan kawan-kawan yang sudah
banyak membantu terselesaikannya naskah ini... makasih
banyak ya... semoga Allah SWT membalas semua kebaikan
kalian deh.:-)
Juga untuk seluruh pembaca buku Kinoysan, atas semua
kritikan, masukan, dukungan, dan persahabatannya. Terima
kasih banyak.
Enggak lupa juga, terima kasih untuk .............................. .
(tuliskan nama kamu yang sudah membeli buku ini).
Yang pengen kenalan bisa kirim surat lewat e-mail
ke kinoysan(l:l'yahoo.com atau kunjungi www.kinovsan.multiply.

com.

Isi

Kata Pengantar -- iii
Daftar lsi -- iv
1. Kenapa Saya Menulis Buku lni --1
2. Ngintip lsi Buku -- 5
3. Cantik Bukan Bawaan Lahir -- 9
4. Cerdas Bisa Dibentuk -- 99
5. Kamu yang Baru -- 119
Daftar Pustaka -- 123

Ke pa Saya

Menulis Buku lni

Sejak saya resign dari Multivision Plus, Jakarta, PH tempat
saya bekerja sebagai script editor, beberapa waktu lalu, yang
saya lakukan adalah total menulis dan memberikan pelatihan
penulisan.

Terlepas dari itu, banyak juga caJon penulis yang curhat,
bercerita, dan bertanya tentang dunia penulisan lewat e-mail dan
kadang-kadang melalui SMS secara berturut-turut. Mereka bisa
tahu nomor HP saya lewat blog www.kinoysan.multiply.com.

Ada banyak cerita, ada banyak pengalaman baru yang
berharga yang justru menambah kekayaan batin saya dalam
dunia penulisan. Biasanya, ada banyak orang ingin menjadi
penulis dengan berbagai latar belakang. Namun, ada sebuah
pernyataan yang mengagetkan saya.

"SAYA NGGAK CANTIK, MAKANYA SAYA MAU JADI
PENULIS."

2 Jadi Cewek Cantik? Gampang , kok!

Begitu kira-kira inti sebuah uraian yang saya terirna.
Tentu saja saya shock. NGGAK CANTIK. NGGAK CANTIK.
Kata-kata itu terasa rnengusik hati saya. Saya sernpat nggak
tahu rnesti ngornong apa. Saya rnenulis dengan rnotivasi yang
berbeda-beda setiap waktu (baca Jadi Penulis Fiksi? Gampang,
kok! Terbitan Penerbit Andi, Yogyakarta, 2007). Suatu perasaan
sadar diri, yakni NGGAK CANTIK, rnernbuat seseorang pengen
jadi penulis. Sepertinya nggak nyarnbung banget. Tapi, apa pun
itu, saya rnenghargai keterusterangannya.

Saya juga bukan perernpuan cantik. Wajah saya jauh dari
cantik. Kulit saya hitarn. Postur saya jauh dari postur standar
perernpuan Indonesia, kecil rnungil nggak berdaya. Mata saya
pun sudah nggak sernpurna karena harus rnernakai kacarnata.
Masih banyak lagi kekurangan fisik lainnya. Kalau dituliskan,
bisa jadi daftar yang panjang banget.

Tapi sungguh, bukan karena itu saya rnau jadi penulis.
Sejak kecil saya nggak pernah rnerasa bahwa pikiran nggak
cantik yang saya sadari itu rnenghalangi langkah saya untuk
rnencapai cita-cita saya. Dalarn didikan orangtua saya sejak
saya belia, kategori cantik adalah seseorang yang bersih, rapi,
dan rnenyenangkan.

Jadi, terlepas dari keadaan fisik saya yang sangat kurang
dari sernpurna, patokan bersih, rapi, dan rnenyenangkan
itu yang selalu saya ingat. Bahkan ketika saya punya ternan-
ternan dekat yang secara fisik sangat cantik dengan segudang
kelebihannya, saya nggak rnerasa iri karena konsepsi cantik
sebenarnya subjektif banget, tergantung rnasing-rnasing orang.

Kenapa Saya Menulis Buku lni 3

Lalu, apa jadi cewek cantik itu sesuatu hal yang sulit? Oh,
menurut saya nggak. Gampang banget malah. Nah, tulisan ini
sebenarnya adalah catatan-catatan yang saya kumpulkan dalam
usaha memperbaiki diri untuk menyemangati diri. Terlahir
dengan fisik yang jauh dari kesempurnaan bukan berarti nggak
bisa jadi cantik.

Sikap cantik dan baik yang menyenangkan, bukanlah
dicurahkan begitu saja dari langit. Namun, lebih banyak karena
pengolahan sikap baik secara terus-menerus. Tentu saja, kita
nggak boleh mengabaikan perbaikan-perbaikan yang bersifat
fisik. Perlu kita sadari, ada banyak perempuan yang terlahir
dengan fisik yang sempurna dan luar biasa cantik, tapi ternyata
nggak disukai karena sikapnya yang buruk.

Kemudian, saya sadari bahwa untuk menjadi cewek
cantik sebenarnya bukanlah hal yang sulit, malah gampang
banget. Sayangnya, nggak setiap cewek sadar akan hal itu.
Banyak malah yang terbuai untuk melakukan perombakan
besar-besaran secara fisik agar cantik, tanpa diikuti oleh sikap
cantik yang sebenarnya.

Dengan tulisan ini, mudah-mudahan persepsi nggak
cantik karena 'merasa kurang baik dalam hal fisik tertentu' bisa
dikikis dan dihilangkan sama sekali. Cantik bisa dibentuk secara
mudah dan sederhana. Seperti apa pun kondisi kita secara fisik,
percayalah bahwa masing-masing individu adalah cantik dan
unik.

4 Jadi Cewek Cantik? Gampang , kok!

Hal yang paling penting adalah bagaimana kita mengolah
keadaan fisik yang sudah ada pada diri kita. Selain itu, kita juga
bisa mengolah sikap dan kepribadian menjadi menarik sehingga
benar-benar jadi cewek cantik sepenuhnya.

Jakarta, Januari 2008

Kinoysan

gintip

lsi Buku

Cewek identik dengan kecantikan dan keindahan. Namun,
pada era globalisasi seperti sekarang ini, sekadar cantik dan
indah ternyata nggak cukup untuk survive di dalam kehidupan.
Selain cantik, CEWEK CANTIK juga mesti cerdas. Tentu saja
hal itu dimaksudkan agar nggak ada komentar miring, sepnti
'Cantik-cantik kok bodoh!'. Aduuh, nggak banget deb! Kamu
pasti juga nggak mau 'kan ndengerin komentar atau bisik-bisik
seperti itu tentang diri kamu?

Nab, kalau kamu ngerasa bukan cewek yang terlahir
dengan fisik cantik dan ber-IQ super cerdas, tapi punya keinginan
kuat untuk jadi cantik dan cerdas, maka keinginan itu bisa jadi
kekuatan utama kamu untuk ngewujudin diri kamu jadi cewek
cantik dan cerdas.

Kamu tabu, kupu-kupu yang cantik dan warna-warni
semula adalah ulat daun biasa yang mungkin jelek dan sangat
dibenci orang. Tapi, setelah ulat itu bermetamorfosa, ...woow...

6 Jadi Cewek Cantik? Gampang , kok!

mereka jadi keren abis dan banyak orang yang menyukainya.
Jadi, kalau kamu mau jadi cewek cantik, jangan takut

berubah. Jangan takut bereksperimen jadi seseorang yang baru,
bahkan jangan takut untuk menjadi unik dan berbeda dari yang
lainnya.

Ingatlah, unik itu indah. Berbeda itu hak pribadi karena
setiap orang yang lahir di dunia ini nggak ada yang sama
persis, bahkan kembar sekalipun. Jadi, kamu juga nggak perlu
ngerasa takut untuk menjadi berbeda dari orang lain. Terlebih
kalau perbedaan itu adalah sesuatu yang baik, yang bertujuan
ngembangin seluruh potensi kecantikan dan kecerdasan kamu.

Di buku ini, Jadi Cewek Cantik? Gampang, kok!, bisa
kamu dapetin panduan yang cukup detail. Kamu bisa belajar
gimana jadi cewek cantik dan cerdas. Kenapa mesti cantik
dulu baru cerdas? Ya, karena kecantikan adalah sesuatu yang
biasanya langsung terlihat oleh mata, sedangkan kecerdasan
nggak bisa langsung dikenali, tapi baru diketahui lewat interaksi.
Jadi, kamu sebagai cewek mesti punya keduanya agar orang
seneng ngelihat dan berinteraksi dengan kamu.

Namun, sebelum kamu nerusin ngebaca bagian-bagian
berikutnya, kamu mesti inget dan ngeyakinin diri kamu kalau
kamu cantik dan cerdas. Setiap cewek dilahirkan untuk jadi
cantik dan cerdas.

Cewek-cewek lain yang kelihatannya begitu cantik dan
cerdas itu nggak terlahir begitu saja. Kalau kamu ngelihat
supermodel-supermodel, yang sepertinya punya segalanya,
kecantikan dan kecerdasan, percayalah mereka nggak terlahir

Ngintip lsi Buku 7

seperti itu. Mereka berlatih, mengolah seluruh potensi dan
kemampuan hingga menjadi cantik dan cerdas seperti yang
kamu lihat. Tentu saja mereka ngelakuin perbaikan diri dan
latihan secara terus menerus sehingga aura kecantikan dan
kecerdasan terus terpancar.

Inner beauty atau kecantikan yang ada di dalam diri kamu
akan memancar lebih kuat dan nunjukin aura positif daripada
outer beauty. Outer beauty bisa cepat hilang karena kecantikan
hasil polesan make up hanya akan bertahan selama make up itu
menempel di wajah kamu.

Di buku ini kamu akan ngedapetin apa saja yang kamu
perluin agar jadi cewek cantik dan cerdas, nggak peduli seberapa
pun kamu ngerasa diri kamu nggak cantik dan nggak cerdas.
Buruan simak dan jadilah cewek cantik dan cerdas agar kamu
jadi pribadi yang menarik dan disenengin oleh orang-orang di
sekelilingmu. Jadi, semakin besarlah juga kesempatan kamu
untuk survive dan bersaing pada era yang ketat persaingan ini.

A. Definisi Cantik

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (Balai Pustaka,
1994:171), disebutkan bahwa yang dimaksud cantik adalah
elok, molek, indah, dalam bentuk dan buatannya, suka bersikap
menarik perhatian laki-laki, genit, centil, amat suka bersetubuh.

Arti dalam pembahasan kata cantik itu sebenarnya nggak
hanya unsur fisik (bentuk tubuh), tapi ada pula unsur sikap. Nah,
berarti seorang cewek disebut cantik apabila secara fisik lahiriah
menarik, indah dipandang, dan secara sikap pun baik serta bisa
nyenengin orang-orang di sekelilingnya.

Sudahkah kamu ngerasa cantik? Belum? Nggak cantik?
Kenapa?

Hanya karena kamu kebetulan dikaruniai Tuhan kulit
yang hitam? Mata yang nggak besar? Atau hidung yang mungkin
pesek atau nggak mancung? Bentuk badan yang kegendutan
atau nggak tinggi seksi?

10 Jadi Cewek Cantik? Gampang , kok!

Oh Girls, biasanya banyak banget hal yang kamu pikir
salah dan jelek tentang diri kamu sendiri. Padahal, setiap cewek
itu cantik kalau ia tahu gimana caranya jadi cantik. Kecantikan
itu sifatnya pribadi dan subjektif banget. Cewek yang dibilang
cantik menurut seseorang, bisa jadi nggak cantik menurut orang
lain.

Namun, kebanyakan dari kamu mungkin berpikir bahwa
cantik adalah seperti yang diiklanin oleh produk-produk
kecantikan; cewek ber-body seksi, putih mulus, dengan rambut
panjang berkilau, mata bagus dengan bulu mata lentik, dan alis
yang hitam tebal berbentuk bagus, bibir yang seksi merekah, dan
segudang atribut lainnya yang selalu berkaitan dengan fisik.

Padahal, secara sederhana cantik itu bisa berarti: bersih,
rapi, fresh, bersinar, dan ceria. Nggak peduli seperti apa bentuk
fisik kamu, kalau kamu punya identitas yang disebutin itu,
maka pancaran di aura wajahmu pastilah berseri-seri dan kamu
mungkin terlihat jauh lebih cantik daripada cewek-cewek yang
punya bentuk lahiriah cantik, tapi kecantikan itu nggak dirawat
dan nggak diurus.

Jadi, bagaimanapun bentuk fisik yang sudah kamu miliki,
bersyukurlah kepada Tuhan dan kemudian rawat serta pelihara
baik-baik agar kecantikanmu kian bersinar dan cemerlang.
Percayalah, kecantikan yang terpancar dari dalam (inner beauty)
jauh lebih awet daripada kecantikan yang cuma berasal dari
polesan make up.

Sekarang, kamu mesti ngeyakinin diri kamu sendiri kalau
kamu itu cantik dan akan semakin cantik bila kamu tahu gimana

Cantik Bukan Bawaan Lahir 11

caranya menjadi cewek cantik. Lho, jadi kecantikan itu bisa
dibentuk? Tentu saja bisa dong!

Jangan pernah berpikir bahwa kecantikan model-model
papan atas itu muncul dengan sendirinya. Memang sih ada yang
sudah terlahir sebagai cewek yang cantik (berupa kecantikan
fisik), tapi untuk punya kecantikan yang utuh dan sesungguhnya,
mereka tentu ngusahain sungguh-sungguh. Nggak bisa dibentuk
begitu saja secara instant.

Nah, supaya kamu nggak penasaran lagi, mendingan
kamu cek deh beberapa hal di bawah ini yang bikin kamu jadi
cewek cantik. Sekali lagi, jangan pernah berpikir diri kamu
nggak cantik. Cantik lahiriah mungkin dianugerahkan oleh
Tuhan kepada cewek-cewek tertentu. Namun, kecantikan yang
sesungguhnya bisa kamu tentuin dan bentuk sendiri.

B. Cantik dari Ujung Rambut Hingga Kaki

Sekarang coba perhatiin diri kamu baik-baik. Jika perlu,
berkacalah di depan cermin yang besar, lalu cari tahu apa yang
paling kamu senangi pada diri kamu sendiri. ltu penting agar
kamu ngerasa cantik dan nggak akan pernah lagi bilang kalau
dirimu nggak cantik.

Kalau kamu belum nemuin itu nggak apa-apa, tapi kamu
mesti cari tahu apa yang bisa bikin kamu ngerasa bersyukur
kepada Tuhan. Kalau kamu sudah diberi kelengkapan anggota
tubuh dan misalnya kamu cacat sekali pun, tengoklah orang-
orang yang lebih menderita daripada kamu. Dengan begitu,
kamu akan nemuin alasan untuk bersyukur kepada Tuhan.

12 Jadi Cewek Cantik? Gampang , kok!

Sekarang, ayo kita cek satu per satu unsur kecantikan dan
gimana cara ngebentuknya.

1. Rambut

Rambut adalah mahkota dan sering menjadi kebanggaan
para cewek dan juga wanita pada umumnya. Supaya punya
rambut yang cantik, baik rambut panjang maupun pendek mesti
dirawat secara rutin. Potongan rambut juga mesti dipilih yang
terbaik sesuai dengan bentuk wajah kamu.

Kamu bisa datang ke salon langgananmu untuk memilih
potongan rambut yang sesuai. Biasanya, kamu juga bisa
konsultasi dan banyak bertanya mengenai model rambut yang
cocok untukmu. Pegawai di salon akan dengan senang hati
nunjukin dan kasih masukan mengenai apa yang terbaik buat
kamu.

Ketika kamu mutusin untuk nggak ngasih warna atau gaya
tertentu di rambutmu karena nggak mau ribet dan nggak mau
terus-terusan ngeluarin duit untuk ke salon, kamu tetap harus
merawat rambut kamu sebaik-baiknya.

Perawatan rambut memang dianjurin secara terus-
menerus. Bagi pemilik rambut normal, creambath dianjurin
seminggu sekali. Untuk perawatan rambut yang sering dioprek,
diwarna-warni, ataupun diubah-ubah bentuk dan modelnya
dengan berbagai zat kimia, hairspa bisa dilakuin sebulan dua kali.
Masing-masing jenis perawatan berbeda tarifnya disesuaikan
dengan produk dan salon yang kamu kunjungi.

Sebenarnya, ngerawat rambut nggak harus di salon-salon
kecantikan. Jika kamu sedang tak mau pergi ke salon, entah

Cantik Bukan Bawaan Lahir 13

karena biaya yang cukup besar atau karena malas keluar rumah,
kamu juga bisa ngerawat rambut di rumah kok.

Pada dasarnya, ramuan yang ditawarin di salon canggih
pun menggunakan bahan dasar yang ada di sekeliling kita. Berikut
bahan-bahan yang bisa dibuat sebagai ramuan perawatan agar
rambut cantik dan sehat.

• Lidah Buaya
Daun ini bisa digunakan sebagai masker untuk rambut
kering dan kusam. Rendam lidah buaya dalam air hangat
untuk ngurangin kandungan lendirnya. Kemudian,
blender daun tersebut dan olesin pada rambut. Diemin
selama 20 menit, lalu keramas.

• Seledri
Daun yang biasa dipakai sebagai campuran sayur sop
ini berfungsi mencegah dan merawat rambut rontok.
Gunain juicer untuk misahin daun dengan sarinya.
Pakailah hanya sarinya saja di kulit kepala dan rambut.
Diemin selama 20 menit, akhiri dengan keramas seperti
biasa.

• Jeruk Nipis
Buah penyegar yang sering digunakan untuk pelengkap
soto ini berguna sekali untuk ngilangin ketombe di kepala.
Peras dan saring air jeruk nipis, lalu olesin airnya ke kulit
kepala sambil pijat-pijat. Diemin selama 20 menit, lalu
keramas.

• Kulit Semangka
Ambil kulit semangka yang berada di antara buah merah
dan kulit hijaunya. Jus untuk diambil sarinya. Lakuin hal

14 Jadi Cewek Cantik? Gampang , kok!

yang sama seperti langkah-langkah penggunaan jeruk
nipis.
• Daun Teh
Jenis ini sudah dikenal banget oleh generasi nenek
moyang kita sebagai ramuan untuk nyuburin rambut.
Ambil teh dan seduhlahjadi segelas, diem in atau embunin
selama semalam. Pakai air teh tersebut di kepala selama
20 menit. Gunain daun teh yang besar-besar, sebaiknya
jangan gunain teh celup.
• Kemiri
Bakar atau sangrai beberapa butir kemiri, lalu tumbuk
hingga halus. Olesin pada rambut dan diemin selama 20
menit sebelum menutup ritual dengan keramas. Cara itu
akan bikin rambut hitam makin hitam dan berkilau.

Buat kamu yang ingin lebih praktis, di pasaran banyak
disediain sampo atau hair tonic untuk perawatan rambut.

Sementara buat kamu yang berkerudung atau pake jilbab,
kamu mesti lebih ekstra hati-hati ngerawat rambut kamu. Nggak
banget 'kan kalau cantik-cantik kerudungan, tapi sering garuk-
garuk kepala karena rambutmu gatal, entah karena ketombean
atau kutuan.

Hilangkan gatal di rambut dengan shampo anti ketombe
atau mungkin shampo untuk perawatan rambut agar nggak gatal.
Kalau kamu ternyata ketombean ... wiih, basmi deh ketombe itu
dengan obat ketombe. Kalau ternyata rambut kamu panjang,
kamu bisa pangkas dulu biar lebih mudah ngurusinnya.

Cantik Bukan Bawaan Lahir 15

Jangan lupa sisir rambut setiap hari dengan sisir yang
sesuai. Biarpun kamu pake kerudung dan rambutmu pun nggak
kelihatan, tetep aja jangan sampai kamu malas nyisirin rambut.
Selain bikin rapi, nyisir rambut juga nyehatin kulit kepala kamu
dan bikin aliran darah lancar.

Kalau rambut kamu nggak ada masalah, biasain keramas
dua hari sekali. Tapi, kalau kamu banyak banget kegiatan dan
rambut jadi cepat kotor karena keringat dan debu, please mandi
dan jangan malas keramas setiap selesai kegiatan dan sesudah
keringat kering. Percuma juga kalau rambut kamu panjang dan
hitam, tapi bau dan lepek.

2. Seputar Wajah dan Leber

Ada apa saja di wajah dan lehermu? Ada alis, mata, bulu
mata, hidung, pipi, mulut, gigi, gusi, bibir, dagu, telinga, baru
kemudian ada leher.
a. Wajah

Jaga kebersihan wajahmu setiap saat. Jangan tunggu
lama-lama, segera bersihin wajahmu dan cuci muka sesudah
bepergian. Pilihlah pembersih untuk cuci muka yang sesuai
dengan jenis kulitmu; misalnya jenis kulit normal, kering,
berminyak, kombinasi, atau sensitif. Kamu bisa mengetahui
jenis kulitmu dengan berkonsultasi ke dokter kulit atau ke salon
kecantikan. Kamu juga bisa langsung tahu jenis kulitmu dari ciri-
ciri yang terlihat.

• Kulit Normal
Sebaran kelenjar sebasea atau kelenjar minyak merata
sehingga terlihat normal atau nggak ada bagian tertentu

16 Jadi Cewek Cantik? Gampang , kok!

yang terlalu berminyak atau terlalu kering.
• Kulit Kering

Pada kulit kering sebaran kelenjar sebasea-nya sedikit
banget hingga keseluruhan wajah terlihat kering.
• Ku/it Berminyak
Pada kulit jenis ini sebaran kelenjar sebasea-nya banyak
banget hingga terlihat berminyak dan cepat sekali kotor.
Kalau nggak rajin dibersihin, kulit jenis ini rawan banget
jerawatan.
• Ku/it Kombinasi
Kulit dengan sebaran kelenjar sebasea nggak merata
sehingga kulit di bagian tertentu terlihat berminyak
banget, sementara di bagian lainnya enggak. Misalnya
di bagian pipi, kening, dan dagu berminyak, tapi nggak
di bagian lain.
• Ku/it Sensitif
Kulit sensitif mudah sekali terkena iritasi dan sering
berwarna kemerah-merahan bila terkena zat dari luar
yang nggak cocok dengan kondisi kulit. Kulit jenis ini
sebaran kelenjar sebaseanya sedikit, tapi merata.

Nah, kalau kamu sudah tahu jenis kulitmu, maka akan
mudah bagi kamu untuk nentuin jenis-jenis produk perawatan
yang kamu perluin, mulai dari pembersih, penyegar, pelembab,
alas bedak, bedak, sampai scrub dan masker.

Selain ngejaga kebersihan kulit wajah setiap hari, kamu
juga mesti facial setiap minggu sekali untuk ngejaga kehalusan
kulit wajahmu. Facial nggak harus kamu lakuin di salon dengan

Cantik Bukan Bawaan Lahir 17

biaya mahal, tapi bisa kamu lakuin sendiri dengan urutan cara
seperti berikut.

• Cleansing
Gunain susu pembersih yang sesuai dengan jenis kulit
wajahmu untuk ngilangin sisa kotoran dan debu yang
masih nempel.

• Scrubbing
Angkat sisa kulit mati pada wajah dengan scrub yang
sesuai dengan jenis kulitmu. Dengan gerakan berputar,
bersihin kulit wajah terutama di sekitar daerah hidung,
sekaligus untuk ngangkat blackhead atau komedo.
Hindari daerah sekitar mata untuk nyegah iritasi.

• Steaming
Untuk ngebuka pori-pori, penguapan buat wajah ini bisa
dilakuin dengan dua cara mudah. Pertama, masukkan
air mendidih ke dalam baskom dan letakkan wajah
di atas uap air dengan jarak sekitar 25-30 em. Cara
lainnya, rendam handuk kecil dalam air mendidih dan
peras perlahan. Kemudian, letakkan handuk kecil yang
panas itu pada wajah sampai mendingin.

• Maskering
Supaya kulit wajah kembali lembut, segar, dan sehat,
gunain masker wajah yang sesuai dengan jenis kulit.
Diemin selama 5-10 menit. Bersihin dengan air hangat.

• Tonering
Pemberian toner atau penyegar secukupnya dilakukan
untuk ngembaliin PH balance pada kulit dan ngangkat

18 Jadi Cewek Cantik? Gampang , kok!

sisa masker yang masih nempel. Terakhir, gunain
mosturizer atau pelembap untuk ngembaliin kelembapan
kulit wajah.
Lakukan facial seminggu sekali. Kulit wajah pasti akan
halus dan lembut. Kalau kamu juga ingin kulit kamu lebih lembut,
ada cara tradisional yang bisa kamu pakai, yaitu tampunglah
air bekas cucian beras yang pertama dalam baskom. Biarin
selama 15 menit hingga terlihat endapan putih pekat. Buang
air beningnya dan olesin endapan putih pekat tadi ke wajah.
Diemin selama 15 menit, cuci hingga bersih. Lakuin setiap hari
selama seminggu, kulit wajah akan lebih halus.

(a) Bila Kulitmu Jerawatan
Kalau kulit wajahmu termasuk kulit yang bermasalah,

misalnya berjerawat batu dan besar-besar, serta ngalamin
problem berat seputar kulit wajah, jangan segan-segan datang ke
dokter kulit agar masalahmu ditangani dengan baik dan nggak
nimbulin infeksi serta masalah lain yang lebih serius.

Jerawat adalah kelainan kulit yang dikenal dengan acne
vulgaris. Biasanya, jerawat disebabkan oleh faktor perubahan
hormonal, gangguan di sekitar fo/ikel rambut (keratinisasi), dan
juga bakteri. Selain itu, bisa juga dipicu oleh stres, makanan
yang berlemak, dan pola hidup yang nggak sehat.

Jerawat biasa terjadi di bagian-bagian kulit yang ngandung
kelebihan minyak. Bagian-bagian tubuh yang subur ditumbuhi
jerawat, antara lain di permukaan kulit di wajah, !eher, lengan
bagian atas, punggung atas, kulit kepala, dan dada atas.

Jika kamu termasuk cewek dengan kulit berminyak atau

Cantik Bukan Bawaan Lahir 19

kombinasi yang rawan banget clengan jerawat, rajin-rajinlah
ngebersihin muka clan tahan cliri clari makanan-makanan yang
bereaksi cepat nimbulin jerawat, seperti uclang, ayam, makanan
berminyak, cokelat, kacang-kacangan, es krim, claging bergajih,
clan gula yang berlebihan.

Gunain sabun pencuci muka yang menganclung benzoyl-
peroxida atau sabun sulfur. Bila perlu, gunain masker anti bakteri
atau anti jerawat seminggu sekali.

(b) Enam Jurus Bebas Jerawat
1) Bersihin muka seclikitnya 2x sehari clan jangan lupa
rajin keramas.
2) Gunain procluk pembersih muka sesuai dengan
jenis kulit wajah.
3) Scrub wajah minimal lx seminggu, habis itu pakai
masker, bisa clari buah-buahan atau procluk yang
suclah jacli.
4) Kurangi konsumsi makanan berlemak, perbanyak
makan sayuran clan buah-buahan.
5) Jangan pernah mencet-mencet jerawat karena akan
nimbulin bekas yang bakal bikin kamu nyeseeeel. ..
banget.
6) Kalau obat jerawat biasa nggak bisa nyembuhin
jerawat kamu, segeralah berkunjung ke clokter
spesialis kulit.

20 Jadi Cewek Cantik? Gampang , kok!

b. Alis, Mata, dan Bulu Mata
Alis, mata, dan bulu mata adalah bagian yang berdekatan

dan berhubungan erat. Semuanya harus dijaga baik-baik agar
tetap indah dan cemerlang.

(a) A/is
Bentuk dan rapiin alismu sesuai dengan wajah kamu.

Kalau kamu gak yakin bisa ngebentuk dan ngerapiin alis kamu
sendiri sesuai wajah dan mata, kamu bisa datang ke salon dan
minta mereka melakukannya.

Alis mata berperan penting dalam tata rias agar seseorang
tampil cantik. Alis mata yang bentuknya nggak bagus akan
ngasih kesan negatif pada orang tersebut. Sering ditemuin
alis mata yang tumbuhnya nggak beraturan, tapi kamu takut
nyabutinnya karena khawatir kalau malah tambah jelek setelah
dicabut. Padahal kalau kamu bener ngelakuinnya, hasilnya akan
bagus untuk pertumbuhan alismu.

(b) Tip Ngerapiin A/is Mata
1) Tentuin bentuk alis mata yang kamu inginkan.
Lekukan alami alis kamu adalah garis penuntun
yang paling tepat. Akan ngebantu banget bila
sebelum nyabutin bulu alis, alis ditandai pakai pensil
putih atau concealer sehingga bulu-bulu alis di luar
garis tersebut tampak jelas. Bulu alis yang ada di
luar garis dicabut (usahain searah tumbuhnya bulu
alis agar lebih mudah dan ngurangin rasa sakit).
2) Goreskan pensil alis yang cukup runcing pendek-

Cantik Bukan Bawaan Lahir 21

pendek pada celah bulu alis sehingga menyerupai
bulu alami. Pensil alis berguna untuk menata bentuk
alis dan bikin alis tampak lebih lebat.
3) Terakhir, sisir alis ke atas.
4) Jika ingin menggunakan cara tradisional, perhatikan
langkah-langkah berikut.
• Sedapat mungkin cabutlah alis di kala senggang;

saat kamu nggak akan ketemu orang dalam
waktu beberapa jam karena kulit alis akan
memerah setelah dicabut. Butuh beberapa jam
untuk ngembaliin kulit ke kondisi normal.
• Sisirlah alis searah pertumbuhannya dengan
sikat kecil sebelum nyabutin. Bersihin anak alis
yang tumbuh di luar jalur garis alis.
• Jangan pernah nyabut alis berlawanan dengan
arah pertumbuhan alis. Cabut pelan-pelan dan
pasti untuk menghindari rasa nyeri.
• Jangan lupa olesin toner atau penyegar wajah
setelah nyabutin alis untuk menghindari iritasi.
• Taburi dengan bedak tabur sesudahnya. Hal itu
akan efektif untuk nyegah peradangan kulit.
• Setelah selesai dengan urusan cabut-mencabut,
isilah bagian alis yang kosong dengan pensil
alis berwarna sama dengan alis. Untuk ngejaga
bentuk alami, pulasin mask;:1;<:1 bening agar
tampak natural.

22 Jadi Cewek Cantik? Gampang , kok!

(c) Mewarnai Alis
Kamu suka ngewarnain rambutmu? Nggak ada salahnya

jika warna alis pun kamu sesuaiin juga agar pewarnaan rambutmu
terkesan alami. Warnanya nggak perlu sama persis, justru yang
baik adalah dua tahap lebih terang (untuk rambut gelap) dan
dua tahap lebih gelap untuk rambut berwarna terang (pirang).

(d) Mata
Mata perlu banget dirawat karena mata ibarat jendela

hati. Selain perawatan dari dalam, dengan makan makanan
yang cukup ngandung vitamin A, mata perlu istirahat cukup dan
memakai krim mata, tiap pagi dan malam. Produk yang ditujuin
untuk area mata banyak mengandung nutrien yang diperluin
oleh mata ketimbang pelembap biasa. Jangan abaikan daerah
sekitar mata karena kantung mata cepat sekali muncul sehingga
muncul penuaan dan penampilan terlihat nggakfresh.

(e) Kacamata
Buat kamu yang berkacamata, ternyata kacamata juga

bisa bikin kamu terlihat lebih trendi dan smart, selain fungsi
utamanya ngebantu memperbaiki penglihatan. Asal kamu tahu
dan bisa nyesuaiin bentuk kacamata dengan wajah, tentunya
tampil gaya bukan lagi sekedar angan-angan belaka. Yuk, ikuti
dulu tip-tip padu padan kacamata sesuai bentuk wajah berikut
ini.

(1) Bentuk Wajah Segilima
• Pilihlah frame berbentuk oval, semi-persegi,
atau bentuk cat-eye.

Cantik Bukan Bawaan Lahir 23

• Lensa tanpa frame bisa ngebantu nyamarin
bentuk wajahmu yang 'tajam' atau penuh
'segi'.

• Lebar kacamata jangan ngelebihin Iebar kening
agar wajahmu nggak tampak makin Iebar.

(2) Bentuk Wajah Memanjang
• Cocok dengan frame yang bentuknya melebar
dengan garis yang tegas.
• Frame yang bermotif akan ngalihin perhatian
dari bentuk wajahmu yang panjang.

(3) Bentuk Wajah Oval
• Cocok dengan semua bentuk kacamata.
• Pilihlah yang nggak terlalu besar atau
nggak terlalu kecil, sehingga besarnya tetap
proporsional dengan wajahmu.

(4) Bentuk Wajah Persegi
• Kacamata dengan bentuk persegi jelas bukan
pilihan yang tepat.
• Frame dengan lekukan pada bagian samping
dan bagian ujung kacamata, disaranin banget.

(5) Bentuk Wajah Hati
• Pilih kacamata yang nggak terlalu besar.
• Frame berbentuk bulat atau persegi dengan
aksen di bagian bawah, disaranin banget.
• Hindari bentuk frame yang melebar di bagian

24 Jadi Cewek Cantik? Gampang , kok!

atas untuk ngehindarin kesan 'berat' di bagian
atas wajah.

(6) Bentuk Wajah Bulat
• Cocok dengan kacamata berbentuk persegi.
• Jika kamu berkepribadian ekstrouert, cobalah
pilih frame yang bermotif.

(7) Bentuk Wajah Segitiga
• Pilih kacamata yang Iebar dengan pinggiran
yang tebal.
• Cobalah bentuk kacamata cat-eye.
• Hindari kacamata dengan frame yang kecil.

(f) Bulu Mata
Mata adalah jendela hati, nggak heran jika banyak cewek

yang pengen mempercantik matanya. Salah satu cara yang
bisa dilakuin adalah ngebikin bulu mata terlihat tebal, panjang,
dan lentik. Cara paling praktis adalah ngegunain maskara.
Sekarang ini dikenal 2 jenis maskara, yaitu waterproof dan non-
waterproof.

Jika kamu ingin maskara yang bisa bertahan sepanjang
hari, pilihan yang tepat adalah jenis maskara waterproof. Selain
awet di bulu mata, jenis maskara ini cepat kering setelah
dipulasin.

Hasil maksimal dan kemudahan penggunaan bisa kamu
dapetin jika nggunain sikat maskara yang agak melengkung,
ngikutin bentuk kelopak mata. Sikat maskara bentuk itu bisa
membantu mencapai sudut-sudut bulu mata tanpa ngenain

Cantik Bukan Bawaan Lahir 25

bagian wajah yang lain.
c. Hidung

Hidung ada di wajah. Jangan sampai kamu nggak peduli
soal hidung. Buat kamu yang punya jenis kulit berminyak atau
kombinasi, daerah hidung biasanya jadi daerah yang rawan
komedo. Komedo bisa dikurangi dengan perawatan muka
yang benar. Jika sudah parah, komedo bisa disamarin dengan
concealer atau bisa juga nggunain krim untuk nyamarin noda.
Pastikan kamu memilih produk yang aman buat kamu.

Enggak kalah pentingnya adalah soal bulu hidung yang
kadang kamu abaikan. Cabuti dengan tangan kamu dan bersihin.
Kalau kamu sampai utak-atik hidung di depan orang lain, kamu
pasti dianggep cewek jorki alias jorok.

Jaga juga kesehatan hidung kamu dengan periksa rutin
ke dokter THT agar kondisinya tetap sehat dan seandainya ada
penyakit-penyakit yang ngeganggu, penyakit itu akan segera
terdeteksi dengan mudah.

d. Pipi
Bagian wajah ini juga memerlukan perawatan agar terlihat

cantik. Karena berada di wajah, maka perawatannya lebih sering
ngikutin perawatan wajah. Biasanya, pipi memerlukan perhatian
ekstra bila kamu harus dandan secara lengkap.

Nah, kamu yang tengah punya acara khusus, seperti pesta
dan harus nggunain perona pipi, ada tip en trik agar sapuannya
terlihat natural ala penata rias.

• Beri pelembab pada wajah, lalu lanjutin dengan
pemakaian bedak dasar sesuai warna kulit. Olesin

26 Jadi Cewek Cantik? Gampang , kok!

dengan rapi dan merata.
• Bubuhi bedak padat atau shading (perona yang

berfungsi ngasih bayangan) berwarna 2 tingkat
lebih gelap dari warna kulit. Sapukan secara merata
mulai dari tulang pipi hingga ngedeketin pelipis;
nggak ada bagian yang lebih tebal dan tipis.
• Tutup kembali seluruh wajah dengan bedak tabur
atau bedak padat, baru kemudian olesin perona
pipi berwarna orange atau pink tua di atas dasar
tadi. Baurkan dengan tipis dan merata.
e. Mulut, Gigi, Gusi, Bibir
Bagian ini berada di satu tempat. Masing-masing perlu
perawatan dan penjagaan agar tetap sehat dan cantik.

(a) Mulut
Masalah yang sering terjadi di mulut adalah bau mulut.

yang bisa jadi disebabin oleh sakit gigi, sedang sakit, atau
memang kondisi hormonal yang nggak seimbang. Kamu bisa
ngatasin secara cepat dan instant dengan ngegunain obat
pengharum mulut. Namun, cara itu nggak akan bisa ngatasin
dalam waktu lama. Untuk itu, kamu mesti tahu penyebabnya.
Bila bau mulut itu disebabin oleh penyakit. kamu mesti datang
ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Namun, ada pula cara tradisional yang bisa dilakuin untuk
nyegah bau mulut bila bau mulut ini benar-benar ngeganggu
orang-orang di sekitarmu. Jangan sampai kamunya udah cantik,
tapi mulutmu bau naga... gitu 'kan istilah anak muda nyebutin
bau nggak sedap? Coba praktikin tip en trik berikut.

Cantik Bukan Bawaan Lahir 27

• Bersihin gigi dan lidah dua kali sehari, setelah
sarapan dan sebelum tidur malam. Di siang hari,
kamu bisa gunain obat kumur usai makan siang
atau makan snack atau ngemil.

• Gunain obat kumur seperlunya karena penggunaan
secara berlebihan dapat ngeganggu flora normal di
dalam mulut.

• Sisa-sisa makanan yang masih tertinggal di sela-
sela gigi dan pinggir gusi bisa kamu bersihin dengan
benang gigi (dental floss).

• Minumlah air putih sebanyak 8-10 gelas sehari dan
kunyahlah permen karet tanpa gula beberapa menit
untuk nyegah bau dan ngangkat sisa-sisa makanan
yang tertinggal di gigi.

• Hindari memakai sikat gigi secara bersamaan dan
sering-seringlah ngeganti sikat gigi.

• Bagi pengguna gigi palsu, sebaiknya gigi palsu
dibersihin setiap kali sesudah makan. Kemudian,
rendam gigi palsu dalam air sesaat menjelang tidur
malam.

• Periksa rutin ke dokter gigi 3-6 bulan sekali.
• Kamu juga bisa gunain ramuan tradisional, yaitu

rebuslah 4 helai daun sirih dengan 2 gelas air
hingga tinggal setengahnya. Dinginin dan gunain
untuk kumur-kumur setiap pagi dan petang. Dalam
seminggu, bau mulut biasanya sudah berkurang.

28 Jadi Cewek Cantik? Gampang , kok!

(b) Gigi dan Gusi
Kamu senang tersenyum dan ramah, tapi kalau gigi kamu

jorki dan bau, orang pasti nggak lagi suka ngebalas senyuman
kamu. Kamu mesti ngejaga dan ngerawat gigi kamu agar tetap
cantik dan cemerlang sehingga senyum pun ikut menawan.
Gigi berkaitan erat dengan gusi. Terkadang gigi dalam keadaan
bagus, tapi kamu menderita gusi berdarah atau radang gusi.

Gingivitis atau gusi berdarah/radang gusi disebabin oleh
streptococcus mutans atau kuman penyebab. Gingivitis akan
jadi Periodontitis yang lebih sakit kalau nggak diobatin. Penyakit
gusi adalah satu peradangan yang dialami oleh gusi, yang
selanjutnya bisa memengaruhi tulang yang menopang gigi kita.
Peradangan tersebut disebabkan oleh bakteri yang jadi 'plague'
gigi, lengket, dan lama-kelamaan akan ngelapisin gigi kita.

Jika kamu nggak ngebersihin tiap hari, baik dengan
menyikat gigi maupunflossing (ngebersihin gigi dengan 'benang'
gigi), 'plague' gigi akan semakin terbentuk dan bakteri nggak
hanya menginfeksi gusi kita, tapi juga membahayakan lapisan
luar gusi dan tulang yang menopang gigi.
Ada beberapa tahapan munculnya penyakit gusi:

(1) Gingivitis
Tahapan ini merupakan tahap awal dari munculnya
penyakit gusi, yakni peradangan yang disebabkan oleh
'plague' yang terbentuk di sekitar gusi. Jika pembersihan
gigi yang dilakukan setiap hari nggak mampu ngebersihin
dan ngangkat 'plague' yang terbentuk, maka itu bisa
memproduksi racun yang menyebabkan iritasi di lapisan

Cantik Bukan Bawaan Lahir 29

luar gusi, dan timbullah gingivitis, yaitu jika gusi kamu
berdarah saat nyikat gigi atau ngebersihin gigi dengan
'benang gigi'.
Pada tahap awal penyakit gusi ini, kerusakan lebih ianjut
bisa diatasi, asalkan tulang dan jaringan luar gusi yang
menyangga gigi yang terinfeksi tersebut masih belum
terinfeksi.

(2) Periodontitis
Pada tahap ini, tulang penyangga gigi dan jaringan yang
menyangga gigi di tempat yang terinfeksi tersebut sudah
mengalami 'kerusakan'. Gusi kita mulai ngebentuk
'kantong' yang akan jadi 'perangkap' bagi makanan yang
menempel dan 'plague'. Perawatan gigi yang rutin dan
pembersihan sehari-hari yang dilakukan secara pribadi
akan bisa mencegah kerusakan yang lebih parah.

(3) Advanced Periodontitis
Pada tahap yang paling 'parah' dari penyakit gusi
ini, jaringan dan tulang yang menyangga gigi telah
hancur, yang bisa nyebabin gigi tanggal. Hal itu sangat
mengganggu kenyamanan gigi kamu saat mengunyah,
apalagi jika nggak ada perawatan rutin terhadap gigi.
Pada akhirnya, gigi harus dicabut karena sudah rusak
dan keropos.

Penyakit gusi bisa nyerang siapa saja, tapi itu lebih sering
terjadi pada orang dewasa. Jika bisa terdeteksi sejak awal,
penyakit gusi bisa dihindari. Kamu harus rutin meriksain gigi ke

30 Jadi Cewek Cantik? Gampang , kok!

dokter gigi jika ngalamin gejala-gejala seperti berikut ini:
• Gusi berwarna merah dan bengkak.
• Gusi berdarah selama menyikat gigi atau ngelakuin
flossing.
• Gigi tampak lebih panjang karena gusi nggak lagi
kuat menyangga.
• Antara gusi dan gigi mulai ada jarak dan ngebentuk
kantong.
• Saat ngegigit gigi goyang dan gusi terasa sakit.
• Keluar nanah di antara gusi dan gigi.
• Bau nafas nggak sedap dan mulut selalu ngerasa
nggak nyaman.

(c) Menghindari Penyakit Gusi
Tahap awal dari penyakit gusi biasanya bisa dihindari

dengan menyikat gigi dan flossing secara teratur. Perawatan
secara rutin oleh dokter gigi atau ahli kesehatan gigi yang lain
adalah cara yang tepat untuk ngangkat 'plague' yang terbentuk
dan kemudian mengeras jadi 'tartar'. Dokter gigi atau ahli
kesehatan gigi yang lain akan ngebersihin potensi terbentuknya
'tartar', di atas dan di bawah gusi.

Jika kondisinya lebih buruk, perlu dilakuin prosedur
perawatan terhadap akar gigi. Prosedur tersebut akan ngebantu
gigi agar mampu menghambat tumbuhnya 'plague'. Perawatan
secara berkala bisa memudahkan deteksi awal terhadap tahap
awal penyakit gusi sehingga menghambat kerusakan yang lebih
parah.

Cantik Bukan Bawaan Lahir 31

(d) Buat Kamu yang Pakai Kawat Gigi
Perawatan gigi dengan kawat gigi ngebutuhin kedisiplinan

tinggi, lho. Jadi, kalau kamu males kontrol ke dokter gigi, wah,
perawatannya bakal jadi lebih lama lagi. Standar pemakaian
kawat gigi adalah enam sampai delapan belas bulan. Dalam
perbaikan gigi dengan kawat, bukan hanya satu atau dua gigi
yang dirawat. Seluruh gigi perlu ditangani. Bahkan gigi yang
belum tumbuh pun perlu ditangani untuk memperbaiki atau
ngarahin tumbuhnya rahang.

(e) Bibir
Boleh jadi kamu nggak pakai lipstick, tapi bibir kamu tetep

perlu perawatan. Jangan sampai dibiarin ancur pecah-pecah,
kena sariawan, nggak lembab, dan lain-lain. Bibir yang cantik
adalah bibir yang sehat, mulus, dan nggak pecah-pecah. Kamu
mesti ngolesin pelembab bibir setiap hari. Ada cara gampang
agar bibir nggak pernah kering, oleskan pelembab bibir ketika
kamu mau tidur.

(f) Kalau Kamu Pakai Lipstick
K.ini saatnya untuk mempercantik bibirmu, misalnya saat

kamu harus datang ke acara formal atau ke pesta. Ada tip en trik
yang bisa kamu ikutin agar pemakaian lipstick bikin bibir kamu
tambah cantik.

• Perhatiin yang satu ini: nggak usah lagi pakai lip
liner! Selain kamu bakal keliatan jadi mirip tante-
tante, sekarang zamannya natura/look, kok.

• Biar nggak bikin orang lain silau, jangan pakai

32 Jadi Cewek Cantik? Gampang , kok!

terlalu banyak lipgloss, yang penting bibir kamu
nggak kering dan terlihat sehat.
• Jangan ratain lipstick dengan tissue karena lebih
baik pakai punggung tangan kamu untuk ngeratain
biar warnanya tetep bagus.
• Pakai cotton bud untuk ngeratain lipstick di ujung
bibir agar terlihat natural.
• Tinggalin kebiasaan pakai bedak sebagai alas
lipstick. Kalau mau lipstick lebih tahan lama, lebih
baik pakai aja 2 lapis.
f. Dagu
Dagu merupakan bagian dari wajah. Jadi, saat ngebersihin
wajah, jangan lupa bersihin pula bagian dagu sampai bener-
bener bersih karena bagian dagu ini juga rawan komedo dan
jerawat. Terlebih lagi buat kamu yang punyajenis kulit berminyak.
Perlakuin bagian wajah ini sama seperti bagian wajah lainnya
agar nggak bikin masalah.

g. Telinga
Bagian ini kelihatannya nggak perlu dirawat. Ooh, siapa

bilang? Kamu pernah ngalamin masalah dengan telinga? Kalau
iya, jangan ragu pergi ke spesialis THT untuk mendapatkan
kejelasan tentang masalah telinga kamu dan perawatannya.

Biasanya, telinga nggak merluin banyak perawatan.
Kotoran telinga yang numpuk di telinga bagian luar mengandung
zat yang bisa membunuh bakteri dan nyegah infeksi. Ingat, jangan
masukin benda tajam ke dalam telinga karena itu bisa ngerusak

Cantik Bukan Bawaan Lahir 33

gendang telinga dan nyebabin ketulian. Untuk ngebersihin
kotoran telinga yang numpuk, gunakan cutton bud yang bisa
dibeli di apotek. Jika telinga terasa tersumbat, periksakan ke
dokter untuk ngedapetin perawatan yang cukup.

Jika kita sedang bepergian dengan pesawat terbang,
telinga kadang-kadang terasa nggak enak. Hal itu disebabin
tekanan bagian dalam telinga nggak sama dengan tekanan di
bagian luar. Keadaan itu nyebabin telinga terasa nggak enak
dan sakit sampai keluar bunyi 'pop', baru kemudian tekanan
menjadi seimbang.

Untuk nyegah tekanan yang berlainan, coba hisap permen
pada waktu pesawat terbang meninggi atau turun. Cara lainnya
adalah menekan kedua lubang hidung dan menghembuskannya
sampai telinga berbunyi.

Hindari bepergian dengan kapal terbang jika kamu
sedang flu atau sakit tenggorokan karena itu akan ningkatin
ketidakseimbangan tekanan pada telinga. Jika kamu harus
bepergian dengan pesawat terbang dalam keadaan flu atau
sakit tenggorokan, gunain semprot hidung yang bekerja sebagai
pelebar jalan nafas (decongestant) untuk ngurangin rasa nggak
enak pada telinga.
h. Leher

Bagian leher termasuk bagian dengan kulit yang sensitif.
Perhatikan perawatannya. Berikan pelembap yang cukup. Bagian
itu juga harus dibersihin bersamaan dengan saat ngebersihin
wajah.

34 Jadi Cewek Cantik? Gampang , kok!

3.Lengan
Bagian ini juga penting banget untuk penampilan

kamu. Lengan yang 'gombyor' pasti nggak menarik. Untuk
memperindahnya, lakukan cara sederhana dengan bantuan
dumbell seberat 1,5 kg, yaitu:

(1) Genggam dumbell dengan tangan kanan dan kiri.
Posisikan tangan tepat di belakang kepala, sejajar
dengan punggung.

(2) Hembusin napas dan naikin dumbe/1 secara
bergantian antara tangan kanan dan kiri. Usahain
cuma siku yang bergerak ke atas. Tahan sampai
hitungan ke-10, lalu kembalilah ke posisi semula.
Lakuin secara rutin sampai tangan terbentuk sesuai
keinginan kamu.

4. Ketiak atau Ketek
Bagian ini akan selalu berkaitan erat dengan keringat

dan bau badan. Kamu mesti ekstra ngejagain bagian ini.
Setiap waktu, kamu mesti nyukur bulu ketek kamu biar bersih.
Kamu bisa tentuin sendiri kapan waktu yang paling pas untuk
beresin soal itu agar nggak makin banyak bakteri yang tumbuh
berkembang biak di ketek kamu.

Kalau ketek kamu menghitam akibat iritasi saat dicukur,
cari produk yang bisa menetralisir warna hitam akibat iritasi
yang sekarang banyak dijual di pasaran.

Buat kamu yang kebetulan punya bau keringat yang
nyengat dan nggak sedap, kamu perlu lebih ekstra perhatian
untuk beresin masalah itu. Kelihatannya sepele, tapi asli itu

Cantik Bukan Bawaan Lahir 35

ngeganggu banget buat orang-orang di sekelilingmu. Ada tip en
trik untuk ngatasin masalah itu, yaitu:

• Kamu mesti rajin mandi. Mandi ini penting banget
agar badan kamu senantiasa bersih. Pastikan kamu
mandi dua kali sehari. Kalau kegiatanmu banyak
banget dan bikin kamu keringetan terus, kamu bisa
mandi lebih dari dua kali.

• Pakai obat anti bau badan. Sekarang kamu bisa pilih
sendiri beraneka produk anti bau badan yang sesuai
dengan selera kamu. Harganya pun pasti terjangkau
untuk kantong kamu. Beli yang ukurannya kecil,
jadi bisa kamu bawa ke mana saja dan kapan saja.

• Sering berganti baju. Kalau kamu sering keringetan
dan kegiatan kamu ekstra banyak, sediain pakaian
yang bersih. Lebih baik kamu bawa tas yang
sedikit besar ke mana saja untuk menyimpan baju
ganti kamu yang bersih, daripada kamu bawa bau
badan ke mana-mana dan bikin orang-orang di
sekelilingmu langsung ngacir.

• Hindari makanan dan minuman yang ngerangsang
makin tajamnya bau badan kamu.

• Cara sederhana untuk ngilangin bau badan adalah
minum air daun sirih, yang sudah direbus sampai
mendidih, setiap hari.

• Jangan malas bawa tissue, sapu tangan, dan obat
anti bau badan kamu ke mana saja supaya kamu
bisa lebih bersih.

36 Jadi Cewek Cantik? Gampang , kok!

5. Payudara
Bagian ini mesti kamu perhatiin. Massage khusus dan

masker khusus sebagai perawatan akan bikin payudara kamu
lebih indah dan kencang. Buat kamu yang masih remaja dan
muda, nggak perlu bingung karena biasanya di masa ini kamu
nggak ada masalah dengan urusan kekencangan payudara.
Tapi, tak ada salahnya juga untuk ngejaganya dari awal dengan
senam khusus payudara. Hasilnya, payudaramu akan bagus
banget.

Selain itu, yang paling penting juga adalah memakai bra
yang pas untuk ukuran payudara kamu. Gunain yang kuat dan
bisa menopang payudara kamu agar nggak bergerak ke mana-
mana. Kalau kamu tengah olahraga, gunain bra yang khusus
untuk olahraga sehingga nggak ada kemungkinan payudara
kamu cedera.

Untuk bra, pilih yang terbuat dari bahan yang nyaman
dan sesuai ukurannya. Orang yang payudaranya besar seringkali
ngerasa lebih nyaman ngegunain bra yang ada kawatnya (wire
bra) karena bisa ngenyangga payudara dengan lebih baik. Ada
juga yang lebih suka lapisan busa karena bisa nambah volume
payudara. Semua terserah kamu, yang penting nyaman dan
aman. Buat apa pake pakaian yang kelihatannya cantik, tapi
bikin kamu tersiksa. Bener nggak?

Kalau kamu ngerasa ada yang aneh dan nggak biasanya
pada payudara kamu, sebaiknya kamu segera ke dokter untuk
berjaga-jaga kalau ada penyakit yang serius. lnget, penyakit
kayak kanker payudara itu bisa nyerang semua umur.

Cantik Bukan Bawaan Lahir 37

6. Pusar
Pusar hitam? Itu memang dikarenakan kotoran yang

berasal dari sel-sel kulit mati yang terkumpul dan nimbun,
ditambah lagi sisa sabun saat kamu mandi yang lupa kamu
bersihin. Nah, biar kotoran pusar nggak numpuk, bersihin
seenggaknya seminggu sekali. Tapi, jangan sekali-kali ngorek-
ngorek pusarmu dengan tangan yang kotor ya, karena bisa
terjadi iritasi atau bahkan infeksi.

Biar pusarmu tetap indah dan bersih, jangan lupa ngelap
pusar perlahan dengan handuk sampai kering setiap kali habis
mandi. Seminggu sekali, bersihin pusar dengan cotton buds
yang telah ditetesi dengan minyak zaitun atau baby oil perlahan-
lahan.

7. Tangan dan Kuku

Tangan yang mungil sudah ngebantu semua kegiatan
kita sehari-hari. Kamu mesti jaga kebersihannya secara ekstra.
Lebih-lebih kalau kamu suka ngusap-usap wajahmu dengan
tangan ... ups, tangan itu penuh dengan bakteri dan harus kamu
sterilin, loh.

Selain itu, kalau kamu biasa berjabat tangan dengan
orang-orang di sekelilingmu saat bertemu, pastikan tangan
kamu bersih. Apalagi kalau kamu juga biasa makan pakai
tangan, pastikan kamu cuci tangan kamu bersih-bersih setelah
makan. Nggak kebayang kan, gimana kalau habis makan tanpa
cuci tangan kamu langsung bersalaman dengan banyak orang?
Dijamin mereka pasti langsung nuduh kamu jorki.

38 Jadi Cewek Cantik? Gampang , kok!

Selain itu, kamu mesti jaga kelembutan tanganmu dan
berikan pelembap secukupnya agar nggak kering. Lebih-lebih
buat kamu yang sering berada di ruang ber-AC. Ada juga tip en
trik untuk ngalusin tangan kamu, yaitu lumatkan pisang dengan
mentega, ratakan dan remas-remas pada kedua tangan. Diemin
sebentar, lalu bilas.

Di tangan ada kuku yang juga perlu kamu jaga
kebersihannya. Kalau kamu berniat manjangin kuku, pastikan
semua terjaga dan terawat dengan baik. Jangan sampai kuku-
kuku panjang kamu kayak kuku drakula... item-item kotor dan
nggak terawat.

Mempercantik kuku ternyata bisa dilakuin dengan cara
sederhana. Selain murah, bahannya pun nggak sulit diperoleh.

• Jeruk Nipis
lni yang paling sering digunain dan gampang didapet.
Gosokin pada kuku selama beberapa menit, lalu bilas
sampai bersih dan kuku pun akan terlihat cemerlang.

• Belimbing Wuluh
Untuk ngebersihin kotoran di sela-sela kuku dan kulit
luar, sekaligus untuk nguatin kuku. Caranya, kamu
tinggal nggosokin aja belimbing wuluh ke kuku kamu,
lalu bilas sampai bersih.

• Kunyit
Dapat ngebantu ngilangin bau kurang sedap pada
kuku. Campur parutan kunyit dengan minyak kelapa
dan tetesin pada tempat yang kamu inginkan, lalu lap

Cantik Bukan Bawaan Lahir 39

dengan handuk hangat.

• Bawang
Bawang baik banget untuk kuku yang mudah patah.
Caranya, gosokin bawang pada kuku yang rapuh
sesering mungkin.

• Getah Pepaya
Getah pepaya baik untuk ngebersihin kulit di luar kuku
agar nggak mudah pecah dan jadi lebih lembab.

Jika ada waktu luang, kamu bisa manikur untuk ngilangin
kulit-kulit mati di sekitar kuku kamu sehingga aliran darah lancar
dan kuku makin sehat.

8. Tubuh
Siapa yang mau punya kulit kusam dan kasar? Tubuh

juga merluin perawatan secara teratur dan terus menerus.
Namun, kamu seringkali nggak peduli soal itu. Padahal, scrub
tubuh bisa bikin kulit lebih bersih dan lembut.

• Bentuk Scrub
Cairan kental dengan butiran scrub yang kecil.

• Peralatan yang Dibutuhin
Handuk dari bahan yang halus dan alat sikat khusus
untuk tubuh.

• Cara Memakainya
../ Sehabis pakai sabun, oleskan scrub di seluruh

40 Jadi Cewek Cantik? Gampang , kok!

tubuh dari leher hingga pergelangan kaki.
./ Dengan handuk halus atau sikat, gosok badanmu

dengan gerakan memutar selama 1-3 menit.
Kamu dapat menggosok bagian siku tangan dan
belakang lutut dengan lebih kuat.
./ Setelah itu, bilas dengan air dingin agar pori-
pori tertutup. Keringkan badan dan jangan lupa
gunakan body lotion, ya.

• Waktu Pakai Scrub
2-3 minggu sekali.

• Kegunaannya
./ Bikin kulit kamu terlihat sehat dan berkilau.
./ Ngehalusin kulit, terutama bagian yang
tersembunyi, seperti pergelangan tangan dan
lutut.
./ Nyingkirin kotoran, debu, dan racun dari
tubuhmu.

• Rambu-rambu yang Mesti Ditaati
./ Hindari pemakaian scrub pada permukaan kulit
yang kering karena itu bisa bikin kamu terkena
infeksi .
./ Pilihlah produk scrub yang ngandung softening
agent agar permukaan kulit terhindar dari
iritasi.
./ Hati-hati terhadap terik matahari setelah kamu
ngelakuin scrubbing karena bisa bikin kulitmu

Cantik Bukan Bawaan Lahir 41

jadi super sensitif. Pakai lotion yang mengandung
SPF lebih dari 15 pada permukaan kulitmu,
sebelum kamu bepergian.
./ Setelah scrubbing, cuci alat-alat scrub-mu
dengan sabun dan keringkan dengan cara
digantung.

9. Organ Reproduksi Cewek

Perawatan kesehatan dan kebersihan adalah topik
yang banyak dibicarain dalam masyarakat. Biasanya, hal
itu sudah diajarkan oleh orangtua kita sejak kita masih kecil.
Tapi, karena orangtua seringkali enggak ngerasa nyaman
ngebicarain masalah seksual, biasanya masalah kesehatan dan
kebersihan yang dibicarain hanya nyangkut hal yang umum saja,
sedangkan urusan kesehatan organ seksual jarang didapetin dari
orangtua.

Nah, daripada kamu salah persepsi atau nggak bener saat
ngurusin organ reproduksi kamu, coba deh cek tip satu per satu
di bagian ini.
• Ngebersihin Vagina

Secara umum, ngejaga kesehatan berawal dari ngejaga
kebersihan. Hal itu juga berlaku bagi kesehatan organ-organ
seksual. apalagi buat kita-kita ini, yang tinggal di daerah tropis.
Udara yang panas cenderung lembab sering bikin kamu ngerasa
gerah dan keringetan.

Keringat bikin tubuh kamu lembab, terutama di bagian
tubuh yang tertutup dan lipatan-lipatan, yang bikin bakteri
mudah berkembang biak sehingga nimbulin bau yang enggak

42 Jadi Cewek Cantik? Gampang , kok!

sedap dan juga nimbulin penyakit.
Untuk ngejaga kebersihan vagina, yang perlu kamu lakuin

adalah ngebasuh bagian di antara vulva (bibir vagina) secara
teratur dan hati-hati menggunakan air bersih dan sabun yang
lembut (mild) setiap habis buang air kecil, buang air besar, dan
ketika mandi. Kalaupun kamu alergi juga dengan sabun yang
lembut, cukup basuh dengan air hangat. Yang penting adalah
ngebersihin bekas keringat dan bakteri yang ada di sekitar vulva
di luar vagina. Bagian dalam vagina biasanya akan mampu
ngejaga kebersihannya sendiri.

Cara ngebasuh yang benar adalah dari arah depan
(vagina) ke belakang (anus), jangan terbalik. Arah yang terbalik
akan bikin bakteri yang ada di sekitar anus terbawa masuk ke
vagina. Gunain air bersih, lebih baik lagi air hangat, tapi jangan
terlalu panas karena bisa bikin kulit yang sensitif di daerah vagina
melepuh dan lecet. Sebelum pakai celana lagi, keringkan dahulu
dengan handuk atau tisu yang enggak berparfum.

Penggunaan deodoran, sabun antiseptik yang keras,
atau cairan pewangi (parfum) untuk ngilangin bau di daerah
kewanitaan bukanlah tindakan yang bijaksana, bahkan bisa
berbahaya untuk kesehatan. Berikut beberapa penyebabnya.

Pertama, pada vagina yang sehat juga hidup berbagai
bakteri dan organisme termasuk yang ngerugiin dan bisa
nyebabin vaginitis. Biasanya sih, bakteri itu enggak bikin masalah
karena masing-masing jumlahnya enggak banyak. Terlalu
sering ngebasuh vagina dengan cairan kimia (douching) dan
penggunaan deodoran dan parfum akan ngerusak keseimbangan

Cantik Bukan Bawaan Lahir 43

yang ada sehingga akan nyebabin terjadinya infeksi.
Vaginitis adalah peradangan pada vagina yang terjadi

karena perubahan keseimbangan bakteri normal yang hidup
di area itu. Tanda atau gejala paling umum adalah munculnya
cairan yang berwarna putih keruh keabuan dan berbusa serta
nimbulin bau nggak sedap. Kalau ngalamin kejadian kayak gini,
jangan segan-segan untuk segera menghubungi dokter guna
pemeriksaan lanjut.

Kedua, penting diketahui bahwa selalu akan ada bau khas
yang muncul dari daerah vagina karena dinding vagina serta
leher rahim memproduksi cairan. Cairan itu, yang berwarna
putih atau kekuningan, adalah cairan sehat dan normal. Bau,
rasa, dan tingkat kekentalan cairan bisa berubah-ubah seiring
dengan siklus menstruasi kita. Cairan itu juga akan berubah
kalau ada sesuatu yang enggak beres.

Nah, penggunaan produk-produk wewangian, selain bisa
bikin iritasi dan alergi, juga akan bikin kamu enggak bisa tahu
bau normal vagina karena tertutup oleh bau wangi yang tercium
dari produk yang kamu pakai.

Kondisi normal organ kita itu penting sekali. Dari situ
kamu bisa langsung ngedeteksi secara dini kalau ada hal-hal
yang enggak wajar. Makanya, kalau kita sudah hafal dengan bau,
warna, dan wujud cairan yang sehat, kita akan bisa ngenalin
perubahan yang terjadi apabila ada ketidakberesan.

Kebersihan daerah vagina juga bisa dijaga dengan sering
ngeganti pakaian dalam, paling enggak sehari dua kali saat
mandi. Apalagi, kalau kamu cewek yang aktif secara fisik dan

44 Jadi Cewek Cantik? Gampang , kok!

mudah berkeringat.
Kalau kamu suka, kamu bisa pakai panty liners atau

pembalut tipis sekali pakai untuk ngelapisin pakaian dalammu
dan ngejaga vaginamu dari kelembaban yang berlebihan. Begitu
merasa lembab, panty liners itu aja yang diganti, jadi enggak
perlu bawa-bawa celana dalam kotor ke mana-mana.
• Ngejaga Kesehatan pada Masa Menstruasi

Pada saat menstruasi biasanya kamu akan cepet bete
karena ribet. Tapi, namanya juga cewek, menstruasi adalah hal
yang normal yang harus dijalani karena pada saat itu rahim
sedang ngeluruhin lapisan dinding rahim yang berupa darah
yang nggak dipakai karena nggak terjadi pembuahan.

Untuk nampung darah yang keluar itu cewek mesti
ngegunain pembalut. Di pasaran bisa kamu dapatin berbagai
macam pembalut dengan berbagai kelebihan yang ditawarin.
Terserah kamu, mau pilih yang mana yang sesuai dengan
kebutuhan dan kemampuan kantong kamu. Yang penting adalah
pembalut itu harus berbahan !embut, nyerap cairan dengan baik,
enggak ngandung bahan yang bikin alergi (misalnya parfum
atau gel), dan melekat dengan baik di celana dalam.

Pembalut perlu diganti sekitar empat sampai lima kali
dalam sehari untuk menghindari pertumbuhan bakteri yang
berkembang biak pada pembalut tersebut dan menghindari
masuknya bakteri tersebut ke dalam vagina. Jadi, jangan
malas mengganti pembalut meski kamu ngerasa baik-baik aja
dan nggak perlu ganti-ganti pembalut seperti yang kini banyak
diiklanin oleh produk pembalut. Ingat, kesehatan vaginamu jauh

Cantik Bukan Bawaan Lahir 45

lebih penting daripada sekedar irit dan nggak ganti pembalut.
Cewek ngalamin menstruasi rata-rata selama 2-7 hari.

Masing-masing cewek punya pola sendiri-sendiri yang merupakan
kondisi normal baginya. Kalau biasanya kamu mens 3 hari, maka
mens 7 hari bisa dianggap enggak normal. Sebaliknya, mereka
yang biasanya mens 7 hari, maka mens 4 hari dianggap enggak
normal. Kalau kamu ngalamin hal itu, lihat ketidaknormalan
yang lain dan segera periksain diri ke dokter.
• Pilih Pakaian Dalam

Selain musti sering ganti secara teratur, kita juga perlu
memilih pakaian dalam yang baik. Pakaian dalam (celana dalam
dan bra) yang baik enggak harus yang mahal dan bermerek.
Bikin sendiri juga boleh kalau kamu bisa. Yang penting adalah
bahan yang digunain sebaiknya terbuat dari bahan alami (katun)
sehingga bisa nyerap keringat, ngebiarin kulit bernapas, dan
bikin kamu ngerasa nyaman. Bahan sintetis seperti nilon akan
bikin kamu kegerahan dan bikin vagina jadi lembap. Keadaan
itu disukai bakteri dan jamur sebagai tempat untuk berkembang
biak.

Ukuran celana dalam juga perlu menjadi pertimbangan
kamu. Jangan pilih celana dalam yang terlalu ketat karena selain
gerah juga nyebabin peredaran darah enggak lancar. Pilih aja
yang ukurannya sesuai, enggak terlalu ketat, tapi juga enggak
kedodoran. Carilah yang paling sesuai dengan ukuran kamu.

Mencegah Keputihan

• Jagalah kebersihan daerah organ reproduksi

46 Jadi Cewek Cantik? Gampang , kok!

untuk nyegah beberapa penyakit atau penyebab
keputihan.
• Hindari penggunaan obat-obatan yang bisa ngerusak
dinding vagina dan pembilasan vagina secara rutin
dan berlebihan. Hal itu bisa nyebabin hilangnyaf/ora
normal di daerah vagina yang bertugas melindungi
kuman dari luar.
• Hindari stres yang berlebihan.
• Bagi para penderita diabetes, usahain kadar gula
stabil.
• Segerake dokterbilakeputihan berlebihan untuktahu
apa penyebabnya dan gimana pengobatannya.
• Papsmear setahun sekali (kecuali jika ada
kelainan).
• Kalau kamu sudah menikah, kamu mesti setia pada
pasangan, nggak berganti-ganti pasangan dalam
berhubungan seksual.

10. Kaki dan Kuku Kaki

Kaki adalah organ tubuh yang paling berat kerjanya
karena kaki harus menyangga keseluruhan beban tubuh kita.
Sayangnya, kamu sering kali mengabaikan kecantikannya. Kulit
kaki termasuk kulit yang paling kering sehingga kelembapannya
mesti dijaga ekstra. Gunain lotion untuk kaki agar kulit kaki
kamu nggak kasar dan bersisik, apalagi buat kamu yang suka
pakai rok pendek!


Click to View FlipBook Version
Previous Book
Im-2 Intisari Matematika 2, Untuk SMAMA kelas XI IPS
Next Book
Kiat Sukses Bisnis Ponsel