The words you are searching are inside this book. To get more targeted content, please make full-text search by clicking here.
Discover the best professional documents and content resources in AnyFlip Document Base.
Search
Published by Creative, 2021-03-09 08:19:33

Golf1#11 I Maret 2021

Vol 11 I MARET 2021
COLLIN
MORIKAWA
Mengikuti Jejak Tiger Woods


CONTENT
content
Event
30 LUCK IN LOVE GOLF TOURNAMENT
Merayakan Valentine di Jababeka Golf
34 PERMATA SENTUL GOLF CLUB
Hajarboss Bakar Semangat Pelaku Bisnis
40 IMPERIAL KLUB GOLF Prosperity Tournament Makin Menantang
44 PERMATA SENTUL GOLF CLUB
Charity Vision Galang Dana Lewat Golf
48 BUKIT PANDAWA GOLF CLUB & COUNTRY
Yakama Yakiniku Gobar Hut Ke-3
Golf Course
50 RIVERSIDE GOLF CLUB Memacu Adrenalin Golfer
54 THE CLUB
HOG Anak Elang Jakarta - Aktif Bergolf
Golf Product
56 ETALASE - FOURTEEN RM4 The All New RM Wedge
58 GOLF PRODUCT
Epic Speed Fairway Woods, The Future Of Speed
02 CONTENT
04 EAGLE
06 TOP ISSUE
Collin Morikawa, Mengikuti Jejak Tiger Woods
12 NEWS
Launching Epic -
Callaway Epic Diluncurkan
16 NEWS
Mercedes Trophy 2021 Siap Di Gelar
Figure
20 ARI HIRDRIJANTORO, KETUA BIDANG PEMBINAAN ATLET PB PGI
Atlet Golf Sudah Divaksin
22 INESH PUTRI TJIPTADI CHANDRA, ATELT & MISS INDONESIA 2012 Bisinis Simulator Golf
Junior
24 IMPERIAL KLUB GOLF PAGI Gelar Gibar Junior dan Super Junior
2 Maret 2021
F O T O : D O K . I S T I M E W A




EAGLE
GOLF UNTUK
KITA SEMUA
Melihat driving range dan lapangan golf yang semakin banyak didatangi para calon golfer dan golfer baru tentu menjadi kebahagiaan untuk dunia golf Indonesia. Berharap bisa menjadi tanda yang bagus untuk perkembangan industri golf di tanah air. Bukan hanya untuk driving range dan lapangan golf, tapi juga untuk penjualan peralatan golf, event organizer golf, dan juga untuk media golf.
Tapi, golf bukan sekedar bisnis. Golf tidak bisa dinilai dengan uang semata. Golf adalah olahraga yang bisa menyehatkan tubuh dan jiwa. Tubuh menjadi lebih sehat. Jiwa kita semakin bersemangat karena olahraga ini sarat jiwa ksatria, sportifitas yang tinggi, sekaligus menjalin persahabatan dengan siapa pun.
Golf bukan politik, tapi melalui golf banyak terbentuk komunitas sebagai wadah bersama. Saat ini komunitas-komunitas golf seakan berlomba membuat kegiatan golf bareng (gobar) atau main bareng (mabar). Kami Golf1 ikut merasa bangga melihat antusiasme komunitas-komunitas golf di Indonesia. Walaupun ada pandemi Covid-19 semangat mereka tidak pudar.
Harapan kami kehadiran Golf1 juga menjadi wadah positif untuk mendukung perkembangan golf di Indonesia. Kami selalu membuka diri dan mempersilahkan para insan golf di Indonesia untuk berbagi informasi melalui Golf1. Mari berbagi aura positif dan kegembiraan melalui berbagai kegiatan golf.
Enjoy your golf!
Salam Golf1,
Ronggo Sadono 4 Maret 2021
Editorial
EXECUTIVE EDITOR
Ronggo Sadono
CONTRIBUTOR
Luis Fortuna Oryza Sativa
CREATIVE DESIGN
Kanna Joe
Business
BOARD OF DIRECTOR
Aan Surjadi Ronggo Sadono
MARKETING MANAGER
Ida Wati Darma
EVENT MANAGER
Nur Hatta Amrullah
Publisher
PT GOLF ONE NUSANTARA
Driving Range
The Club Gading Mas
Jl. Boulevard Barat Raya No. 1 Kelapa Gading, Kelapa Gading,
Jakarta Utara Jakarta 14240
Jl. Sirkuit Sentul
No. 5 RT/RW 04/02 Kel. Sentul, Kec. Bakan Madang - Bogor
FOTO: DOK. ISTIMEWA




TOP ISSUE


COLLIN MORIKAWA
Mengikuti Jejak
Tiger Woods
Collin Morikawa menjejaki kesuksesan Tiger Woods, golfer favoritnya. Dia menjadi juara World
Golf Championship di The Concession Golf Club, Bradenton, Florida, Amerika Serikat, 25-28 Februari lalu.
P H O T O B Y : G E T T Y I M A G E S
Maret 2021 7


Collin dan Tiger menjadi golfer yang pernah menjuarai turnamen bergensi ini saat usia mereka belum 25 tahun.
Collin saat ini berusia 24 tahun dan Tiger masih berusia 23 tahun saat pertama kali menjuarai World Golf Championships.
Collin membukukan 18 di
bawar par atau total 270 pukulan dalam turnamen yang berhadiah total US$ 10,5 juta ini. Berkat kemenangannya dia mendapatkan hadiah uang sebesar US$ 1,82 juta. Dia mengalahkan Victor Hovland, Brooks Koepka, dan Billy Horschel yang ties di peringkat kedua dan masing masing mengumpulkan 273 pukulan atau 15 di bawah
par. Posisi berikutnya ditempati oleh Scottie Scheffler dengan 14
di bawar par. Louis Oosthuizen, Rory McIlroy, dan Webb Simpson menyusul dengan masing-masing mengumpulkan 276 atau 12 di
bawah par.
Golfer yang lahir di Los Angeles,
6 Februari 1997 ini sangat mengidolakan Tiger. Baginya Tiger adalah seorang panutan, baik
itu di dalam maupun di di luar lapangan golf. Dia sangat terpukul saat mendengar berita kecelakaan mobil tunggal yang dialami Tiger di Los Angeles pada 23 Februari lalu. Dia sangat takut kehilangan Tiger.
“Tiger segalanya untuk saya. Dia mengalami kecelakaan
dan untungnya baik-baik saja. Semoga dia cepat pulih. Saya
pikir kita belum cukup berterima kasih padanya. Jadi, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Tiger, karena kadang kita kehilangan orang-orang terlalu cepat. Kobe Bryant, lalu saya kehilangan kakek saya sekitar satu bulan lalu. Dan kadang kita belum cukup mengucapkan terima kasih kepada mereka,” kata Collin usai menerima trofi kemenangannya.
Collin dan para golfer lain
yang ikut dalam World Golf Championships sengaja mengenakan kostum warna merah dan hitam di final round sebagai bentuk penghormatan kepada Tiger. Akibat kecelakaan itu, Tiger harus menjalani operasi kaki di Cedars- Sinai Medical Center. Kondisinya saat ini sudah membaik dan Tiger merasa terharu mendapat dukungan dari rekan-rekan golfernya.
STOP SEJAK AMATIR
etelah lulus dari La Canada High School di La Canada Flintride, California, Los Angeles
Colliage, Collin melanjutkan kuliah di University of California, Berkeley, Amerika Serikat selama periode tahun 2015-2019. Di
sana dia memperkuat tim golf kampusnya. Mencetak banyak prestasi yang membanggakan, yaitu menjuarai The Western Junior, Trans-Mississipi Amateur, Sunnehanna Amateur, dan The Northeast Amateurs. Dia juga memperkuat tim memenangkan Arnold Palmer Cup Team pada 2017 dan 2018, serta Walker Cup 2017 dan The Eisenhower Trophy 2018. Selama tiga minggu pernah menempati posisi teratas World AmateurGolf Ranking. Collin menempati peringkat keenam di NCAA Championship dan terpilih sebagai Pac-12 Men’s Golfer of the Year tahun 2018. Selain berprestasi di golf, Collin berhasil meraih gelar sarjana di bidang administrasi bisnis. Putra pasangan Debbie dan Blaine Morikawa ini mengenal
golf sejak usia 8 tahun. Sang ayah lah yang mengenalkan olahraga ini. Potensinya sebagai seorang golfer handal terlihat saat ikut berkompetisi di Western Junior Championship 2013.
Berkat kepiawaiannya bermain golf beberapa universitas papan atas memberikan tawaran untuk bergabung, termasuk Stanford, The University of California, Los
8 Maret 2021
P H O T O B Y : G E T T Y I M A G E S




TOP ISSUE
Angeles, University of Southern
California, dan UC Berkeley. “Saya bersyukur memilih
universitas yang tepat. Tim kami sangat hebat. Walaupun kami tidak selalu mencetak hasil terbaik,
tapi itu tidak masalah. Saya mendapatkan banyak saudara, saya mendapatkan keluarga untuk sepanjang hidup saya,” kata Collin.
Tahun 2019 Collin turn pro
dan mencetak debutnya di RBC Canadian Open. Dan pada tahun itu merebut gelar juara pertamanya di PGA Tour dengan memenangkan Barracuda Championship dengan unggul tiga pukulan dari Troy Merritt.
Tahun lalu, Collin merebut
dua kemenangan, termasuk menjuarai turnamen major PGA Championship. Sebelumnya, menjadi juara Workday Charity Open dengan menang playoff atas Justin Thomas. Di akhir musim, Collin menempati peringkat ke-6 FedExCup.
Collin juga menjadi pemain kedua yang 20 kali berturut-turut lolos cut dalam turnamen pro. Rekor yang sama pernah dicetak oleh Tiger di tahun 1990. Catatan penting yang pernah diraihnya adalah tujuh kali masuk 10 besar dan lolos cut 19 kali dari 21 turnamen pro pertama yang diikutinya. Menjadi satu-satunya pemain yang mencetak tiga eagle dalam satu round, yaitu di round ketiga Waste Management Phoenix Open.
Collin merupakan pemain ketiga termuda yang pernah menjuarai PGA Championship setelahh Jack Nicklaus dan Rory McIlroy.
Putra pasangan Debbie dan Blaine Morikawa ini menghabiskan masa kecilnya di La Canada, California. Nenek moyangnya berasal dari Jepang dan Cina. Keluarga besar dari ayahnya berasal dari Hawai dan sampai sekarang masih banyak yang tinggal di sana.
Dalam sebuah liburan musim dingin, Collin dan keluarganya
“TIGER SEGALANYA UNTUK SAYA. DIA MENGALAMI KECELAKAAN DAN UNTUNGNYA BAIK- BAIK SAJA. SEMOGA
DIA CEPAT PULIH. SAYA PIKIR KITA BELUM CUKUP BERTERIMA KASIH PADANYA. JADI, SAYA INGIN MENGUCAPKAN TERIMA KASIH KEPADA TIGER, KARENA KADANG KITA KEHILANGAN ORANG-ORANG TERLALU CEPAT. KOBE BRYANT, LALU SAYA KEHILANGAN KAKEK SAYA SEKITAR SATU BULAN LALU. DAN KADANG KITA BELUM CUKUP MENGUCAPKAN TERIMA KASIH KEPADA MEREKA,” KATA COLLIN USAI MENERIMA TROFI KEMENANGANNYA.
melakukan perjalanan ke Jepang. Itu adalah pertama kalinya mereka mengunjungi Negeri Sakura. “Saya tidak pernah merasa seperti itu. Ya, saya orang Jepang dan kami memiliki warisan budaya Jepang. Tapi sepanjang hidup saya tinggal di Amerika. Saya tidak memiliki keluarga di sana dimana saya bisa bicara banyak dengan mereka dan mempelajari lebih banyak tentang warisan budaya kami. Tapi, saat kami berkunjung ke sana rasanya seperti ada koneksi instan dan saya merasakan sesuatu yang tidak pernah saya rasakan,” ungkap Collin.
Kini, walaupun dirinya adalah warga negara Amerika, Collin menyadari bahwa faktanya dia
adalah seorang atlet berdarah campuran Amerika dan Asia. Dia memiliki kewajiban menjadi role model yang baik untuk dua latar belakang budaya yang berbeda. Menurutnya, dia harus menjadi contoh yang baik di dalam maupun di luar lapangan golf. Sebelum menjadi contoh untuk orang lain, dia harus mengedukasi dirinya sendiri terlebih dahulu.
Collin sejak kecil juga sering mengunjungi Hawai yang merupakan kampung halaman ayahnya.
“Saya cukup sering datang ke Hawai dan sangat menyukainya. Rasanya sangat menyenangkan, seperti rumah dan itu adalah sebuah tempat yang bagus,” katanya. Sejak dulu juga sering mengunjungi lapangan-lapangan golf di daerah itu. Dan kini dia ke Hawai tidak hanya untuk liburan, tapi beberapa kali datang untuk mengikuti turnamen sebagai seorang golfer pro.
Salah satu tempat makan favoritnya di daerah itu adalah Ono Seafood di Kapahulu Ave. “Saya membawa kedi dan kekasih saya ke sana. Sepanjang tahun kami tidak berhenti membicarakan tempat itu,” ungkapnya.
Collin saat ini berpacaran dengan Katherine Zhu. Keduanya saling mengenal dan jatuh hati sejak masih menjadi mahasiswa, walaupun kuliah di kampus yang berbeda. Katherine kuliah di Pepperdine University. Dia juga seorang atlet. Pernah menjadi petenis saat masih belia dan kini lebih fokus pada golf.
Setelah lulus dari sekolah menengah swasta Zhuji Hailiang di Cina, dia pindah ke Amerika. Salah satu alasan memilih kampusnya adalah karena kampus itu memiliki program yang kuat di akademik sekaligus atletik. Walau tidak setenar dan seberhasil Colin, Katherine memiliki kemampuan bermain golf cukup bagus. Dia memperkuat tim kampusnya.
10 Maret 2021
F O T O : D O K . I S T I M E W A




NEWS
CALLAWAY EPIC DILUNCURKAN
Callaway Epic diluncurkan di Indonesia. Tahun
2021 ini diperkenalkan Callaway Epic Max, Callaway Epic Speed, dan
Callaway Epic Max LS. Paparan tentang produk dijelaskan oleh Wisnu Sanjaya selaku Direktur Utama Leonian Golf Indonesia, eksklusif distributor Callaway di Indonesia dalam acara launching yang diselenggarakan di The Club Gading Mas Driving Range, Jakarta, 6 Maret lalu.
Acara ini dihadiri oleh para golfer yang merasa penasaran dengan keunggulan dari produk-produk baru ini. Mereka tidak hanyak bisa melihat
dan memegang produk secara langsung, tapi juga mendapat kesempatan untuk mencoba memukul bola dengan club golf berteknologi canggih ini. Sejumlah golfer top Indonesia, termasuk Naraajie Emerald Ramadhan Putra ikut hadir sekaligus memberikan golf clinic.
“Callaway tampil dengan perkembangan teknologi Aartificial Intelligence (AI) yang baru. Kami menyarankan setiap golfer untuk mencoba produk ini. Datang ke Leonian dan lakukan fitting sehingga bisa mendapatkan stik golf yang paling tepat,” kata Wisnu.
Callaway Epic Speed dilengkapi
12 Maret 2021
F O T O : D O K . I S T I M E W A




NEWS
dengan New Jailbreak AI Speed Frame Technology, Cyclone Aero Shape, New Flash Face SS21, Screw Weight, dan Triaxial Carbon Crown and Sole.
“Epic Speed biasanya digunakan untuk swing yang kecepatannya medium, medium ke plan. Tapi tentu tidak mutlak karena harus disesuaikan dengan performa swing masing-masing golfer,” jelas Wisnu.
Selaini melakukan demo, Leonian juga menyediakan hadiah istimewa. Para golfer mendapat kesempatan untuk memenangkan 3 driver epic 21 dan 3 fw epic 21.
Agar tidak penasaran dan tidak ketinggalan, segera datang ke Leonian untuk mencoba dan memiliki club golf ini.
14 Maret 2021
F O T O : D O K . I S T I M E W A




NEWS
MERCEDES TROPHY 2021
SIAP DIGELAR
Mercedes-Benz akan menyelenggarakan Mercedes Trophy
2021, turnamen golf internasional bergengsi
yang terbuka untuk seluruh pelanggan setianya di Indonesia. Turnamen ini diselenggarakan untuk memberikan pengalaman gaya hidup khas Mercedes-Benz melalui passion para pelanggan terhadap olahraga golf.
Ada empat kategori yang dipertandingkan dalam turnamen
ini, yaitu tiga kategori pria yang terdiri dari Divisi A (handicap 0-9), Divisi B (handicap 10-15), Divisi C (handicap 16-24), d satu kategori wanita untuk handicap 0-36.
MercedesTrophy tahun ini merupakan edisi ke-25. Terdiri dari 12 putaran kualifikasi, dimana sebanyak 10 putaran akan diselenggarakan di area Jabodetabek, dan 2 putaran lainnya akan dilaksanakan di dua kota besar Indonesia.
Pemenang dari babak
putaran kualifikasi akan lanjut berkompetisi di putaran National Finals yang akan diselenggarakan di Jakarta. Selanjutnya, empat pemenang yang lolos dapat mengikuti tahap MercedesTrophy World Final, yang biasanya diadakan di Stuttgart, Jerman, rumah dari Mercedes-Benz pada bulan Oktober 2021.
“Golf merupakan olahraga yang paling menarik dengan kombinasi rekreasi, semangat
16 Maret 2021
F O T O : D O K . I S T I M E W A




NEWS
berkompetisi dan persahabatan
di antara para pemain selama
di lapangan. Olahraga ini dilakukan di area terbuka dan luas sehingga memungkinkan para golfer untuk tetap menerapkan physical distancing. Selain itu, kegiatan ini juga didukung
oleh protokol kesehatan yang memenuhi persyaratan dan menjadikan golf sebagai
olahraga pilihan yang dapat dilakukan di masa-masa seperti ini. Melalui MercedesTrophy Indonesia yang ke-25, kami
yakin dapat memberikan sebuah event olahraga yang unik, mencerminkan hubungan positif antara olahraga dan gaya hidup luxury, serta mampu memberikan status prestise Mercedes-Benz,” ungkap Choi Duk Jun, President Director, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia.
Para golfer Indonesia mencatat prestasi yang membanggakan di
turnamen ini. Pada 2017, Okto Hidayatsyah Putra, finalis dari Medan, telah berhasil menjadi bagian dari tim Asia Selatan yang menang di MercedesTrophy World Final di Stuttgart. Dia juga berhasil memukul Perfect Drive, dimana bola pada pukulan tee- nya mendarat hanya 16 cm dari garis tengah miniature lane dan memenangkan hadiah spesial “Drive to The Major”. Okto juga
mendapat kehormatan untuk mengikuti Drive to the Major 2018, dan memenangkan Drive To The Major 2018 Tournament (Flight C). Nirwan Santosa mewakili Indonesia di Stuttgart pada 2018 setelah menjuarai MercedesTrophy Asian Final di Brisbane, Australia.
Pada tahun 2021 panitia menyediakan mobil baru Mercedes-Benz untuk pemenang hole in one.
18 Maret 2021
F O T O : D O K . I S T I M E W A




FIGURE
ARI HIRDRIJANTORO I KETUA BIDANG PEMBINAAN ATLET PB PGI ATLET GOLF
SUDAHADIVAKSIN
tlet-atlet golf yang sudah berusia 18 Indonesia tahun ke atas, dalam mendapatkan keadaan sehat, dan hasil vaksin Covid-19 pemeriksaan PCR atau tahap pertama di Antigennya negatif.
Istora Senayan, Jakarta, Dengan
26 Februari lalu. Dosis kedua rencananya akan diberikan pada 12 Maret ini.
“Tujuan diberikannya vaksinasi ini kepada para atlet agar roda kompetisi elite amateur dan program pelatihan National Development Program (NDP) dapat bergulir kembali, sehingga periodisasi atlet menuju SEA Games 2021 dapat segera dimulai. Untuk itu PGI meminta kepada seluruh atlet NDP yang ada
di Indonesia, pelatih, asisten pelatih, pengurus PGI Bidang Pembinaan dan Pertandingan,
serta secretariat PGI
agar dapat diberikan vaksinasi. Alhamdullilah permintaan kami dikabulkan oleh kementerian Olahraga dan Kementerian Kesehatan,” kata Ari Hidrijantoro, Ketua Bidang Pembinaan Atlet PB PGI.
Syarat yang dapat diberikan vaksinasi ini adalah mereka
dilaksanakannya program vaksinasi
ini, Ari berharap roda kompetisi golf dapat kembali berputar setelah absen selama satu tahun terakhir ini akibat adanya pandemi Covid-19. Diharapkan kompetisi golf dapat kembali dimulai seusai Idul Fitri tahun ini.
“Rencananya pelatnas umum NDP akan dimulai pada awal April, yaitu dua minggu setelah dosis vaksinasi diberikan. Kami juga berharap bisa ikut di dua turnamen
di luar negeri. Itu pun harus melihat kondisi yang berkembang. Belum dapat diprediksi,” jelas Ari. Dia berharap program vaksinasi dapat berhasil di Kawasan ASEAN, karena itu juga menentukan jadi atau tidaknya SEA Games dilakukan.
Semoga badai
pandemi segera berakhir, kompetisi golf bisa segera kembali digelar.
20 Maret 2021
F O T O : D O K . I S T I M E W A




FIGURE
INESH PUTRI TJIPTADI CHANDRA ATLET, MISS INDONESIA 2012
ruangan yang sejuk dan bisa dimainkan kapan saja, dari pagi hingga malam, dalam kondisi cuaca hujan maupun panas.
Inesh yang pernah menjadi Miss Indonesia 2012 ini merasa gembira karena mendapat sambutan
yang positif dari para customer- nya. Menurutnya, Smash Factor Indonesia menjadi alternatif bagi para beginner golfer yang belum berani ke lapangan golf karena masih baru. Dengan berlatih
di tempat ini mereka memiliki gambaran sehingga nantinya bisa lebih siap saat bermain langsung di lapangan golf.
“Kelebihan lainnya adalah pada setiap pukulan ada video club face, data distance, swing path, smash factor, club face angle. Jadi, kita bisa self correct saat sedang latihan. Kalo di driving range biasa kita hanya menebak berapa distance pukulan kita. Di sini kita bisa tahu pasti setiap club kita jaraknya berapa,” jelas Inesh. Rencananya mereka akan menambah tiga
bay lagi dan targetnya bisa direalisasikan pada awal April ini.
BISNIS SIMULATOR
Inesh Putri Tjiptadi Chandra mencoba peruntungan baru
di usaha golf. Bersama sang suami, Adrian Khoo, golfer putri yang pernah memperkuat
tim nasional Indonesia ini membuka bisnis simulator golf Smash Factor Indonesia di Bali. Ide ini muncul setelah melihat semakin banyak orang yang tertarik bermain golf sejak pandemi Covid-19 terjadi mulai tahun lalu.
“Saya melihat perkembangan golf di Indonesia sangat melesat, terutama sejak pandemi ini terjadi. Di Korea, Amerika, dan Australia indoor golf sudah sangat populer dan semakin banyak. Karena kenyamanan bisa driving dan main
GOLF
kapan saja, musim apa saja, dan dalam waktu yang cukup singkat. Jadi, kita bisa main 18 hole saat lunch break waktu kerja. Satu orang bisa main 18 holes dalam 1 jam atau kurang. Very convinient. Saya juga percaya Indoor golf akan populer di Indonesia karena I believe it’s the future of golf,” kata Inesh kepada Golf1.
Bisnis mulai dibuka pada awal tahun ini. Ada dua bay untuk indoor golf simulator. Mereka bisa main seperti di driving range, di lapangan golf, short game challenges, dan target practice. Keuntungan lainnya adalah
22 Maret 2021
F O T O : D O K . I S T I M E W A


TOP ISSUE
F O T O : D O K . I S T I M E W A Maret 2021 23


JUNIOR EVENT
PAGI GELAR GOBAR JUNIOR
DAN SUPER JUNIOR
Perkumpulan Akademi Golf Indonesia (PAGI) kembali menggebrak dunia golf Indonesia dengan menggelar Golf
Bersama PAGI Junior dan Super Junior di Imperial Klub Golf, Karawaci, Banten, 6-7 Maret.
“Kami sebetulnya memiliki turnamen junior bertaraf nasional dan internasional, namun karena adanya pandemi Covid-19, terpaksa harus ditunda pelaksanaannya. Di
sisi lain, animo masyarakat untuk berolahraga di luar ruang,
24 Maret 2021
F O T O : D O K . I S T I M E W A


khususnya golf saat ini justru semakin meningkat. Para golfer muda bertalenta kit aini juga membutuhkan wadah untuk
bisa menyalurkan adrenalin mereka untuk berkompetisi. PAGI melihat peluang itu, sehingga kami memutuskan untuk menyelenggarakan acara ini,” kata Ghontor Ryantori Aziz, Wakil Presiden PAGI. Acara
gobar ini selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ditetapkan oleh Pemerintah dan Persatuan Golf Indonesia (PGI).
Diikuti lebih dari 100 golfer junior dan super junior. Aura
Maret 2021 25


JUNIOR EVENT
kompetitif sangat kuat, namun tetap menjaga sportifitas dan persahabatan. Para peserta tidak hanya dari Jakarta dan sekitarnya, tapi juga berasal dari Pengprov PGI Aceh, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, Sulawesi Tenggara, dan daerah-daerah lainnya.
Antusiasme para golfer sudah terlihat sejak awal awal PAGI mengumumkan tentang rencana penyelenggaraan acara ini. Para orang tua dan Pengprov PGI khususnya di luar Jawa langsung mendaftarkan diri. Total 11 provinsi dan 15 akademi golf ikut berpartisipasi.
26 Maret 2021
F O T O : D O K . I S T I M E W A




JUNIOR EVENT
“Kami berharap pandemi ini segera berakhir atau setidaknya menurun penyebaran virusnya seiring dengan dilaksanakannya vaksinasi secara nasional. Dengan demikian kita dapat menggelar kembali Piala Menpora, baik
untuk junior maupun super junior. Kami berharap para peserta tidak kehilangan feel untuk berkompetisi di ajang bergengsi ini,” kata Ghontor.
Gelar Best Gross Overall dimenangkan oleh Elvern Jerriel Xiao dan gelar Best Nett Overall oleh Nikola SNK.
HASIL GOBAR:
BOYS A DIVISION
BEST GROSS
1. Ryan Jovan Wijaya
2. Muhammad Naabil Al Manaf 3.Nicolas Angga Wiyono 4.Dixon Jotham Ayal 5.Anindra Januardi Subandhi
BEST NETT
1.Kevin Ananda 2.Muhammad Rafli Faiz 3.Vhiraz Anargya Kono 4.Vhilmer Bashwara Kono 5.Joshua Ray Setiadi
GIRLS A DIVISION
BEST GROSS
1.Elaina Wijaya
2.Victoria Charlene Salim 3.Wilhelmina Evelyn Rahangiar 4.Laura Widyatmodjo
5.Kayla Graham
BEST NETT
1.Chintia Valerie Ong 2.Aqila Nasywa Fathiya 3.Amalia Priadi
4.Komang Ayu Tesalonicha
BOYS B DIVISION
BEST GROSS
1.Kenneth Henson Sutianto 2.Nathan keefe Pangestu 3.Nicolas Christiano Sitorus 4.Nocolas Elnsa Santoso 5.Muhammad sami Rabbani
BEST NETT
1.Danny Lin
2.Stanley Hollyhomes 3.Rafif Syafiq Mahardika 4.Bagaskara Putra Azga 5.Kim Hyun Jin
GIRLS B DIVISION
BEST GROSS
1.Caithlyn Darlene Ong 2.Najma El Ulya Rahmania 3.Alycia Evanya Christian 4. Chelsea Widjaya
5. Anandita Boeman
BOYS C DIVISION
BEST GROSS
1. Axel Keefe Pangestu
2. Asyrafa Danish Suryanto 3. Prakasa Alfa Rizqi
4. Galih Ananta Wiratno
5. Samuel Christopher
Titiheruw
BEST NETT
1. Hansen Fredrick Supian 2. Bima Arya
3. Jonathan Darmasetiawan 4. Jaden Lee Soegiharto
5. Jayden Asher Liem
GIRLS C DIVISION
BEST GROSS
1. Abigail Rhea Soeryo Wiharko 2. Allena Valeen Christian
3. Phoebe gani
4. Malika Nararya Sarwahita
5. Freya Julia Daviana
Simarmata
BEST NETT
1. Kirana Julia Davins
Simarmata
2. Aurielle Ratomo
3. Jessica Addielle Simatupang
BOYS D DIVISION
BEST GROSS
1. Faiz Syaqif
2. Raka Aqulla Achka
3. Fadlan Azzam Atmajah 4. Harley Isnaini Ifwa
5. James Alden Buntoro
6. Edmund Hugo Hanry
7. Jeremy Tirtasaputra
8. Bachaque Bachtaruddin 9. Claus Matthew Lumy
GIRLS D DIVISION
BEST GROSS
1. Quin Leticia Pangestu
2. Prajna Sekar Rinonche
3. Saanvi bhat
4. Elevania Nurfasha
5. Carrisa Mirby
6. Aleyna Melati Putri Mirza 7. Cettalya Fausty Gitaya
BOYS E DIVISION
BEST GROSS
1. Albidzar Syehan Rayendra 2. Don Matthew Ompusunggu 3. Muhammad Abhivandya
Syahbyan
4. Dhafin Attaya Azraf
5. Jonah James Titrasaputra 6. Raffasya Faeyza Harsel
GIRLS E DIVISION
BEST GROSS
1. Zendaya Charlotte Hallatu
2. Cut Mutiara Puloleie
3. Areta Lucretia Simatupang 4. Milanka Cleymira Rose azwar 5. Rajani Fransiska Wijaya
Octaftania
28 Maret 2021 F O T O : D O K . I S T I M E W A




EVENT
LUCK IN LOVE GOLF TOURNAMENT
MERAYAKAN VALENTINE
DI JABABEKA GOLF
Banyak cara merayakan hari kasih sayang. Bertukar kado, memberikan bunga, atau makan bersama. Cara unik lain untuk merayakannya
adalah dengan bermain golf bersama. Jababeka Golf menggelar Luck in Love Golf Tournamen
di lapangan mereka, 18 Februari dalam rangka merayakan hari kasih sayang atau yang dikenal dengan valentine day.
Sesuai dengan temanya, turnamen ini berjalan dengan kompetitif, sekaligus hangat diwarnai dengan suasana
30 Maret 2021
F O T O : D O K . I S T I M E W A


Maret 2021 31


EVENT
persahabatan. Peserta tidak hanya dari daerah Karawang, tapi juga dari Jabodetabek.
Walau demikian, penerapan protokol kesehatan dijalankan dengan ketat. Prize presentation tidak dilakukan secara off line untuk mengurangi potensi penyebaran virus Covid-19. Pengumuman dilakukan via online.
Perayaan valentine pun terasa semakin istimewa dan menyehatkan.
32 Maret 2021




EVENT
HAJARBOSS
BAKAR SEMANGAT
34 Maret 2021 F O T O : D O K . I S T I M E W A


TOP ISSUE
PELAKU BISNIS
Masa pandemi yang sudah berlangsung selama satu tahun mempengaruhi hampir semua sektor kehidupan. Banyak yang terkena dampaknya, diantaranya pemutusan hubungan kerja, penurunan omset penjualan, dan bahkan penutupan bisnis. Fakta ini tentu dapat mempengaruhi semangat para pelaku bisnis.
Maret 2021 35


EVENT
Oleh karena itu Golf1 menggelar acara Main Bareng (Mabar) dengan tema HajarBoss. Acara Mabar golf ini diselenggarakan di Permata Sentul Golf Club pada 25 Februari lalu. Diikuti sebanyak 144 golfer dari berbagai area.
Tema ini diangkat dengan tujuan untuk memberikan semangat kepada para pelaku bisnis agar tidak gentar menghadapi segala rintangan dan hambatan akibat pandemi yang belum berakhir. Tema HajarBoss diharapkan menjadi semangat bagi para pelaku bisnis agar mampu
36 Maret 2021
F O T O : D O K . I S T I M E W A




EVENT
merubah tantangan menjadi peluang.
Sesuai dengan temanya, mabar ini berlangsung seru dan sarat dengan
keakraban antar peserta. Mabar ini dimenangkan oleh Zulhaimi. Dia menjadi Best Gross Overall dengan mencetak 72 pukulan. Gelar Best Nett Overall dimenangkan oleh Sukoco yang mencetak 67 pukulan net. Flight A dimenangkan oleh Wanto dengan 67 pukulan nett, flight B oleh Bambang dengan 68 pukulan net. Ladies flight dimenangkan oleh Vita.
Melihat antusiasme dan semangat para golfer, Golf1 akan lebih sering lagi menggelar acara mabar dan turnamen golf yang menarik dan memanjakan para golfer di tanah air.
38 Maret 2021
F O T O : D O K . I S T I M E W A




EVENT
IMPERIAL KLUB GOLF, 26 FEBRUARI 2021
PROSPERITY TOURNAMENT MAKIN MENANTANG
40 Maret 2021 F O T O : D O K . I S T I M E W A


Imperial Klub Golf kembali berhasil menggelar acara yang menarik bagi para golfer. Mereka menggelar Prosperity Tournament pada 26 Februari
lalu. Pada bulan sebelumnya Imperial sukses menggelar Fantastic New Year Tournament.
Kali ini bukan hanya green speed tercepat di Indonesia yang menjadi daya tariknya, tapi kehadiran Adam Taylor, member PGA Australia dan Head Coach Jakarta Junior Golf Academy di hole 14 menjadi tantangan yang berbeda. Para peserta harus melakukan
adu ketepatan mendarat di green dengan Adam. Hingga akhir pertandingan hanya beberapa golfer yang dapat mengalahkan Adam.
F O T O : D O K . I S T I M E W A
Maret 2021 41


EVENT
Gelar Best Gross Overall dimenangkan oleh Jonathan. Best Nett Overall dimenangkan oleh Dedy Putra. Selain itu, Best Nett 1 flight A dimenangkan oleh Aziz, Best Nett 1 flight B oleh Febrianto dan Best Nett 1 flight C dimenangkan oleh Indra M.
Turnamen ini merupakan rangkaian dari babak kualifikasi Amateur Golf World Cup (AGWC). Dari hasil turnamen ini, wakil yang maju ke babak semi final untuk flight A adalah Dedy Putra dan flight B diwakili oleh Febrianto.
Pada bulan Maret, Imperial
Klub Golf kembali akan menyelenggarakan March Vaganza Tournament pada tanggal 25 Maret 2021. Tentu saja akan ada kejutan- kejutan yang menarik bagi para pegolf. Jadi, ayo segera daftarkan diri Anda pada tournament tersebut!
42 Maret 2021
F O T O : D O K . I S T I M E W A




EVENT
CHARITY VISION GALA
Charity Vision menggelar acara istimewa di Permata Sentul Golf Club, 3 Maret lalu. Selain mengikuti turnamen golf, para golfer
yang hadir bisa ikut beramal. “Selain menyelenggarakan
turnamen golf, kami juga mengundang para golfer untuk berperan serta membantu masa depan untuk anak-anak kita yang membutuhkan. Saat ini ada jutaan anak yang mengalami gangguan penglihatan karena mengalami kerusakan kornea atau bola yang bisa diatasi dengan kaca mata,” jelas Subandriyo, Chairman Charity Vision.
44 Maret 2021
F O T O : D O K . I S T I M E W A


NG DANA LEWAT GOLF
Charity Vision merupakan organisasi yang hadir sejak
tahun 2018 di 2018, berkarya dalam membantu mereka yang memiliki gangguan penglihatan, khususnya mereka yang berasal dari kalangan kurang mampu. Sampai saat ini sudah ada sekitar empat ribu kacamata yang mereka distribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan.
Subandriyo berharap melalui kegiatan golf akan semakin banyak golfer yang ikut berpartisipasi memberikan dukungan. Dengan semakin banyak bantuan yang terkumpul, maka akan semakin banyak anak yang mendapat kesempatan untuk dapat memperbaiki penglihatan mereka.
Maret 2021 45


EVENT
Tahun 2021 ini Charity Vision akan lebih banyak memberikan perhatian dan bantuan melalui pondok pesantren.
Seluruh hasil sumbangan yang diterima oleh Charity Vision
akan disumbangkan kepada yang berhak. Tidak ada dana yang dipotong untuk biaya operasional atau biaya apa pun. Golfer yang tertarik untuk berpartisipasi
dalam program ini juga dapat bekerjasama untuk membuat program customize sesuai dengan sasaran yang diinginkan. Bermain golf sembari beramal. Tubuh semakin sehat, pahala pun semakin bertambah.
46 Maret 2021
F O T O : D O K . I S T I M E W A




EVENT
YAKAMA YAKINIKU GOBAR HUT KE-3
48 Maret 2021


Yakama Yakiniku Bali merayakan
hari ulang tahun ke-3 dengan menyelenggarakan acara golf bareng (gobar) di Bukit Pandawa Golf & Country Club, Bali, 14 Februari lalu, bertepatan dengan peringatan Hari Kasih Sayang.
Acara gobar ini diikuti 50 golfer. Diawali dengan acara pemukulan bola oleh Ida Bagus Surya Manuaba selaku pemilik Yakama Yakiniku Bali, acara berlangsung meriah. Kompetitif dan menyenangkan.
Panitia menyediakan hadiah- hadiah istimewa. Selain untuk pemenang Best Nett flight A dan
B, Best Gross flight A dan B, Best Nett Overall. Best Gross Overall, juga disediakan hadiah untuk kategori ketrampilan, yaitu Nearest to the Pin di setiap hole, The Most Nearest to The Pin, dan The Most Birdie.
Yakama Yakiniku merupakan restoran bergaya Jepang yang
menyajikan hidangan yakiniku, shabu shabu, dan menu terbaru sushi. Restoran yang menyajikan makanan-makanan berkualitas ini tetap memberikan harga yang terjangkau.
Setelah gobar, para peserta disuguhi makan siang dengan menu spesial Sushi khas YAKAMA Yakiniku, yang dilanjutkan dengan pembagian hadiah lucky draw dan pengumuman pemenang.
F O T O : D O K . I S T I M E W A
Maret 2021 49


GOLF COURSE
RIVERSIDE GOLF CLUB
MEMACU
Riverside Golf Club menjadi destinasi bagi para golfer yang ingin bertualang mencari tantangan sekaligus menikmati keindahan sebuah lapangan golf. Pemandangan cantik nan asri yang ditawarkan merupakan perpaduan landscape yang dikelola secara profesional dengan alam asli yang membuat para golfer semakin betah berlama- lama di lapangan ini.
50 Maret 2021


Click to View FlipBook Version
Previous Book
10 Best Interior Designers of Bangalore
Next Book
Stellar Search Brochure