The words you are searching are inside this book. To get more targeted content, please make full-text search by clicking here.

Huru Hara Hari Kiamat by Ibnu Katsir (z-lib.org)

Discover the best professional documents and content resources in AnyFlip Document Base.
Search
Published by Perpustakaan Wiyata Pustaka SMP N 1 Mojotengah, 2021-12-03 19:58:09

Huru Hara Hari Kiamat by Ibnu Katsir (z-lib.org)

Huru Hara Hari Kiamat by Ibnu Katsir (z-lib.org)

--

.-=t-' k5; ,.et\l aF l i)-. :.ts",!_,'l4u^>)tt Jr;1,r.--.:t:
_1,5-
t. sA.!' IU _jJl Jr: g\ ..i ,

..r[-,Jt{ uAt _J"

L^';i t, i, i;\ri u+t ) s

"PtlrctAlilrtrrtr)) akc;.tlru'tur.sebogui;rerrrirrrpirr 1tut11l'tilukt/orrlrskirrr

q'urtg cli/i/ [) ta akorr ntenrat uhkcrrr .srr/ib. rrre,rrrbunrr/r bcrbi.

r rrerrger r r bu l ikun ke dan ruian, n r e ni adikw t pe dang se h aqur xthit. dan
rrrerribrrcrrrg rarttbut palsu clarisi<rpn pun vang berantbtil palsrt (Di

u'aktu itu) langit rrir'rrrirrnkut rizkittva, burrri nrenqelu'rkan

berkahrryat sehinggcr tumk kecirbisrr b.rrno irt dengarr ttlar tonpa

ntendapat bahaya darirtvr, kantbitg cio' serigu la berkelraran

bersanto tonpo odo boho-vcr. singcr dan Iernbtt berkeliarun bersanta
tanpa ada bahayu."

Hadits ini hanya diriwayatkan .teh Ahnrad ser-rdiri, tapr sanardnya
jayid, qawiy dan sho/ih

Menjelang Kiamat lbadah sedikit dan Harta Banyak

166. Al-Bukhari meriwayatkan dari Abu Hur.rirah Radhiyattaltu Arthu.
sab<la Rasulullah Shallaltahu Alaihi ruo Scr//onr.

q+

"Demi Allah yang menggenggam jiwaku. tidak lama lagi Isa putra
Maryam akan turun kepadamu sebagai hakim yang adit. Dia akan
mematahkan salib, membunuhbabi dan membatarkan upeti. Dan
(waktu itu) harta melimpah ruah, sehingga tidak ada seirang pun
yang mau menerima (zakat)-nya, dan sehingga satu kali sujud
(nilainya) Iebih baik daripada dunia seisinya.,,

Kemudian Abu Hurairah mengatakan, "Bacalah kalau kamu mau,

t, u?\ Joo'-"-c.)4-io--.o-Jt.'ro-LJLi-; y,"e'A vl =t-{.i' -Fi ot',

d" +J-_\.1d/tr'"Lt";1l1l

130 Huru-hara Hari Kiarnat

It o f :or-"!r] l',liEgsl<"l). l:J'oe;"#

"Dan tidak seorang pun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman
kepadanya (lsa) sebelum kematiannya. Dan pada Hari Kiamat lsa
akan menjadi soksi terhadap mereka." (ArrNisa' : 1 59)
167. Sedang Ahmad dan Muslim meriwayatkan dariAbu Hurairah
Radhiyallahu Anhu,bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam

bersabda,

'J a;3t j'€rrb';fr:G'silu;€; J ,;+"J{\i
t:; '- c i.:

"Sesunggu hnyo lsa putra Maryam akan tingal di Rauha' . Lolu dori
sono dio akan berangkat menunaikan haji atau umroh atau

keduanyasekaligus."

Para Nabi Bersaudara Seayah, Putra darl lbu-ibu

Terhormat

168. Al-Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyaltahu Anhu,

'e'&6\'&;;Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

u.r,Siri1 ,;i -'5

"Bagaimana kamu, apbila lsa bin Maryam telah turun kepadamu,
sedang imam kamu tetap dari kalangan kamu? "

Kemudian Al-Bukhari mengatakan, hadib ini ada mufobi'nya, yaitu
'UqailAl-Auza'i.

169. Sedang menurut riwayat Imam Ahmad dari Abu Hurairah
Radhiyallahu Anhu, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam

bersabda,

ii-'Ji/' lt jti tl +6 e.:'t,r'&6i oh i?t'E t'
'1!- e q1,s J'ill6 .i'; i';.-*,

)q;,4t u"Q6 ii5, Jt ci; :'ld-'' :;iu i ;f,
',ft-, -.)At'6:"5 "F A n'oyic'ruLi', ok orr*

Hadits-haditsTambahanMengenai... 131

e'Jt'-:^:tr ey:")i J'c6t ii':'i:rJt'&', t-.Hr

'i';*-"i-:rh'r,:6'c!t:4".ti#'y)\,ivagi ,to1u;rt!it,',t'€aptri.J],iFtr't,)eIit'!rf\ic(,t-Ff*(^Mlrl\tiyg..uya';t:

* j; L'wj'-k't rr,At &', e

"Seluruh para nabi bersaudara seayah. Ibu mereka memang

berbeda-beda, tetapi agama mereka sama. Dan sesungguhn ya aku
adalah orang yang terdekat dengan Isa putra Maryam, karena tidak

ada seorang nabi pun antara aku dan dia. Dan sesungguh nya dia
akan turun lagi. Apabila kamu melihatnya, maka kenalilah dia. D ia
adalah seorang lelaki berperawakan sedang, Berkulit putih
kemerahan. Dia mengenokan dua baju berwarna tanah merah.
Kepalanya seolah-olah meneteskan air, meskipun tidak basah. Dia
okan menghancurkan salib berkeping-keping, m embunuh b abi,

membatalkan upeti don menyeru monusio mosuk Islom . Pada masa

(turunnya) nanti, Allah membinosokon semua ogoma selain
Islam. Dan pada masa (turunnya Alloh membinasokon si Picok
Dajjal) terjadilah keamanan di seluruh bumi, sompoi singo
berkelioran bersama unta, harimau bersamo sopi, dan serigala

bersama kambing, dan anak kecil bermain dengan ular. Isa akan
hidup selama empat puluh tahun, kemudian beliau wafot dan
dtshalatt oleh kaum muslimin."

Nabi Muhammad Famili Terdekat Nabi lsa Pr,rtra

Maryam

1 70. Al-Bulfi ari m eriwayatkan dari Abu Hurairah Ro dhiy allahu An h u, dia
berkata, Aku mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam
bersabda,

U q't C d o\)G"'/rii$\it€, /lr/6t ,iti 6

'Aku adalah t'amili terdekat dengan (lsa) putra Maryam. Para nabi
semuanya bersaudara seayah. Tidak ada seorang nabi pun antara
akudandia."

132 Huru-hara Hari Kiamat

171. Al-Bukhari meriwayatkan pula dari Abu Hurairah Radhiyallahu
Anhu, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

,ri;I'q!i ;'r\i') qbr 6 {i n,

,r'9t ts' .r)t-c
o tt ' c, ctt.at'

ftl)s g<,k;lf

' Aku adal ah f am il i y an g terd ek at d en gan Isa putr a M ar y am di dunia
dan akhirat. Para nabi adalah bersaudara seayah. Ibu mereka

berbeda-beda, tetapi agama mereka sema."

1 72. Masih dari Abu Hurairah Ro dhiyallahu Anhu, Al-Bukhari meriwayat-
kan sabda Rasulullah shallallahu Alaihi wa sailam, dan seterusnya
dan seterusnya

Semua ini m erupakah riwayat-riwayat melalui berbagai jalur sanad
yang banyak, sehingga menjadi seperti hadits mutawatir yang diriwayat-
kan dari Abu Hurair ah Radhiyallahu Anhu.

sifat Nabi lsa Putra Maryam dan sifat umat Akhir

Zaman

1 73. Dalam shahih Al -Bukharidan shohih Muslimterdapat riwayat dari
Abu Hurai rah Radhiyallahu Anhu dim ana Rasulullah shallallahu
Alaihi w a Sall am bersabda,

+hU AriJ"* J!;rrli -f ;:_4J,:.^il,sr Juo.": o aJ 'o., urr - ,-.,j ,L.,..,...
. ,, Qo !,:,:

JIrr ..ira.t:-*.::u- .:-*-,:-.,=('1|Sr,::-jV;rrt*.,,,J, CI :ot'i,Kl{-'lr,,ri,), F,
.iri' e./G:, c; uJ,y-;i Ay;

" Pada m al am aku diisra' kan, aku bertem u N ab i M usa. B aiklah aku

-jelaskan cirinya. Tbrnyato dia adalah seorang relaki jangkung

maksudnya tinggi-, (rombut) kepalanya berombak, seperti orang

dari syanu' ah. Rasul bersobda,'Dan aku bertemu pura dengan Nabi
Isa. Baiklah aku jelaskan cirinya.' Laru beriau katakan, Aku lihat dia

(bekulit) kemerahan, seolah-olah dia baru keruor dari'dimes' -

malcsudnya kamar mandi. "'

Hadits-haditsTambahanMengenai... f33

--

L7 4. D an m enurut riwayat Al-Bukhari dari hnu um ar Ra dhiyalI ahu Anhu,
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

t z i c, t.o 11 ,t.1'
k_-Lt-9 tlu gt"y's ,r-rs
_^>lg t# '>-tt

9S

J;) iltt "6 ei.LTt
r, ..It1('- i, o. t f'v, '2. ' ((, ,it*st

"Aku melihof Nabi Musa, Nobi /so don Nobi lbrahim. Adapun Isa
( b erkulit) kemer ahan, ( b erambut) keriting dan berdado Ld.ong.
Adapun M usa ( berkulit) sawo matang, berper aw akan tinggi -besir,

ber ambut lurus seperti orang Zuth. "

175. sedang menurut riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Ibnu Umar
" pada
Radhiy allahu Anhu, b ahwa dia berkata, suatu hari Rasulullah
.

sh al Iall ahu AI aihi w a s allam m e nceritakan tentang si picak Dajj al di

tengah orang banyak, beliau bersabda,

'r?\;t:t-?;Jr F'r+r J€'tr'e-4,Lr yf ut;:1

3:T,i-l, G*Kt +t.= U.. ,c zc zz-t
I tili z;z I / n
ft;Jt
-rrf il=Ur q!t)i)'\",V ^+

tt , tJ),-' '' -'*t )eLt f('a c;v Gk
tt2'tlo, ,.
J )-b J t9t4 t1,">t ,Y ,bL- S-;Jl
a-l I
'cJ, w^ rjv" i* , & *,
)a-, >'t, t 63

C---1,

# ; *" ft'rli;'dbjei bt b, r'.* iil'1

& e|t i';r"
. ;ur1(, d -:Jr ' 'i
,f'.,'*ig,,-
/ 6t' e.1t J. h"

.i,lir' b;j'

"sesungguhnya Allah itu tidak picak. Ketahuirah, bahwasi picolc

Dajjal itu cacat mata kanannya. Matanya bagaikan anggur yang
mengapung (di atas air). Allah memperlihatkan kepdaku dalam
mimpi di sisi Ka'bah seorang lelaki berkulit souro matang dengon

warna paling indah yang wrnah dillhat pada kullt stap pun.bb
biarkan ujung rambutnya terurai antara kedua jun-daknya.

Rambutnya bercmfuk, kepalanya (wlahotah) mer.tetakan ab. bia

134 Huru-hara Hari Kiamat

letakkan kedua tangonnya di pundak dua orang lelaki sambil

b er thawaf m engel il in gi Ka' b ah. M aka aku b ertanyo,'Siopo ko h ini?'
M er eko m e nj aw ab, Al - M asih P utra M ar y am.' D an di b el akan gnya
aku melihat seorong lelaki berambut pendek-keriting, cacat mata
kanannya, sangat mirip dengan lbnu Qathan. Dia meletakkan kedua
tanganny o di pundak seorang lelaki sambil berthaw af mengel ilingi

Ka'bah. Mako aku berkata, 'Siapakah ini?' Mereka menjawab, 'Si
PicakDojjal."'

Hadits ini ada mutabi'nya diriwayatkan oleh 'Ubaidillah dari

Nafi'.

176. Kemudian Al-Bukhari meriwayatkan pula dariSalim, dari ayahnya,
dia berkata, Tidak, demi Allah. Rasulullah Shallallahu Alaihi wa
Sallam tidak mengatakan Nabi Isa itu berkulit merah, tetapibeliau
mengatakan:

.o,'r.t.r.r,'ro.t--

,'....1't : *t- f-Nl Ja- e:l lF'rr;v...,JJu

Fl Jl lruz 'c, t ,. l.'. l$ ;r i'aZi'-"Y*;i'i*-('si,,tur', *i', W" #,
rilr
+':'>Li t>r; lrli 4i

u'J +-! ?'o(;. rjIg,ir, ' , $ '

rr; rju ^+ ;,k *,"jt

^4t.Lp ;t Qa 1., utlr

"Ketika aku tidur, aku (bermimpi melakukan) thawaf di sekeliling
Ka'bah. Tiba-tiba aku melihat seorang berkulit sawo matang,

berambut lurus, berjalan pelan diapit dua orang lelaki. Kepalanya
(seolah-olah) meneteskan air. Maka aku bertanya, 'siapakah ini?'
Mereka menjawab , 'lnilah Al-Masih Putra Maryam.' Lalu aku pergi
sombil menoleh. Tiba-tiba aku melihat seorang berkulit merah,

berperaw akan tinggi-b esar, berambut keriting, mata kananny a cacat,

matanya bagaikan anggur yang mengapung (di atas air). Aku

bertanya, 'Siapakah ini?' Mereka menjawab, 'Dajjal.' Orang yang
paling mirip dengannya adalah Ibnu Qathan. "
Kala Az-Zuhri, "lbnu Qathan adalah seorang lelakidari kabilah
Khuza'ah, meninggal pada masa Jahiliyah."

Dalam riwayat An-Nawwas bin Sam'an, Rasulullah Shollollohu

Alaihi w a Sallam bersabda,

Hadits-haditsTambahanMengenai... 135

_

-___

!=l) V\) E)))ya&./z ta . , +.ot.
cz tc - . e. JF
;rri)r
,-c.

.JL; 4i iJ ljlj,,t

,.-
- tc . o. t2 tJ r t/5-o-'12u1,.. b,.i>ol / I:t.

z J.'-\-'.:{, J' , t,:. ,t,

f" /o/ at --Irr'") ..-,t" Yl ,F- l"tg

$'!.: ,b .o. I

2:, ,.>>-
/ ljtu ' '

"No b i Iso o ko n iur un di m enar o putih s e b eloh tim ur kota Do m os k us,

mengenakan dua baju berwarna tanah merah, meletakkan kedua
telapak tangannya poda sayap dua orang malaikaL Apabila dia
menundukkan kepala, maka (seolah-olah) meneteskan air, dan

ap ab il a m e n ga n gkat ke p al a, m aka ( s eo I ah - o I ah ) b e rj atuhanl ah
tetesan-tete.son itu bagai manik-manik mutiara. Dan tidak seorong
kat'ir pun yang mencium bau nat'asnya melainkan mati. Padahal

nat'asnya dapat dirasakan sejauh matanya memandang."

Inilah hadits yang paling masyhur tentang tempat turunnya Isa Al-
Masih, yaitu di atas menara putih timur kota Damaskus. Namun demikian,
pernah juga saya membaca di sebuah kitab, bahwa Nabi Isa as akan turun
di menara putih sebelah timur Mesjid Jamikota Damaskus. Barangkali
riwayat inilah yang dihapal dengan baik (maht'uzh/. Sedang riwayat yang
mengertakan, "bahu)a beliau turun di olos menara putih timur kota
Damaskus," ifu merupakan ungkapan yang telah berubah, yakni ungkapan
yang oleh perawinya diucapkan menurut apa yang dia pahami. Karena
kenyataannya di Damaskus tidak ada menara yang disebut"Al-lt4anarah
Asy-Sgorqiyoh " (Menara Timur) selain menara yang terletak sebelah timur
Mesjid Jami Umawi. Dan agaknya pengertian inilah lebih pas dan cocok,
karena ketika turunnya Nabi Isa itu iqamat telah dikumandangkan. Maka
seseorang mempersilakan beliau: "Wahaiimam kaum muslimin, wahai Ruh
Allah, majulah." Lalu jawab beliau: "Majulah kamu, karena iqamat ini
dikum andangkan untukmu. " Dan dalam riwayat lain dikatakan : "Sebagian
kainu adalah pemimpin atas sebagian yang lain."

Semoga Allah benar-benar memuliakan umat ini. Sekarang ini

bangunan menara tersebut telah direnovasi pada tahun 74t H,

mengunakan batu-batu putih. Pembangunannya dilaksanakan atas biaya
orang-orang Nasrani, yang telah membakar menara sebelumnya di

tempat itu. Barangkali inipun salah satu buktikenabian Muhammad

Shallallahu Alaihi wa Sallam yang tampak dengan mata kepala, dimana
Allah menakdirkan pembangunan menara ini atas biaya kaum Nasrani

136 Huru-hara Hari Kiamat

sampai dengan turunnya Nabi Isa bin Maryam kelak. Lalu beliau akan
membunuh babi, mematahkan salib, tidak menerima upeti darimereka.
Tetapi barangsiapa yang masuk Islam, maka diterima Islamnya. Dan kalau
tidak, maka dibunuh. Begitupun hukum yang akan beliau putuskan
terhadap orang-orang kafir di belahan bumi yang lain pada waktu itu.
Demikianlah diantara pemberitahuan mengenai apa yang akan dilakukan
Isa Al-Masih dan syariat yang akan diterapkannyu, yuitu bahwa yang akan
beliau laksanakan tak lain adalah syariat Islam yang suci ini.

sementara itu, menurut beberapa hadits -sebagaimana tersebut

pada kitab terdahulu- bahwa beliau akan turun diBaitulMaqdis. Dan

menurut riwayat lainnya, di Yordan. Dan riwayat lainnya lagi mengatakan,
ditengah laskar kaum muslimin. Inisemua ada pada sebagian riwayat
Muslim, sebagaimana tersebut pada kitab terdahulu. Dan tentu Allah
jualah yang lebih tahu.

Begitu pula tersebut hadits shahih, bahwa ya'juj Ma'juj akan m uncul
pada masa turunnya NabilsaA/oihis so/oom, dimana Allah membinasa-
kan mereka atas berkah doa beliau dalam satu malam, sebagaimana telah
dan akan diterangkan lebih lanjut nanti. Dan disebutkan-pula, bahwa
beliau sempat menunaikan haji selam a menetap di bum i setelah fu runnya
kembali.

* *>F **

Hadits-haditsTambahanMengenai... 1137

YA'JUJ MA'JUJ

Munculnya Ya'juj Ma'juj akan terjadi pada masa turunnya kembali Nabi
Isa bin Maryam ke bumi, yakni setelah beliau berhasil membunuh Dajjal.
Setelah munculnya Ya'juj MaJuj, Allah membinasakan mereka semuanya
dalam satu malam atas berkah doa Nabi Isa A/oihis Salaam.

177 .krlaitan dengan ini, Allah Subhanahu waTa'ala berfirmanm.

Ic r:,qi!r] l.?..

"Hingga, apabila dibukakan (tembok) Ya'juj dan Ma'juj , don mereka

turun dengan cep at dar i s el uruh temp at y an g ti n ggi. " (Al -Anb iya' :
e6)

1 78. Dalam kisah Dzulqarnain AllahTa' alaberfirman,

i8iYt' $:', ;y .:,{1 F 4.;-; e; ('", @ L; &i

wi;ts. t t. '.i,"t* {,/a-.

CFU 'var'
oit l -.,-.-ri j..-. tz-i2
clYr4r I
ljJ 6Pt-:-

i W qts ii '1;,; p nt':i 6 61,t-,.;) eiv;

Fd)ytt.1 t'. ,;''?; J

-t) ,lYtoztl. . l-r. ,.t'--9L+,9.

,:o7;tit,S -t

6ru:C r.5.l..F- *-Fr

134 Huru-haraHariKiamat

--

Yiq ir:fu. oi ri 6 rH *'u,r a;v JG tit3

U 'J+ rsyt a.J ;'a;"*, r.li J6 6r cru d i;,t^'--..i

&2, f: ',fi;6 e;-t z + r'e og:Je) ;3ts)- rt4/.J/ r.>-v,i,t '

1 - ,'-e. *, , u
t
i+;+j ,pt * a* y;Gb,/-' nt.n..'.. C

[rr-lv:u"*3r]

"Kemudian dia (Dzulqamain) menempuh suafu jalan (yang lain tagi).

Hingga apabila dia telah sampai di antara dua buah gunung, dia
mendapati di depan kedua bukit itu suaht kaum yang hampir tidak
mengerti pembicaraan. Mereka berkata, 'Hai Dzulqarnain,
sesungguhnyaYa'juj dan Ma'juj itu orang-orang yang membuat

kerusakan di muka bumi, maka dapatkah kami memberikan sesuofu
pembayaran kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara
kami dan mereka?' Dzulqamain berkata,'Kemampuan yang telah
diberikan kepadaku oleh ruhan-ku adalah lebih baii, maka bantulah

aku dengan kekuatan ( manusia dan alat- alat), agar aku membuatkan

dinding antara kamu dan mereka. Berilah aku potongan-potongan

besi.' HingEa apabila br*;i itu telah sama rata dengan kedua (puncak)
gunung itu, maka berkatalah Dzulqamain,'Tiuplah (api itu).' Hingga

apabila besi ifu sud ah menjadi (merah seperti) api, diapun berkata,
'Berilah aku tembaga (yang mendidih) agar aku tuangkan ke atas
besi panas itu.' Maka mereka tidak bisa mendakinya dan mereka
tidak bisa (pula) melubanginya. Dzulqamain berkata, 'lni (dinding)
adalah rahmat dariTuhan-ku, maka apabira sudah datang janji
Tuhawku, Dia akan menjadikannya hancur luluh. D an janji Tuhan-ku
itu adalah benar.' Kami biarkan mereka di hari itu bercampur aduk
antara satu dengan yang lain, kemudian ditiup logi sangsalc ara, raru

Kami kumpulkan mereka semuanyo. " (Al-K ahft: 92-991

Dalam tafsir kami (Tafsir lbnu Katsir), telah kami ceritakan kisah

Dzulqarnain dan bagaimana cara dia membangun dinding dari besi dan
tembaga antara dua gunung, sehingga keduanya menjadisebuah tanggul
yangkokoh.

Dzulqarnain berkata, "Dinding ini adalah rahmat dari Tuhan-ku.
Diharapkan dinding ini dapatmenghalangi kaum teroris yang melakukan
kerusakan di muka bumi ifu daribangsa-bangsa lainnya. Tetapi, apabila

YaJuj MaJuj 139

-

janji Tuhan-ku telah tiba, yakni saat yang telah Dia tentukan bagi

kehancuran dinding ini, maka akan Dia hancurkan dinding ini hingga rata
dengan tanah. Dan janjiTuhan-ku adalah benar, yaknipastiterjadi."

"Kemudian," Allah berfirman, "Kami biarkan mereka di hari itu
bercampur aduk antara satu dengan yang lain." Maksudnya, pada saat
hancurnya dinding tersebut, kaum Ya'juj Ma'juj itu keluar dari dalam
tempat pengurungannya menyerbu bangsa-bangsa sekelilingnya. Mereka
berjalan dengan cepat dari segala penjuru seolah-oleh meluncur dari
tempat yang tinggi.

Dan dekat sesudah itu terdengarlah tiupan sangkakala yang

m engej utkan (No/khof u I Faza' ), sebagaimana disebutkan dalam ayat lain :

179. Yaitu firman Allah To'olo,

3|*" -,:t-,F ; et Livi LiU 4 lPt5t,

[rv-rr:,u!r] (Az-a-t" e'if 'pi'-Gii q';tt: f.e>;
.>

" Hingga, apabila dibukakan (tembok) Ya'juj dan Ma' juj, dan mereka
turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Dan telah
dekatlah kedatangan janji yang benar (hari kebangkitan), rnaka tiba-
tibaterbelalaklahmata orang-orangyangkat'ir. . . " (Al-Anbiya': 96-
97)
Dalam hadits-hadits tentang munculnya Dajjaldan turunnya Nabi
Isa Aloihis So/oom di atas, telah kami ceritakan sepintas tentang Ya'juj
Ma'juj ini, yaknidalam hadits riwayatAn-Nawwas bin Sam'an maupun
lainnya.

lsyarat Rasulullah tentang Adanya Ancaman Yang
Mendekati Bangsa Arab

180. Dalam Shohih Al-Bukhari dan Shoh ih Muslim ada sebuah hadits
riw ay at Zainab binti Jahsy :

i; .rr ya) fF b;ii,t i v+'rt W ir'5"-', oi

!

14(D Huru-haraHari Kiamat

\

- "Bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam tidur di sisinyo,

kemudian beliau bangun dengan muka memerah seraya bersabda,
'La ilaha illallah, celaka bangsa Arab, gara-gora ancaman buruk yang

benar-benqr telah dekat. Poda hari ini dibuka dindingYa' juj Ma' juj

seperti ini,' demikian sabda beliau sambil membuat tanda lingkaran
antara kedua jarinya. Dan dalam riwayat lain: sambil membuat tujuh
puluh atau sembilan pulul, ikatan. Zainab bertanya,'Ya Rasul Allah,
apakah kita akan binasa, padahal masih ada di antara kita orang-

orang saleh?' 'Ya,' jawab beliau, 'Apabila kejahatan telah

merajalela."'

Keluarnya Ya'iuj Ma'juj

1 8 1 . Diriwayatkan dalam Shahih AIB ukhari dan S hoh i h Muslim dari Abu
Hurairah Radhiyallahu Anhu, Rasulullah Shallallahu A(aihi wa
Sallam bersabda,

'C*t'r3'r .y ,y C;Y', c;U f', or'i;tU

"Pada hari ini dibuka sebagian dari dindingYa' juj Ma' juj seperti ini,"
sambil membuat sembilan puluh ikatan.

182. Menurut riwayat Imam Ahmad dariAbu Hurairah Radhiyallahu

Anhu, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

i;,ro'o i-, l.t:t-f tit L "ul dl
JJ C (J
'ori j (re ;: J'ji-u trr>')t 're ,sr$'J\5 r.^irlr L&
o.i n,

f ill tdl l)JI
:-c 3.t, t-., rlrl?y- ott3t. c.--:+,4 l5! 3. Ot5 .t,/J',.-ils

a-6J-u ,.r.-- 4*Jl

ii &,J*at LtA o'r'j- rr'ru- ttl ti.* ,/gt Jr"#

J J;t Jr:'3L,J,*-''J, Ur it'iL \:r&'i r:Fi \ jp>")'& qr,

,/Jt -J ;ti'*':f ),1',;;'e )tW'r^', #l:
OyF t,@ e.4;

*', 'eu';uli r"-a, j rt. r\ as
_*Ul ,p: ot.^ll dqri:J

e"p :u, Jt,

YaJuj MaJuj 141

------

',< ;wi laEtt "*Ae Ltr cjj .ulr ..;ai u"/o's.r'r\i

w'&w

"sesunggu hnyaYa' juj Ma' juj setiap hari berusaha keras melubangi
dinding itu, sehingga apabila mereka rnelihat cahaya matahari,
berkatalah pemimpin mereka, 'Pulanglah, besok kalian akan
(teruskan) melubangi lagi.' M aka ( esok harinya) nt ereka pun kernbali
(melubangi) dinding itu lebih giat lagi. Sehinggo, monakala telah
sampai saatnya Allah hendak membangkitkan mereka kepada
manusia, maka (terus) melubangi. Seh inggo apabila mereka m elihat
cahay a m otahari, berkotalah pemimpin m ereka,' Pergilah, besok
kalian akan (teruskan) melubanE laE, Insya' allah,' -biso juga kiranyo

dio mengucapkan kata pujian itu-. (Namun ketika) mereka kemboli

hendak (melubangi)nya, ternyata dndingitu sudah seperti keodaan

semula saot merekatinggalkan (kemarin). Topi merekateruskon jugo
pelubangon, dan (akhirnya) berhasillah rnereka keluar menyerbu

orang-orong. Lalu mereko meminum habis air (yang ada). Sementara
sebagian orang ada yang bersembunyi dalam benteng-benteng
mereka. OIeh karena ituYa' juj Ma' juj melet nparkan anak-anok ponall
rnereka ke langit. (Akhirnya) Allah mengirim ulat-ulat ke tengkulc
mereka. Dengan ulat-ulat itulah Allah menbinusokan mereka."

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sollam bersabda.

':;-3 -e'r(\i uis, ol ,*. F ,* rSit:

ry.6ir.r-rLj

" Demi Allah yong menggenggam jiwa Muhammad, sesungguhnya
binatong-binatang di bumi benar-benar menjadi kenyang dan
berterima kosih, kareno (dapat memakan) daging dan daralt
mereka."

183. Imam Ahmad meriwayatkan pula dari Abu Sa'id Al-Khudri
Radhiyallahu Anhu, dia berkata, Aku mendengar Rasulullah

Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

"(Kelak bila dinding) Ya'juj Ma'juj dibuka, maka mereka pun

keluarlah, sebagaimana difirmankah Allah Ta' ala:'Mereka berjalan cepat

dari segala tempat yang tinggi.'1) Maka manusia lari ketakutan,

1. QS.Al-Anbiya':96

142 Huru-hara Hari Kiamat

.-rr,-

menghindari mereka ke kota-kota dan benteng-benteng sambil

menggiring ternak.
Sementara itu Ya'juj-Majuj menjelajah dan meminum air di mana-

ana, sehingga ketika seseorang dari mereka melewatisungaiyang tadi
dim inum, dia berkata, "Di sini tadi ada airnya. "

Dan akhirnya ketika semua orangsudah mengungsi ke kota-kota

dan benteng-benteng, maka berkatalah seorang dari mereka:
"Penduduk bumi ini sudah habis kita binasakan. Sekarang tinggal

penduduk langit."
Rasulullah Shallallahu Alaihi w a Sallam melanj utkan ceritanya:

Sesudah itu seorang dari mereka menggoyang-goyangkan tombaknya,
kemudian dia lemparkan ke angkasa, maka tombak itu kembali lagi

kepada mereka berlumuran darah, sebagai kecohan dan tipuan (terhadap
mereka).

Ketika mereka dalam keadaan demikian, Allah Subhanahu wa
Ta'ala mengirim suatu penyakit kepada mereka bagaikan ulat belalang
yang menyerang ke dalam leher mereka. Pagi harinya, mereka sudah pada
mati. Karena tidak terdengar lagi gerakan mereka, maka kaum muslimin
berkata, "Tidakkah seseorang berani mengorbankan dirinya untuk melihat
apayang dilakukan musuh ini?"

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallom bersabda: Maka

seseorang tampil merelakan dirinya" Dia yakin dirinya akan terbunuh,
tetapi dia turun juga. Ternyata dia dapati mereka sudah pada mati,
tindih-menidih satu sama lain. Maka orang itu pun berseru: "Hai semua
kaum muslimin, ketahuilah kabar gembira. Sesunguhnya Allah telah
membela kamu sekalian terhadap musuhmu!" Mereka pun keluar dari

kota-kota dan benteng-benteng mereka. Dan mereka melepaskan

kembali ternak mereka hendak digembalakan, tetapi tidak ada tempat
buat menggembala. Semuanya penuh dengan bangkaiYa'juj Ma'juj.
Sedang binatang-binatang itu sendiri bersyukur sekali memakan
daging mereka, sama sekali tidak mau memakan tumbuhan yang
mereka dapatkan."

Perlu saya katakan di sini:Ya'juj Ma'juj adalah dua golongan dari
bangsa Turki, keturunan Nabi Adam A Isih is Soloom juga.

184. Demikianlah, sebagaimana diceritakan dalam sebuah hadits shahih,

bahwa pada Hari Kiamat kelak Aliah Subhonohu wa Ta'ala
berfirman, "HaiAdam!"

YaJuj MaJuj 143

"Labbaika wa sa'daika. " (aku penr_rhi panggilan-Mu denqan senang
hati),.iawab Adam.

Lalu Allah memerintahkan dengan suatu seruan. "Masukkan ahli
nerakal"

Maka terdengarlah suatu pertanyaan. "Berapa?"
Allah meriawab. "Darisetiap seribu orang. masukkan sembilan
ratus sembilan puluh sembilan orang ke neraka. dan masukkan seorang
ke dalam surga.

Pada saat itulah anak kecil menjadiberuban dan setiap wanita hamil

melahirkarr kandungannya. Namun kemudian terdegar seruan:
"Bergembiralah. karena diantara Ya'juj Ma'juj ada yang menjadi tebusan
bagimu." Menu'ut riwayat lain dikatakan: "Diantara kamu sekalian ada

dua umat. dimar.rapun mereka berada pastiberkembang biak begitu pesat.
Itulah Ya'juj Ma' jui."

Selain itu ada cerita. konon Ya'jujMa'ju.i itu berasaldarisitiHawa
Alaihas So/oonr. sedang menurut sebagian lainnya. mereka berasal dari
Adam Alaihis salaam. tanpa siti Hawa. ceritanya. hal itu dikarenakan
pada suatu ketil<a Nabi Adam Alaihis Salaam bermimpi keluar mani, lalu

maninya itu bercampur dengan tanah Dan dari mani itu Allah

menciptakan Ya'juj Ma'juj. Cerita ini tentu saia tidak ada dalilnya, dan

datang dari orang yang tidak wajib diterima perkataannya. Dan Allah tentu
lebih tahu.

Yang benar. Ya'juj Majuj itu keturunan Nabi Nuh A/oihis Salaam.
Mereka adalah anak-cucu Yafits bin Nuh, nenek-moyang bangsa Turki.

Dulu mereka hidup di muka bumi seperti layaknya manusia biasa, namun
selalu membuat keonaran. oleh karena itu kemudian mereka dikurung
oleh Dzulqarnain di balik dinding penghalang yang dibuatnya, sampai
Allah mengizinkan mereka keluar dari sana kelak untuk menyerbu bangsa-
bangsa sekitarnya. Diantara cerita tentang mereka ialah seperti yang
disebutkan dalam hadits-hadits.

Ya'iuj Ma'juj Manusia Biasa

Ya'juj Majuj adalah manusia biasa sepertilayaknya manusia yang lain.
Mereka mirip orang-orang yang sebangsa dengan mereka, yaitu bangsa

Turki, dengan mata cekung, berhidung pesek, berambut pirang, sekalipun
bentuk dan warna kulit mereka bervariasi.

Kalau ada orang yang beranggapan, bahwa Ya'juj Ma'juj itu
diantaranya ada yang badannya tinggi sepertipohon korma, ada pula

yang sangat pendek seperti orang cebol, dan ada lagi bertelinga lebar,

144 Huru-hara Hari Kiamat

-J- \

telinga yang sebelah bisa untuk berselimut, dan yang sebelah lagi sebagai
tikar, itu semua adalah mengada-ada tanpa didasarkan pada ilmu. Dan

orang yang berkata begitu pasti tidak punya dalil, sekalipun ada
dinyatakan dalam sebuah hadits, bahwa ada diantara Ya'juj Ma'juj yang

tidak mati-mati sebelum melihat anak-cucunya berjumlah seribu orang.
Namun Allah jualah yang lebih tahu benar-tidaknya hadits itu.

*****

Ya'juj MaJuj 145

a

KA'BAH trIHANCURKAN

Pada suatu saat nanti Ka'bah akan dirobohkan oleh seorang manusia
terkutuk bernam a Dzussuwaiqatain.
185. Demikianlah, sebagaimana kami riwayatkan dari Ka'ab Al-Ahbar

dalam Tafsir kami ketika membahas tentang firman Allah ro'alo,
" S ehingga, apabila telah dibukakan ( pintu) ya' juj dan Ma, juj . . . .', t )
Bahwa munculnya Dzussuwaiqatain bermula pada masa furunnya
Nabi Isa A /oih is Saloo m, yaitu setelah dibinasakan nya ya'j uj Ma'j uj.
Ketika itu Nabi IsaA/aihis salaam mengirim pasukannya untuk
memerangi balatentara Dzussuwaiqatain. Mereka berkekuatan antara 700
sampai 800 orang. Namun ketika mereka berjalan, Allah mengirimkan
angin sejuk dari arah negeri Yaman. Angin itu mencabut nyawa setiap
orang yang beriman. Dan sisanya tinggal manusia-manusia jahat. Mereka
bersetubuh bebas seperti binatang.
Ka'ab Al-Ahbar mengatakan, pada saat itu Kiamat sudah dekat. Dan
kini saya ingatkan pula, bahwa di atas telah disebutkan dalam sebuah
hadits shahih, bahwa Nabi Isa menunaikan haji setelah beliau turun ke
bumi.

Sesudah Munculnya Ya'juj Ma'juj Masih Ada Orang
Yang Menunaikan Haji dan Umrah

186. Imam Ahmad meriwayatkan dariAbu sa'id Al-Khudri Rodhiy allahu
Anhu, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sall ambersabda,

1. QS.Al-Anbiya':96.

146 Huru-hara Hari Kiamat

"Sesunggu hnya di Baitullah ini akan tetap ada orang yang berhaji
dan b er um r ah setel ah m un culny a Ya'j uj M a'j uj. "

Menjelang Kiamat Tidak Ada Lagi Orang Yang

Berhaji

187. Ada diriwayatkan dari Qatadah Radhiyallahu Anhu,bahwasanya:

.-;jr '"d;t .- u3t;'tttt

"Kiamat takkan terjadi sehingga tidak ada lagi orang yang berhaji di
Baitullahini."
Saya katakan: Tidak ada pertentangan antara kedua periwayatan
diatas. Karena Ka'bah tetap dikunjungi oleh orang yang berhaji maupun
berum rah setelah m uncul dan binasanya Ya' j uj Ma'j uj, yakni setelah kaum
muslimin tenteram kembali dan memperoleh rizkiyang melimpah pada
masa Al-Masih Isa bin Maryam Aloihis Soloom.
Sesudah itu barulah Allah mengirim angin sejuk yang mencabut
nyawa setiap mukmin. Nabi IsaAloihis Soloom termasukyang meninggal
di waktu itu. lalu dishalati kaum muslimin dan dikubur dekat pusara
Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam. Dan sesudah itu
terjadilah perobohan Ka'bah oleh Dzussuwaiqatain, meskipun mulai
munculnya pada masa Nabi IsaAloihis Sollom, sebagaimana dikatakan
oleh Ka'abAl-Ahbar.

Perobohan Ka'bah oleh Dzussuwaiqatain

188. Imam Ahmad meriwayatkan dariAbdullah bin Amr Radhiyallahu

Anhu, dia berkata, Aku mendengar Rasulullah S hallallahu Alaihi wa
Sollom bersabda,

slr';-.;rrA- tfu-ra*,Jr'c #:/r ri a)gt -,'e
g+;At -, ;^ L*l'{bf 4t'*:f jK, w;6 c

{*':

"Ka'bah ini akan dirobohkan oleh Dzussuwaiqatain dari Habasyah.
D ia mer ampas p erhiasenny a, dan m el ep as kis r.uoh n yo . Aku seakon-

Ka'bah Dihancurkan 147

akan melihatnya, orangnya kecil botak dengan tulang-tulang
persendian bengkok, sedang menghantam Ka'bah dengan sekop
dankapaknya."
Isnad hadits ini jayyiddanqawiyl)

1 89. Dan Abu Daud meriwayatkan dari Abdullah bin'Amr juga, dari Nabi

S hal I all ahu Al aihi w a S al Iam, ba hwa b e liau bersabda,

*ri rt ,,-:Kr eru"i rV { i; v a^*rli';t

"Biarkan orang-orang Habasyah selagi mereka membiarkan (tidak
menggonggu) kamu. Sesungguhnyo tidak akan ada orcing yang
(berani) membongkar barang-barang simpanan dalam Ka' bah selain
D zussuw aiqatain dari H ab asy ah. "

190. Dan Imam Ahmad meriwayatkan pula, bahwa Ibnu Abbas menga-
barkan kepada perawi hadits ini, bahwa Rasulullah Sh allqllahu Alaihi
waSallam bersabda,

at .ai ,!k

" Seakqn-akan aku melihatnya, orangnya hitam, dengan congkaknya
ah-dia m er ob o hkanny a -m aksudny a Ka' b
b atu dem i b atu. "

191. Dan menurut riwayat Imam Ahmad pula dari Abu Hurairah

Radhiyallahu Anhu, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam

bersabda,

tti' tl ;+i;+IFs,J- Jzrl
/ .,O t

d,Il^l

'h'r66,..1';ur

l. HR. Ahmad dalam Musnodnya no.7053. Dan disebutkan pula hadits ini oleh Al-Haitsami dalam

Mojmo' Az-Zawa'id31298, dan dia katakan, bahwa hadits ini diriwayatkan oleh Ahmad dan At-
ThabaranidalamAl-Kabir, sedang pada sanadnya terdapat Ibnu Ishaq, seorang tsiqat tetapi sering
melakukan fodlis.

Dia telah mengeluarkan pula yang semakna dengan hadits ini dan lebih ringkas, dari Abu Hurairah
3/368.hda sanad hadib ini tendapat pula Muhammad bin Salamah bin Abdullah Al-Bahili Al-Harrani,
seorang bekas budak yang tsiqat, tergolong sebelas perawi hadits kenamaan, wafat tahun 11 H,
menurutberitayangsah, demikianMojma' Az-Zowa'id. (Uhatjuga: ToqnbAt:fahdzib,21L16 no.265)

Dzussuwaiqatain adalah namagelar---cntah siapanama aslinya-yangberarti sipernilik duabetis
yangkecil. KarenaAs-Suwaiqah, menuruthnulAbirdalam kitabnyaAn-NihayahliGhoribAl-Hadib,
adaiah toshghir dari kata "as-Saaq" (betis), dengan tambahan huruf To sebagai isim mu'onnots.
Betisnya dikatakan kecil, karena pada umumnya betis orang Habasyah memang kecil-kecil.

l4a Huru-haraHariKiamat

"Malarn don siong takkan berhenti bergulir sebelum ada seorang

Ielaki dori kalangan koum budak menjadi raja, dia bernama

Jahjah."

Suasana Kota Makkah dan Madtnah Mentelang

Kiamat

Adapun kota Madinah, sebagaimana telah dijelaskan dalam hadits shahih

terdahulu, bahwa Dajjal tidak dapat memasukinya, maupun memasuki
kota Makkah. Disetiap mulut jalan di Madinah ada malaikat-malaikat
yang menjaganya agar tidak dimasuki Dajjal.

192. Dalam Shohih Al-Bukhari diriwayatkan dari Abu Hurairah

Radhiy allahu Anhu, bahwa Rasululla h S hallal I ahu AI aihi w a S all am

bersabda,

l, !.C"rlrtalt t o'
it;-l' g,-j' ralI
r.i-r^Jt

"Madinah tidak dapat dimosukiD ajjal maupun wabah penyakit."

Diatas telah dijelaskarn, bahwa Dajjalhanya bisa tinggaldi luar kota,
lalu terjadilah goncangan hebat tiga kali, yang mengakibatkan kaum
munafik maupun orang-orang fasik, laki-laki dan perempuan, semuanya
keluar dari dalam kota, dan tinggallah orang-orang mukmin dan muslim,
laki-laki dan perempuan. Dan hari itu disebut "Yaumul Khalash" (hari
pembersihan).

193. Demikian, sebagaimana pernah dinyatakan oleh Rasulullah

Shallall ahu Alaihi luo Sol/om,

-*'*,-+ (_'F-: t++ Wl

"sesunggu hnya kota ini adalahThaibah (harum)i. Dia sendiri yang

akan membuang kotorannya lalu sem erbaklah keharumanny a. "

'4,i,'194. Allah Ta' alaberfirman,

Utii -r++i). a>:i+ii'#i.,: :.+ti

[r r :,;rr] @) 3i,7 +ji'4t u$i:

"Wanita-wanita yangtidak baik adalah uituk laki-laki yangtidak

baik, dan laki-laki yangtidak baik adalah untuk wanita-wanita yang
tidak baik (pula). Dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki

Ka'bah Dihancurkan 149

----

yang baik, dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang

baik (pula). Merekaitubersih." (An-Nur: 26)
Maksudnya, kota Madinah akan tetap ramaipada saat Dajjal

beroperasi, dan ramai pada masa datangnya Rasulullah, Isa bin Maryam
Aloihis Salaam, sampaibeliau wafat dan dikubur disana. Sesudah itu
semua, barulah penduduk Madinah akan keluar meninggalkan kota itu.

{<****

15O Huru-hara Hari Kiamat

.-

KELUARNYA BINATANE MELATA
YAN6 BISA BERBIEARA DARI
DALAM TANAH

1 95. Allah Ta' alaberfirman.

"Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, maka Kami
keluarkan sejenis binatang melata dari dalam bumi. yang akan

mengatakan kepada rnereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu
tidak yakin kepada ayat- ay at Kam i. " (An-Naml : 82)
Pada tafsir kami (Tolsir lbnu Katsir), telah kamibicarakan hal-hal
yang ada kaitannya dengan ayat yang mulia ini, sekaligus kami sebutkan
pula hadits-hadits secukupnya yang berkenaan dengannya. Dan kalau kita
ringkas saja maksudnya disini, tentu itu lebih baik dan cukup memadai:
Menurut Ibnu Abbas, Hasan dan Qatadah, binatang itu memang
benar-benar berbicara kepada manusia. Pendapat ini didukung oleh Ibnu
Jarir, bahwa binatang itu memang berbicara kepada mereka, yakni
mengatakan: "Sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-
ayatKami."
Agaknya Ibnu Jarir menceritakan pula tafsiran yang sama dariAtha'
dan Ali. Tapi, benarkah keduanya mengatakan seperti itu, masih perlu
penelitian.
Sementara itu ada diriwayatkan dari Ibnu Abbas, bahwa kata-kata
"tukallimuhum" (binatang itu berbicara kepada manusia), maksudnya,

Keluarnya Binatang Melata Yang Bisa ... l5l

--

binatang itu membeberkan identitas mereka, yakni menulis pada dahi
orang l<afir 'kot'ir', dan pada dahi orang mukmin: 'mukmin' .

Dan ada pula riwayat dari lbnu Abbas, bahwa maksudnya, binatang
itu berbicara kepada manusia dan juga membeberkan identitas mereka
masing-masing. Tafsiran yang terakhir ini mencakup dua pendapat
tersebut diatas. Dan tentu saja merupakan tafsiran yang kuat dan baik.
karena memuat kedua-duanya. Tapi, Allah jualah yang lebih tahu.

Sepuluh Tanda Menjelang Kiamat, Termasuk

Binatang Melata

196. Di atas telah disebutkan hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad,
Muslim dan para penyusun kitab-kitab Sunon, dariAbu Syarihah
Hu&aifah b in Usaid, bahwa Rasulul lah Shall allahu AI aihi w a S allam

bersabda,

l+t- -4 ---L!t , )L -6'r,--c- i;; -f tq-cLJr ,.*,;
d a)r arV: Zirio''

'P.
i.-"'. ",r-l arUt1...'.tl-.orr..;;,.. . t..
oL*-rJt.
4?uJr

+.)od.?U. t"uo3 ' j;^tl.o i l_;"".i -, # {*'r'J|tl(, 1"1

J

6r;:a'. :.' t,, ,)_v /,; ,v.'v.t.'H tf I q'/t ;'l-fo !i*':

,i ,^tjjr "# J*, r rr;,{ ",j;'4'rr\,p.:

ju'+

,

"Kiamat takkan terjadi sebelum kamu melihat iepuluh tanda:

terbitnya matahari dari barat, asap, binatang melata, munculnya

'Ya'jujMa'juj, turunnya Nobilso bin Maryam, Dajjal, tiga kali

gempa, sekali di barat, sekali di timur dan sekali lagi di jazirah Arab,

api yang keluar dari sebuah jurang di Aden, yang menggiring

manusia m-detroekua mengumpulkan manusia_ . Apiiu menginap
bersama
di malam hari, dan tetap menyala saat mereka

tidur disiong hari."

1 97. Dan menurut riwayat Muslim dari Abu Hurairah Ro dhiyallahu Anhu,

bahwa Nab i S hallall ahu AI aihi w a S allam bersabda,

f-J't f'.,(ti a-1.s'1 ot-?t;) j*'lr $;,:*,tL'rr,,;

€+i 'A?', fi;st;l A'-JJ, ,rr-o*dl

152 Huru-hara Hari Kiamat

-a-

" Cepat- cepol beramal sebelurn teriadinrla e nen r perkara: terbrtr-tyo
matahari dari baraL munculnya Daijul, asap, binatang melata dari
dalam bumi, uruson umum (Kiarnat) dan ketnatian setiap orang dari
kamusekalian."

198. Imam Muslirn meriwayatkan puladariAbdutlah bin Amr. bahwa dia
berkata, Aku hapal dari Rasulullah Sho//o/lahu Alaihi wa Sallam
sebuah hadits yang belum aku lupakan: Aku mendengar Rasulullah
Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

t!r* irr.L_,Utt,JI,,'
"r ,*^-:Jr w .,r.!i ,-.i ;t
() f )W

!;z'.? t"i!

"Sesunggu hnya pertanda (Kiarnat) yang pertama muncul ialah
terbitnya matahari dari barat dan keluarnya binatang melata
mendatangi manusia pada waktu Dhuha. Manapun dari keduanya
yang lebih dulu terjadi, maka yang lainnya tidak lama lagi akan
terjadipula."

Maksudnya, bahwa keduanya adalah yang pertama-tama teriadi
diantara pertanda-pertanda Kiamat yang dianggap sangat luar biasa.
karena tidak biasa dialami manusia, meskipun datangnya Dajjal. turunnya
Nabi IsaA/oihis So/oom dari langit, dan juga keluarnya Ya'juj Ma'juj telah
terjadi sebelum itu. Karena ketiga-tiganya dianggap termasuk perkara
lumrah yang biasa dialami manusia, lain halnya munculnya binatang
melata dengan kelakuan yang aneh, yakni pandai berbicara dengan
manusia dan menandai siapa yang mukmin dan siapa yang kafir. Ini
memang luarbiasa.

Kalau binatang melata ini merupakan pertanda luar biasa pertama
yang terjadi dibumi, maka terbitnya matahari daribarat adalah kejadian
luar biasa, yang merupakan pertanda pertama yanE terjadi di langit.

{. {€ * rf rl.
KeluarnyaBinatangMelataYangBisa... 153

-

MATAHARI TERBIT DARI BARAT

Taubat Tidak Diterima Setelah Terbitnya Matahari
dari Barat

1 99. Allah Tb' alab erfirm an,

,r; Gy.ii o3t Gy.'r1 is.:lri:itl3 of !! 6:E b I

-l rla"ttt:'e;-\ qt?v,,,*, eF i;qt?\;
-t
(r,lpai *ir-W1i.*')i'F6,3v f:

[, o,r,tw!r],,!:i,'U'+::', i

para"Yang mereka tunggu-tunggu tidak lain hanyalah kedotangan ,

malaikat kepada mereka (untuk mencabut nyawa) , atau datangnya

PadaTuhan-mu atau datangnya sebagian tanda-tandaTuhan-mu.

hari datangnya sebagian tanda-tanda Tuhan-mu tidaklah

bermanfa'at lagi iman seseorang bagi dirinya sendiri, yang belum
beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan

dalam moso imannya. Kotakanlah, 'Tunggulah olehmu,

sesu ngg,u h ny a Kami pun menunggu ( pula) . "' (Al-An' am : I 5 8)

200. Al-Bukhari meriwayatkan, bahwa perawi hadits ini berkata, Kami I

diceritai oleh Abu Hurairah RadhiyallahuAnhu sabda Rasulullah

S hallall ahu AI aihi w a S al Iam,

';1 ,r"6tt71',tiy,Ar; o2,"Ar'U rp'uUrif I

154 Huru-haraHariKiamat

,'61'i" I (;t !'P
, o , t 'o, '
;4-, t , -Ctj; ti,G ,f
tfuGt !^- ir-

"Kiamattakkan terjadi sebelum matahari terbit dari boraL Apabila

manusia telah melihatnya (terbit dari barat). maka berimanloh

seluruh pendudukbumi. Tbtapi pada saat itu tidakbermanfaatlagi

iman seseorang bagi dirinya, yang sebelumnya tidak beriman. "

Al-Bukharimeriwayatkan pula dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu

sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi uo Sollom,

| '^it}iL $V W; a ,r3t U F ^stlr ,; rl

.Wtl*'C;t"t ',8,tl,'u,: ri;i t rtl

",tlt

"Kiamattakkanterjadi sebelum matahari terbit dari barat. Apabila
matahari telah terbit dan monusio melihotnya, moko berimanlah
mereka smua, ltulah saot imon sese orang tidak bermanfaat laE bogi
diriny a. " Sesudoh itu bel iau m e mb aca ay at di otos. "

Sedangkan Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah

Radhiy allahu Anhu sabda Ras ulullah Shall allahu AI aihi w a S all am,

')l'J-5c'J\k lwrltu; A.j;i r:1 Lx
Jij (* Cl--sAt- a, ,-. t t .
oefur,
- t tt Vul

u-Ar Llb ta'

.f t\r

" Ada tiga kejadian yang apabila telah terjodi, maka iman seseorang
hdak berguna lagi bagi dinnya, yang sebelumnya tidak beriman, atau
(belum) melakukan kebaikan dalam masa imannya, yaitu: terbitnya
matohon dari barat, munculnya osap dan binatong melata dari dalam
bumi."

203. Hadtis dariAbu Syarihah Hudzaifah bin Usaid RadhiyallahuAnhu,

Rasulullah Shollolloh u Alaihi ura Sollom bersabda,

"Kiamat folckon terjadi sebelum kamu melihat sepuluh tanda:

terbitnya mdnhan dan barat, osap, binatang melata, keluamya Ya'j uj

Ma' juj, furunnyo Nobi Iso bin Maryam, Dajjal, hgs kali gemry, sekali

di barat, selcoli di timur don s ekali la$ di joziroh Arab, keluarnya opi

dori suotu jurang di Aden Ayapni igtummeenng$gniaripngbemrsoanmuasimoe-reaktaodui
mengumpullcon monusia-.

Matahari Terbit dari Barat 1 5 5

_______

mc!:m hari, dantetap menyala menunggui tidur mereka disiong
heri."

204. D an m enurut riwayat Muslim dari Abu Hurairah Radhiy altahu Anhu,
Rasulullah bersabda,

"Cepat-cepatlah kamu beramal sebelum terjadinya enam

perkara." Lalu beliau sebutkan, antara lain terbitnya matahari dari
barat, Dajjal. asap dan binatangmelata, sebagaimanatersebut di
ofos. " (Nomor 197"-Edt.).

205. Dalam shohih Al-Bukhari dan shohih Muslim dari Abu Dzar

Radhiyallahu Anhu, Rasulullah shallallahu Alaihi wa sallam pernah
bersabda kepadaku,

4 ut ju ) Lii',-,'sri1 l*itr ./, L;J ;i urri'
Ho' tr'
' Q Ja-'oi U r- JtllJ,_r'-et'.)J'rX
c^" -J.\'r; +
)t

tz', d'.;I';S,:il#ril *'e-l rlw.et,*:. "*\i

,p

"Tahukah kamu kemana perginya matahari ini apabila telah

terb enam? " "Ti dak, " j aw abku. Rosu / b er sabda, "ses unggu hny a dia
pergi bersujud di bawah Arsy, kemudian meminta izin (untuk tidak

terbit lagi). Oleh karena itu tidak lama lagi akan dikatakan

ke p adany a,' Ke mb al il ah d ar i m an a kam u d atang' . M aka p ad a s aat

itulah iman seseorang tidak bermant'aat bagi dirinya, yang
sebelumnya tidak beriman, atau (belum) melakukan kebaikan

selamamasaimannya."

206-Dantelah diriwayatkan pula oleh Muslim dalam shohihnya, dan juga
Abu Daud serta Ibnu Majah dariAbdullah bin Amq dia berkata, Aku
hafaldari Rasulullah shallallahu Alaihi wa sallam sabda beliau,

"Sesunggu hnya pertanda yang pertama-tama muncul (menjelang
Kiamat) ialah terbitnya matahari dan barat dan munculnya binatang
melata menemui manusia pada waktu Dhuha. Mana saja dari
keduanya yang lebih dulu terjadi, maka tidak lama sesudah itu yang
lainnya pun segera terjadi."

Di atas telah kami terangkan, bahwa yang dimaksud pertanda disini
ialah pertanda yang tidak lumrah, yang berlawanan dengan kebiasaan

156 Huru-hara Hari Kiamat

yang selama ini dialami manusia, yakni binatang melata yang bisa

berbicara dengan manusia lalu menandai inisi kafir dan ini si mukmin, dan
juga terbiinya matahari dari barat. Pada hadits ini terbitnya mataharidari
baratdinyatakan sebelum keluarnya binatang melata. Itu mungkin saja
terjadi dan barangkali lebih tepat. Dan Allah-lah yang lebih tahu.

Hijrah Tidak Diterima Jika Sudah Diserang Musuh

207. Imam Ahmad meriwayatkan dari lbnu Sa'di Radhiyollahu Anhu,
sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam,

Jtd'rAr ir,,c i ;At'L.;i t

" Hijrah tidak berguna selagi musuh memerangi (kita) . "

208. Dan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, At-

Tirmidzi{an dia nyatakan hadits inishahih-, An-Nasa'idan Ibnu
Majah dari Shafwan bin Assal, dia berkata, Aku mendengar

Rasul ullah S hal I all ahu Alaihi w a S al lam bersabda,

,A^ t.. dt J't'{Ja'4lt. t '. to. trcz
a
Jl Ot
p'e;S \"JiJl Jt arLelJ5
e.?, t.-,r,l,-..,:l1r ,", AJJ| et!

t. ,'.'". -il . .f",-r'.dotl'..'r )y

.a:t o**Nl itJri

"Sesungguh nya AIIah membuka pintu taubat di arah barat, Iebarnya

tujuh puluh atau empat puluh hasta. Pintu itu takkan ditutup

sebelum matahari terbit ( dari sana) . "

Hadits-hadits mutawatir tersebut di atas disamping ayat Al-Qur'an,

adalah merupakan dalil, bahwa orang yang baru beriman atau bertaubat

setelah matahari terbit daribarat, maka iman dan taubatnya tidak

diterima. Karena -dan Allah tentu lebih tahu- terbitnya matahari dari

barat itu termasuk pertanda Kiamat terbesar yang menunjukkan betapa

sudah sangat dekatnya hari yang maha dahsyat itu, sehingga kejadian itu

diperlakukan seolah-olah Kiamat sudah benar-benar terjadi.

Perhatikanlah firman-firman Allah To'ola berikut ini,

209. Allah Ta' al ab erfirm an,

"E ey ti ixt'Gy.."ri isJai Aiu d,i "yl 'u'E'b

Matahari Terbit dari Barat 157

t

f[ro,r:pu!r] @ 6J.Jt;1$

"Yang mereka tunggu-tunggu tidak lain hanyalah kedatangan
malaikat kepada mereka (untuk mencabut nyawa) , atau kedatangan
Tuhan-mu atau datangnya sebagian tanda-tanda Tuhan-mu. Pada
hari datangnya tanda-tanda Tuhan-mu tidaklah bermanfa'at lagi
iman seseorang bagi dirinya, yang belum beriman sebelum itu, atau
dia (belum) mengusahakankebaikan dalam masaimannyo. " (Al-
An'am: 158)

210. DanAllah To'olo berfirman,

-*.kqu"tu),131-s .Xtt ld.,I; vv \;u u!111' rl t'.

ei ;3"st #,.l'2i, t:,: W- bi * @) 6 *

'9+,JdtUb lt
,J:J I

"Maka tatkola mereka melihat adzab Kami, mereka berkata, 'Kami
beriman hanya kepada AIIah semata, dan kami kafir kepada
sembahan-sembahan yang telah kami persekutukon dengan Allah.'
Maka iman mereka tiada berguna bagi mereka, tatkola mereko telah
melihot silcs a Kami. ltulah sunnoh Allah yong telah berlaku terhadap
hamba-hambo-Nyo. Dan di waktu itu binasalah orang-orang kafir."

(Ghaflr: t4-E5)

211. Dan Allah To'olo berfirman,

@) 3r'}-*! p, 'e,^*Y oi^'rli it,i:F,b

[rr:;;1t]

"Mereka tidak menunggu selain datangnya Hari Kiamat kepada
mereka dengan tiba-hbo, sedang mereka tidak menyadarinyo. " (Fu.-

Zukhruf: 66)

2I2.Sementara itu Al-Baihaqi menceritakan dari Al-Hakim, bahwa dia
mengatakan, "Sesungguhnya pertanda Kiamat yang pertama-
tama muncul adalah Dajjal, kemudian turunnya Nabi IsaAloihis
Soloom, kemudian bedahnya dinding Ya'juj Ma'juj, kemudian
keluarnya binatang melata, barulah kemudian matahari terbit dari
barat."

158 Huru-hara Hari Kiamat

Al-Hakim berkata, "Karena apabila mataharitelah terbit dari barat,
maka siapa pun akan beriman. Jadi, kalau dikatakan Nabi Isa itu turunnya
setelah terbitnya matahari dari barat, berarti mereka yang beriman setelah
terbitnya matahari tidak bisa disebut kafir. "

Pendapat Al-Hakim ini perlu diteliti lebih lanjut, karena iman
penduduk bumi pada saat itu sebenarnya sudah tidak berguna lagi bagi

mereka, dan begitu pula iman seseorang yang sebelumnya tidak beriman.
Oleh karena itu orang yang baru beriman atau bertaubat saat itu, maka

iman dan taubatnya tidak diterima, kecualijika sudah beriman atau

bertaubat sebelum itu.

2 13. Begitu pula, karena Allah Ta' alatelah berfirman dalam kisah turunnya

Nabi IsaAloihis Soloom di akhir jaman:

,b t

eai'aiiJl !1
rurt -+ir-. L! -a, -<'.;.'n)l. I LiiU U?..7 v',.\'-,,

ti[r oc',L"Jr] (@J € i "&'Jr(+

"Tidak ada seorang pun dari Ahti Kitab, kecuafi akan beriman

kepadanya (lsa) sebelum kematiannya. Dan di Hari Kiamat nanti Isa,

akan meniadi soksi terhadap mereka. " (An-Nisa': 159)

Maksudnya, sebelum Nabi Isa Aloihis Soloom meninggal dunia

setelah turunnya kelak, maka otomatis semua Ahli Kitab akan beriman,

karena mau bagaimana lagikalau tidak beriman. Artinya, ketika itu

barulah mereka menyadari benar-benar bahwa Isa itu ternyata memang

hamba dan Rasulullah. Orang Nasrani mengakui kedustaan dirinya ketika

beranggapan bahwa dalam diri Isa ada sifat ketuhanan disamping

kenabian. Sedang orang Yahudi megakui bahwa beliau adalah seorang

Nabi dan Rasul dariAllah, bukan anak zina, seperti yang dituduhkan

orang-orang durhaka dari kalangan mereka. Terkutuklah mereka dengan

laknatdan murkaAllah.

*****

Matahari Terbit dari Barat 159

--

MUNCULNYA ASAP

21 4. Allah Ta' al a b erf irm an,

dllit'.:^:,- (>-*. 6 e; d,Ll! 'JAi G:v t; .^Li"-)t3

a ,,-,r-,i"J- i ,-
;r 3tit-u^dt \3r+J ut
(e ,'t#t+t t @)"4.\

t,2i J: u?itir?'G'J;t?rlvtt,/j-.ot|3t.-j
e;w
s-12

ii ::-e>;'a;y -Kt,'l4 et:ai \qts Ut ,,1- ?r,?-1'A1J

" Maka tunggulah hari ketika langit membawa asap yang nyata' Yang
meliputi m anusia. I nilah adzab yang pedih. (M ereka berdo' a),'Ya
Tuhan kami, I eny apkanlah dari kami adzab if u. Ses u ngg uhny a kami
b er i m an.' B agaim an akah m er eka dap at m en er i m a p er in gatan'
padohal telah datang kepada mereka seorang rasul yang memberi
penjelasan, kemudian mereka berpaling daripadanya dan berkata,
, Dia adalah seorang yang menerima ajaran (dari orang lain), Iagi pula
seorang yang gila.' sesungguh nya (kalau) Kami akan melenyapkan
s i ksoa n itu agak s edi k i f, ses u ngg uhny a kam u akan kemb al i ( in gkar ) .
(ln}atlah) hari (ketika) Kami menghantam mereka dengan hantaman

yang keras. Sesunggu hnya Kami adalah Pemberi balasan' " (Ad'
Dukhan:10-16)
Tafsir ayat-ayat di atas telah kamibahas ketika menafsirkan surah
Ad-Dukhan (Tafsir lbnu Katsir). Jadi, disini tidak perlu kita bahas lagi.

16() Huru-hara Hari Kiamat

Al-Bukhari menukildari Ibnu Mas'ud Rodhiyallahu Anhu, bahwa dia

menafsirkan ayat-ayat di atas dengan peristiwa yang dialami orang-orang

Quraisy, ketika mereka mengalami kelaparan yang disebabkan kemarau
panjang, akibat doa Rasulullah Sho/lollahu Alaihi wa Sallam terhadap

mereka. Ketika itu ada seorang dari mereka melihat seakan-akan ada

gumpalan asap di langit, saking laparnya.

Gfsiran ini sangat gharib (aneh), dan tidak ada seorang pun yang

menukil tafsir seperti itu dari sahabat manapun selain Al-Bukhari.

Sementara sebagian ulama muta'akhirin pun ada yang berusaha
membantahnya
!

215. Yakni membantahnya dengan keterangan yang terdapat dalam

hadits riwayat Abu Syarihah Hudzaifah bin Usaid, Rasulullah

Shallallahu Alaihi w a Sallam bersabda,

:eut ;g o

''Sesungguh nya Kiam at takan terjadi sebelum kamu melihat sepuluh
tanda."

Selanjutnya Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menyebutkan,
antara lain Dajjal, asap dan binatang melata.

216. Begitu juga berdasarkan hadits riwayatAbu Hurairah Radhiyallohu
Anhu. bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi u.ro So//om bersabda,

.v ,s*\'-

'rrrq

" C ep at - cep atl ah k am u b er am al seb el um terj adin y a en am p erkar a. "

Dan selanjutnya Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam

menyebutkan ketiga hal tersebut di atas.

Dua hadts tersebut diatas dalam ShahihMus/im diriwayatkan secara
mart'u'. Sedangkan hadits mart'u itu mestidiutamakan daripada hadits
mouquf manapun.

Lain dari itu. menurut zhahirnya Al-Qur'an sendiri menegaskan
bakaladanya asap yang turun dari langit kelak, yang menutup manusia.
Dan dengan adanya penegasan seperti ini, maka kata asap harus diartikan

secara hakiki dan dengan arti umum, tidak seperti tafsiran yang

diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud, bahwa asap itu sekedar khayalan di mata
orang Quraisy waktu itu, dikarenakan kelaparan.

Adapun penegasan Al-Qur'an yang dimaksud, antara lain:

217. Firman Allah To'olo,

MunculnyaAsap 16l

ql[r .:.,u-rJr] C-, 9wt:-rJ.Ji jF y"ilt

f

"Maka tunggulah hari ketika langit membawa osap yong ny<tta."

(Ad-Dukhan: l0) -

Maksudnya, asap yang jelas dan faktual, bukan sekedar.khayalan

akibat kelaparan.

218. Dan firman Allah To'olo,

Ir r:,rt-.rjr] :.i), Oyf U' .-f ;ii t- -r^it tii

" (Merelca berdo'a), 'YaTuhan kami, Ienyapkanlah dari kami adzab
ifu. Seslingguhnya kami berimon. "' (Ad-Dukhan: 12)

Maksudnya, manusia yang hidup dizaman turunnya asap itu berdoa
dengan doa tersebut, memohon agar adzab yang dahsyat itu disingkirkan
dari mereka. Mereka menyatakan beriman dan merasa cemas akan
terjadinya peristiwa-peristiwa dahsyat berikutnya yang belum mereka
ketahui, yang telah dijanjikan kepada mereka bakalterjadi di Hari Kiamat.

Mereka bercloa seperti itu. karena di waktu itu masih mungkin

dihilangkann!'a adzab, dan masih mungkin diterimanya taubat. Dan Allah
jualah yang lebih tahu.

2i9. Al-Bukl-rari meriwayatkan dari MasruqRadhiyallahu Anhu, dia

berkata. Suatu saat di Kindah ada seorang lelaki bercerita, "Pada
Hari Kiarrat nanti akan datang asap masuk ke telinga dan mata
orang-orang munafik. Dan menimpa pula terhadap orang mukmin
seperti orang yang terkena flu." Tentu saja kami terperanjat. Lalu
kamidatar-rg kepada Ibnu Mas'ud.

Kata Masruq: Waktu itu Ibnu Mas'ud sedang bertelekan.
(Mendengar itu), dia marah lalu duduk seraya berkata, "Hai orang-

orang. barangsiapa mengetahui sesuatu (hadits), maka katakan sesuatu
itu. Dan barangsiapa tidak tahu. maka katakanlah,'Wallahu A'lam'
(Allah-lah yang lebih tahu). Karena termasuk ilmu ialah mengatakan

'Wallahu A'lam ' untuk hal-hal yang tidak diketahui. Karena

sesungguhnya Allah Subhanahu waTa'ala telah berfirman kepada Nabi-
Nya Sho//ollahu Alaihi wa Sallam.

;[rr :,,] :1-2;3SAi ei u') ;i b p; Xtlf U'Jr

" Katakanlah ( haiM uham marl), Aku tiiak meminta upah sedikit pun

kepadamu atqs da'wahku, dan aku bukonlah termasuk orong-orong
yang mengada-ada."' (Shad: 86)

162 Huru-hara Hari l(iamat

-,--

Memang, dulu orang-orang Quraisy bersikap ogah-ogahan untuk
menerima Islam. Oleh karena itu Rasulullah Shol/o/lahuAlaihi wa Sallam
mendoakan mereka, "Ya Allah, tolonglah aku atas mereka dengan tujuh
tahun paceklik seperti yang terjadi pada masa Nabi Yusuf. "

Karena doa Rasulullah Sho//cr/lahu Alaihi wa Sallam itulah, maka
mereka ditimpa paceklik selanra satu tahun, dimana mereka mengalami
kebinasaan. Mereka memakan bangkai dan tulang-tulang, sanrpai ada
seseorang yang seolah-olah melihat asap antara dirinya dan tanah. Oleh

karena itu Abu Sufyan datang nrenemui NabiSho/lallahu Alaihi wa
Sallam, lalu berkata, "Ya Muhammad, kamu datang menyuruh
silaturahim, tetapi kaummu sendiri dibiarkan binasa. Maka, berdoalah
kamu kepada Allah (untuk menghilangkan adzab). "

Maka Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pun membacakan
ayatberikut ini,

220. Yaitu firman Allah To'olo,

b r'-yt'

.r-L-1-JTc#"
;Ailiri i; t:n:)''
g'tLi;'J.,, Gy & -r3ii3

@, S# tt, ,-,r:rti & ,-i:zi t i:.) [email protected] 11 +ti,

[lr-r.:rrt-*Jl]

"Maka tunggulah hari ketika langit membawa asap yang nyata. Yang
meliputi monusio. Inilah adzab yang pedih. (Mereka berdo'a), 'Ya
Tuhan kami, I eny apkanlah dari kam i adzab if u. Ses u ngg uhny a kam i

beriman."' (Ad-Dukhan: 10-12)

Akan tetapi, dapatkah kami menghilangkan dari kalian adzab
akhirat apabila telah datang?"

Atas doa Rasulullah ShallallahuAlaihi wa Sallam itu mereka benar-
benar telah diselamatkan dari adzab dunia, tapi kemudian mereka balik
lagi menjadikafir.

221. Sikap mereka seperti itulah yang diingatkan oleh Allah To'alo dalam
firman-Nya:

aq3;5iiI r r :.rrr.rlr] j*;".4. .l.,.hn-i.Jal |, -. .-.
U4

"(lngatlah) hari (ketika) Kami menghantam mereka dengan
hantaman yang keras." (Ad-Dukhan: 16)

Hari yang dimaksud disini ialah saat terjadinya perang Badar, tapi
hantaman itupastimasih akan menimpa lagi.

MunculnyaAsap 163

----F

222.Dalam kaitarlnya dengan asap tadi, baiklah disini kita simak firman
Allah To'olo,

'AIif Laam Miim. klah dikalahkan bangsaRomawi, di negeri yang

terdekat, dan mereka sesudah dikalahkan itu akan menang. " (Ar-
Rum: 1-3)
Kekalahan bangsa Romawi dan kemenangan mereka sesudah itu,
telah lewat. Dan dalam kaitannya dengan peristiwa tersebut, ringkasnya
ada empat peristiwa yang konon kini telah lewat. Rupanya berita tentang
telah lewatnya empat peristiwa itu juga diriwayatkan oleh Al-Bukharidan
Muslim dariAl-Amasy. Juga Mansur meriwayatkan berita yang serupa.
Dan memang, dalam suatu riwayat ada dinyatakan,

&''rtt. t . to t . t

ir;"l(ri'ri)t, ro'n;, ;nt

"Sesunggiuh nya telah lewat (pembelahan) bulan, (munaflnya) reap,
(kemenangan kembali) bongso Romawi, dan adzab yang menimpa
(kaum Quroisy: perang Badar) . "
Bahkan Al-Bukhari telah menyampaikan berita tersebut dari
berbagai jalur sanad dengan lafaz yang bermacam-macam.
Perkataan orang yang bercerita tersebut di atas, bahwa munculnya
asap itu terjadi menjelang Hari Kiamat, memang tidak sampai berpredikat
jayyid. Oleh karena itu, segera disanggah oleh hnu Mas'ud. Tetapibahwa
menjelang HariKiamat akan munculasap, adalah benaq disamping akan
terjadi pula pertanda-pertanda lainnya, seperti munculnya binatang
melata, Dajjaldan Ya'juj Ma'juj, sebagaimana ditunjukkan oleh berbagai
hadits, baik dari Abu Syarihah, Abu Hurairah maupun para sahabat
lainnya, bahkan juga sebagaimana yang dinyatakan secara tegas dalam
hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari sendiri.
Adapun apiyang akan munculsebelum Hari Kiamat, itu telah
dinyatakan dalam hadits shahih, bahwa api itu akan keluar dari sebuah
jurang diAden. Ia akan menggiring manusia ke tempat penghimpunan
mereka, menginap bersama mereka di malam hari, dan tetap menyala
terus menungguitidur mereka di siang hariserta melahap siapa pun yang
tercecer dari mereka.

rtf t'lt

161 Huru-hara Hari Kiamet

PERTANDA.PERTANDA LAI NNYA
YANE TERJADI MENJELANE
KIAMAT

Telah diterangkan dalam hadits-hadits terdahulu sekian banyak tanda-
tanda Kiamat. Sekarang akan kita terangkan pertanda-pertanda lainnya
yang belum disebutkan, di antaranya yang merupakan syarat-syarat
datangnya Kiamat, dan hal-hal yang menunjukkan betapa sudah
dekatnya hariyang maha dahsyat itu. Dan kepada Allah jua kita memohon
segala pertolongan-Nya.

Perlombaan Pembangunan Gedung-gedung.

223.Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Al-BukharidariAbu
Hurairah Radhiyallahu Anhu,dari Nabi S hallallahu Alaihi waSo//om,
"Kiamat tidak akan terjadi sebelum manusia berlomba-lomba

meninggikan gedung-gedung. Kiamat tidak akan terjadi sebelum ada
duo golongan besar berperanghebat, padahal keyakinan keduanya
sama. Kiamat tidak akan terjadi sebelum dicabutnya ilmu, banyak
gempa, waktu (terasa)soling berdekatan, banyak huru-hara dan
banyak pembunuhan. Kiamat tidak akan terladi sebelum munculnga
dajjal-dajjal pendusta hampir tiga puluh orang banyaknya, mosing-

mosing mengaku dirinya utuson Allah. Kiamattidak akan terjadi
sebelum ada seorang lelaki melewati kuburan orang lain lalu
berkata, 'Alangkah baiknya andoikan aku menempati tempatmu.'
Kiamat tidak akan terjadi sebelum matahari terbit dari barat. Apabila
ia telah terbit dan diketahui orang banyak, maka mereka pun
benman semuanya. Tapi waktu itu iman seseorang tidak berguna laE

Pertanda-pertandaLainnyaYang... 165

-

b a gi dir i ny a, y an g se b el um n y o ti d ak b e r i m an, atau ( b el um ) b e.r b u at
baik dalam mosa imannya. Kiamot tidok akan teriadi sebelunr harto
m elimpah ruah di tengoh kamu, sampoi pemilik harta kebingungan,
karena tidak ada orong yang mau menerima (sedekah) nyo. "

224. Jugatelah disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu
'HArn-rhruaimra.h. Abu Buraidah, Abi Bakrah dan lainnya Rodhiyallahu

-;!i ;-ir J.'|,'-c\r !'trr r;r;: ,- uU, r*'l
. rtr i;", J u',A!r l';j' '#;', ok

" K i om ot ti d ak akan terj adi sebel u m k am u m e m er ongi bongsa Tur ki,

berwojoh lebar don berhidung pesek. Wajoh mereka bagaikan perisai
yong ditempa. Mereka bersandalkln rQmbut."

Menipisnya llmu dan Merajalelanya Kebodohan

225 . Dalam Shahih Al-Bukhari dan shohih Muslim diriwayatkan dari Anas
Radhiyollahu Anhu, sabda Rasulullah shallallahu Alaihi wa Sollam,

J'1t ;-k'r ;**ir k, ete'j"'oi 'lrar !,t:tf 'u rt,
t-k ;i, '."3r kr'Jti')t ,yt );o, -,'-3'k't

.+(-)t'rtjti?tr',;-A.

"sesunggu hnyo di ontara syarot-syoratteriadinyaKiamat ioloh jika
ilmu telah dicabut, kebodohan nterojolelo, perzinaan tersebar luos,
khomer diminum, kaum lelaki hilong (berkurang), tinggol koum
wanita saja, sehingga lima puluh wanita menjadi tanggungon seorang
Ieloki."

Murtadnya Sebagian Bangsa Arab

226. Al-Bukhari meriwayatkan dariAbu Hurairah Radhiyallahu Anhu,

sabda Rasulullah S hall allahu Al aihi w a S allam,

t ... t . tt

-6i lr-;J;J.,J,I
-,)A o- it*AAr q: ,P
ar

e t) el*r

,#c;' t. os*- \;s' ; ., +t v . t,

G at ,-fP iAAt tst

166 Huru-hara Hari Kiamat

" Kian rut tidak akan terj adi sebelum pontat perempuon-Wrempuan

D aus ber go yang- go y ong ( menari) di sekeliling D zul Khalashah,
berhala kabilah Dous yang dulu mereka sembah di zamon

iahiliyah."

Dalam Shoh,h Muslim terdapat riwayat dariAisyah Radhiyallahu
Anho, dia berkata, Aku mendengar Rasulullah Shollallahu Alaihi wa

Sallam bersabda,

.,sAf: .,ytr 'rli ,;L'.t/;rtJlr iirr i

"Malam don siong tidak akan sirno sebelum Latta dan 'Uzza

disembohkemboli."

(Mendengar itu), maka aku berkata, "Ya RasulAllah, sesungguhnya
aku benar-benar mengira, ketika Allah menurunkan ayat,

3lr ai:::4!.-,rl dlt .*,', l . -,..i.ii.,
I Jli' a, aa -
't) 9-,1 .J.,-11
'; 4bl,

[r:.,-rr] ,*r-";]5i;f jt -f

"Dia-lah yang telah mengutus Rosu/-Nyo dengan membawa
petunjuk dan agama yangbenar, agar Dia memenangkannya di atas
segalaagama, meskipun orang-orangmusyrik tidok suko. " (Ash-
Shaf: 9)

"Saya kira itu sudah sempurna."

Beliau bersabda, "Sesungguhnya itu akan terjadi atas kehendak

Allah. Kemudian Allah mengirim angin sejuk, yang menyebabkan

kematian siapa pun yang terdapat iman dalam hatinya, meskipun hanya
seberat zarrah. Dan tinggallah orang-orang yang tidak memiliki kebaikan.
Mereka kembali lagikepada agama nenek-moyang mereka."

228. Al-Bukhari meriwayatkan pula dariAbu Hurairah Rodhiyallahu
Anhu, bahwa pada suatu hari Rasulullah Shollollahu Alaihi wa

Sollom keluar menemuiorang banyak. Tiba-tiba datanglah seorang
Badui bertanya tentang iman, dan seterusnya, hingga akhirnya
orang itu bertanya: "Ya Rasulullah, kapankah datangnya Hari
Kiamat?"

Beliau menjawab, "Orang yang ditanya tidak lebih tahu daripada
yang bertanya. Tetapi akan aku ceritakan kepadamu syarat-syaratnya,
yaitu: apabila budakwanita telah melahirkan tuannya sendiri, dan apabila
orang-orang (yang asalnya) tanpa alas kaki, telanjang, miskin, penggem-
bala kambing telah menjadi pemimpin rakyat. Itulah sebagian dari syarat-

Pertanda-pertandaLainnyaYang... 167

syarat datangnya Kiamat di antara lima syarat lainnya, yang hanya
diketahuioleh Allah."

Kemudian beliau membaca aYat,

vt)wj'$ -t v ..ks :3i'J"is *ai'C ,;+';'i'ur,

:.>t ,i. .l ;.! t lt -.

_,rtl -a-t-'
,a'
'li'ut,

"sesunggu l-rnya Allah. hanyapodo sisi-Nyo sojo/oh pengetohuan
tentong Kiamot. Dan D ia-lah Yang menurunkan huian, mengetahui
apo yang ado dalam rahim. Dan tiado seorong pun yong dopat
mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusohakannya besok'
Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dio
akan mati. Sesungguh nya Allah Maha Mengetahui lagi Moha
Mengenal." (Luqman: 34)
Kemudian lelaki itu pun pergi. Beliau bersabda, "Suruh dia

kembali." Tetapi para sahabat tidak melihat apa-apa. Beliau

menerangkan, "Orang tadi adalah Jibril. Dia datang untuk mengajari
manusia perkara agama mereka." (HR. Al-Bukharidan Muslim dalam

Ash-Shohihoin).

Pe rkataan be I ia u,' Ap ab il a b u dak w onito tel ah m el ohir kan tu anny a
sendiri", maksudnya, bahwa di akhir jaman budak-budak wanita akan
mendapat penghormatan besar, sehingga seorang budak wanita bisa
menjadi isteri seorang pembesar, bukan wanita-wanita merdeka. Oleh
karena itu beliau menggabungkan pernyataannya itu dengan "Donkamu
melihat orang-orang (yang asalnya) tanpa alas koki, telanjong, miskin
b er I om b a- | o mb a kem e gahan d al am gedun g- gedun g tin ggi. " Makudnya,
mereka menjadi pemimpin rakyat. Harta mereka banyak dan wibawa
mereka meluas. Tetapi mereka tidak memiliki perangai maupun keinginan
selain bermegahan dalam gedung-gedung tinggi.

Menumpuknya Harta Pada Orang Yang Tidak

Berakhlak Luhur dan Tidak That Beragama.

229 . Begitulah, sebagaim ana tersebut dalam hadits terdahulu,

f J, E,l'n ru6t tLitfr &'-eu,if 't

16a lluru-haraHiariKiamat

"Kiamat tidak akan terjadi sebelum orang yang puling banyak
mengumpulkan harta jusfru si rendah budi onok s i rendah budi,"

Dlserahkannya Segala Urusan Kepada Yang Bukan
Ahlinya

230. Tersebutdalam sebuah hadits.

.Lulr ,bu {.ti

" Apabilo segalauruson teloh diserahkan kepado oiong yang bukal

ahl inyo, mako tunggulah dotangnyo Kiamat. "

231. Dalam hadits lain dinyatakan.

etl',, N",f ;';; ;*LU: ,f o

" Kiamat tidok okan terjodi sebelum tiap-tiap kablah dipimpin oleh
orang-orang yang hina di antara mereke. "
Kalau ada yang menafsirkan orang-orang hina tersebut dengan
banyaknya tawanan, dikarenakan sering terjadinya penaklukan, dulu
pada angkatan pertama dari umat ini mereka memang banyak sekali
jumlahnya. Tapi itu tentu bukan merupakan pertanda Kiamat, yang saat
terjadinya di akhir zaman. Tapi, Allah Subhanahu waTa'ala jualah yang

lebih tahu.

Hilangnya Amanat

232. Dalam Shohih Al-Bukhori terdapat riwayat dariAbu Hurairah

RadhiyallahuAnhu,

ttt\i -;a t;r Jta ,. .i, # Ar J'r'., JL $tlf of
ti.;LJ'

'uy
-, pul)l u
a
Jt-i wa\ ;lG'si ltt j u. Jv lAr;

.aortr ;av *i'p';\it;

"Bahwasannya seorang Badui bertanyo kepada Rasulullah

Shallallohu Alaihi wa Sallom,' Kopankah teryodinya Kiamat?' Rasul

menjawab, Apabila amanat telah disia-siolcon, maka tunggulah
terjadinya Kiamat.' Badui itu bertanya pula, 'Ya Rasul AIIah,

b agaimanakah disio-s iakannya amanat itu?' Rasul menjaw ab,

Pertanda-pertanda Lainnya Yang. .. 169

'Apabila segalo u/ us(rn teloh diserahktnt kepade orong yong bukan I

ahl iny a, maka tunggul aL t t e rj adiny a Kiam at. "' I

233. Sedang menurut Imam Airniad dariAnas bin Malik Ra,lhiyallahu
Anhu,yang meriwayatkan hadits ini secara mart'u''.

" K iarnat ti dak akan terj ad i seb el urn clicab tin y a il n t n. rn e r ai al el an y a

kebodohan, berkurangtga laki -laki dan meningkatn y-a iumlah
wanita. sehingga seorang lelaki meniadi penanggung lilna puluh
wanita."

Di atas, disebutkan penguat hadtis inidari hadits shahih.

Hilangnya Berkah dari Waktu

234. Imam Ahm ad m eriwayatka n dari Ab r.r Hu ra ir ah Radhi y al I a h u An hu
sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi r.i.,a So//onr.

t . . ,, , t

u-Jr ;r-.lJr
J;;-r +;6;At{ ofs. t. z - Gt U, \ tt )-

C; e*

*Jk i'-,-;, ;,k, ilrs ;,J.ir uk'r'{:Ak 'aAt
u-Ar j(;k ':eu)\';tk':

"Kiamat tidak akanterjadi sebelum waktu (t'erasa)so/ing berdekatan.
Satu tahun seperti satu bulan. Satu pekan seperti satu hari. Satu hari

seperti satu jam. Satu jam seperti lantanya membakar daun

korma."1)

Sahl beranggapan bahwa isnad hadits ini sesuai syarat Muslirn.

235. Masih menurut riwayat Imam Ahmad dariAbu Hurairah Radhi

yallahu Anhu, Rasulullah Sho//o//oh u Alaihi Luo Sol/om bersabda,

J'iU'-lr" '..

.rStj ->
'Jl rt's-!..,J &i t ..t,
U-tJl

"Duniatidak akanlenyap sebelum iadimiliki si rendohbudi anaksr
rendahbudi."
Sanad hadits ini jagyid dan qar.uiy.

l. Kinoyoh dari hilangnya berkah dari waktu, sehingga pemanfaatan waktu dan hasil usaha yang

diperoleh pada waktu itu sangat sedikit jika dibanding dengan waktu-waktu sebelumnya ketika belum
dicabutberkahnya.

l7O Huru-hara Hari Kiamat

Lancarnya Bicara Orang-orang Hina

236. Im am Ahm ad m eriwayatkan dari Abu Hurair ah Radhiyall ahu Anhu,
dia berkata, sabda Rasulullah Shall allahu AI aihi w a S allam,

t+..e J14) 6:t at t+c -,K"uf* or,-, 9a2tt Se
V-2'J \t;-') j3.Li,)t W ,ri'::o\i WL:ir.7iKir

.+!,a. +'.-'st,lt,

"Menjelang terjadinya Kiamat akan ada tahun-tahun yang penuh

tipuan, orang yang jujur didustakan, pendusta dibenarkan, orang

yang terpercaya dianggap berkhianat, pengkhianat dipercaya, dan
orang kecil lagi hina pandai berbicara. "
Menurut Syuraih, ungkapan yang terakhir berbunyi, ,,Wa yanzhuru
t'iihar Ruwaibidhah" (orang kecil lagi hina pandai berfikir).

Isnad hadits ini jayyid, sekalipun para perawi yang lain tidak
mengeluarkan hadits ini dari jalursanad ini.

237 . lm am Ahm ad m eriwayatkan dari Abu Hurair ah Radhiy all ahu Anhu,
bahwa Nabi Sho//o llahu Alaihi w a S allam bersabda,

6;-'JfJ J--1,'un', ,rAt iG', s j-',:i *t;r bt;,i :b,

6r'si 6, a,.ti *'ol d4:rr J's_t6 t_'i,itJtit";r

"Sesunggu hnya di antara syarat-syarat terjadinya Kiamat ialah,

apabila kamu melihat orang-orang (yang asalnya) penggembala
kambing menjadi pemimpin umat, dan kamu melihat orang-orang
( y an g as al ny a) tanpa o /os ka ki, tel anjan g dan kel ap ar an b er I o mb a-

lomba membangun gedung-gedung, dan bila budak wanita
m elahirkan tuanny a sendiri. "
Sanad hadits ini jayyid, tapi para perawi yang lain tidak

mengeluarkannya dari jalur sanad ini.

Kebodohan Manusia tentang Syariat Agama

238. Imam Ahmad meriwayatkan dariAbdullah bin Amr Radhiyallahu
Anhu, Rasulullah Shallallahu Alaihi w a Sallambersabda

w tGi? uo'r(!i ,yf 'n ^th-it "ul LU ;;'orUirtt

Pertanda-pertandaLainnyaYang... 17l

-

(f*';: |fj .t'1 v.1st-, r. J}; ! a;t'*;

" Kiamat tidak okan terjadi sebelum Allah mencabut syariot-Nya dari
penduduk bumi, maka tinggallah orong- orong bodoh yang oda di
sano. Mereka tidok mengenal perkara makruf don tidok mengingkari
perkaramunkor."

Kuburan Dijadikan Masjid

239. Imam Ahmad meriwayatkan pula dari Abdullah bin Mas'ud

Radhiyallohu Anhu, dia berkata, Aku mendengar Rasulullah

S hal I all ahu Alaihi w a S allam bersabda,

"*Jt,l-?i 6-octa.tt?,t'ctti;rtJr-'',,r6-,*r..\o);'";,:-:r(*,r!'=.irri-*tQ-"t- ,-t ot,

.:'

t"lts

"Sesungguhnya kepandoian bicara itu punya daya tarik. Don
sejahat-jaltat manusia adalah mereka yang masih hidup pada suttt
terjadinyo Kiamat, don mereko yang meniadikan kuburan mereko

sebagaimasjid."

Sanad hadits ini shohih, tapi para pelawi yang lain tidak

mengeluarkannya dari jalur sanad ini.

Merajalelanya Kedurhakaan Manusia

240. Imam Ahmad meriwayatkan pula dari l\bdullah bin Mas'ud
Rodhiyallohu Anhu, Rasulullah Shallallahu Aloihi wa Sallatn

bersabda,

.,/a, {; & !! ai,fur ,p,

"Kiamat hanya akan dialami orang-orang iahat."1l

Hilangnya Kemanusiaan Manusia

Telah disebutkan dalam hadits terdahulu, bahwa:

1. HR. Muslim 52 Kitob At-Fitan r-r.ro Asyroth As-So'ch, hadits no.13 L Dan diriwayatkan pula <.rleh Abu

Daud,At:Tirmidzi, IbnuMajahdanAbuDaudAt-ThayalisidalamMusnodnyahaditsno.3ll.439 Dan
juga olehAhmad dalam Musnodnya 31268. cet Al-Halabi.

172 Huru-hara Hari Kiamat

al-

JC,1I,M fr

, orL- +Ul

"Kaum lelaki bekurang jumlahnya, wanita bertambah banyak,

s om p ai seo r ang I elaki m enan ggun g hm a p ul uh w anita. D an b ahw a
ntereka bersetubuh di jalan-jalan seperti binatang. "

Lenyapnya Tauhid

247. lmam Ahmad meriwayatkan dari Anas Radhiyallahu Anhu,

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

til 04.

ue")i
Fi^ t d!\ GtAt ;;o
*p Jtr;!

"Kiamat tidak akan terjadi sehingga di muka bumi tidak terdengar

Iagi uca1:,an, 'La lloha lllallah' ."

242. Sedanq menurut riwayat Muslim.

.ir' i,' -rr!i ;-'Ju,-) F aL*tr ;pO

"Kiarnat tidak akan teriadi sehingga di muka bumi tidak terdengar

lagi ucal>an, 'Allah, Allah'."

243 Irnam Ahmad meriwayatkan dari Anas Radhiyailahu Anhu,

liasulullzrh Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda.

.i' i,' -rr\,i e'J6-\, :t &t)r ;r, t

"Kiamat tidak akan dialami oleh sfa[a pun yang mengucapkan,
'Allah, Allah'."

Terhentinya Amar Makruf-Nahi Mungkar

Ada dua pendapat dalam mengartikan sabda Rasulullah shallallahu
Alaihi wa sallam tersebut di atas: "...sehinggo di muka bumi tidak
terdengar lagi ucapan, Allah, Allah'."

Pertama, bahwa maksudnya, tidak ada lagi orang yang

mengingkari kemungkaran, dalam arti tidak mencegah temannya berbuat
kemungkaran, sekalipun dia melihatnya. Makna inibeliau ungkapkan
dengan: "Sehingga tidak ada lagi yang mengucapkon Alloh, Allah,"

Pertanda-pertandaLainnyaYang... 173

-

sebagaimana diungkapkan dalam hadits sebelumya riwayat t\trcltrllah bin

Amr:

"Maka tinggallah orang-orang bodoh yang ada di s.rna. Mereka
tidak mengenal perkara makruf dan tidak mengingkari perkara munkar."

Kedua, bahwa makudnya, sehingga dimuka br-rmi tirlak ada lagi
yang mengingat Allah dan tidak ada yang mengenal nanra-Nya, yaitu
ketika jaman sudah sedemikian rusaknya, kekafiran, kefasikan dan
maksiat merajalela di mana-mana, sebagaimana disebutkan dalarn hadits

yang lain:

"Kiamat tidak okon terjadi sehingga di muka bumi tidak terdengor
Iogi ucapan,' La llaha lllallah' . "

Seiahat-jahat Manusia adalah Mereka Yang Masih
Hidup Saat Teriadinya Kiamat

Demikianlah, sebagaimana tersebut dalam hadits lain,

r h' lt if I it* f s ."i)t'.^{ ;",i i"; ,$Jr +-:tr ;!
6-:'),rtr\id 1, *-r;.s;!i :ut
'f ) !';F j;j

.l,.e\i.)\ i'o*' W') -e\i)\ t t4,4:!'il k* ,:)- )'.e;.J<t

,(r"

"sesunggu hnya seorang tua rento akan berkota, 'Aku ntasih sempot
melihat adanya orang-orang yang mengucapkan, La llctho lllallah.'

Kemudian keadaan semakin ruwet, dan semakin bertarnboh-tambah
juga, hingga okhirnya dzikir kepada AIIah ditinggalkan orang di muka
bumi, Ialu dilupakan sama sekali, bahkan tidak dikenal. Merekalah
itulah sejahat-jahat manusia, dan atas merekalah Kiomat terjadi."

Dan juga, sebagaimana tersebut dalam hadits,

' " Kiamat hanya akan dialam i or an g- o r an g i ahat' "

Dan menurut lafazh lainnYa:

t': )i ,-itJ'oiot't.i,.ttt-ot.o.l' ,"t!tt't|t-',:':

.rL-l aorJt fiS

"Dan sejahat-iahat manusia adalah mereka yons ^orii hidup pada
s aat terj adiny a Kiamat. "

*****

174 Huru-haraHariKiamat

7t-

DEKATNYA KIAMAT

244. Muslim meriwayatkan dalam Shohihnya, dariAnas bin Malik

Radhiyallohu Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam

bersabda,

ire..al*J,l.J' .'4 t ',
s+.Joik...5'- Ul

'Aku dan Kiamat dibangkitkan seperti kedua (jari) ini"tt
Hadits ini hanya diriwayatkan oleh Muslim sendiri.

Dekatnya Kiamat Menurut Riwayat Sahal bin Sa'ad
dan Abu Hurairah

245. Menurut riwayat Muslim, perawi hadits ini menyatakan, bahwa dia
mendengar Sahl Radhiyallahu Anhu berkata, Aku pernah melihat
Nabi Sho//ollahu Alaihi wa Sallam memberi isyarat dengan kedua
jarinyayang di sebelah ibu jari, yaitutelunjukdan jari tengah, seraya
bersabda,

.$k ",bt ;r6'r4

'Aku dan Kiamat dibangkitkan seperti ini."
Hadits ini hanya diriwayatkan oleh Muslim sendiri.

246. Se dan g m e n urut riwayat Al-Bukhari dari Ab u Hurairah Ro dhiy allahu
Anh u, Nab i S ho //o II ahu AI aihi w a S all am bersabda,

1. Maksudnya. hampirbersamaan waktunya.-Penj.

Dekatnya Kiamat ^1,7 5

'Aku dan Kiamat dibangkitkan seperti kedua (jori) ini."

Dekatnya Hari Kiamat Dibanding Masa Lalu

247 . Menurut riwayat Al-Bukhari dari lbnu Umar Radhiyallahu Anhu,

Rasulullah Shallallahu Alaihi w a S allam bersabda,

*,-:y,4, t,ri -\
p
.. ;G 6tj
ttu ;.u iiri "1 G'&i

. LsttAl,r{r',F : F)t +

"Ses u n ggu hn y a kete ntuan u^ u, ( b agi) kamu dfb aniing kete ntuan

umur (untuk) umat-umatterdahulu sebelum kamu, adaloh seperti
jarak waktu antara shalat Ashar don terbenomnya matahari. Dan

perumpamaan antorakamu dengan umatYahudi don Nasroni
adalah..., " dan seterusnya dalam hadits yang panjang.

Terjadinya Kiamat Benar-benar Telah Dekat

248. Musli m m eriwayatkan dalam Shoh ih nya, dari Aisyah Radhiyallohu

Anhu, dia berkata, Orang-orang Badui itu kalau datang kepada
Rasu lullah Shall allahu Al aihi w a S allam, m ereka bertanya tenta n g

Kiamat. Beliau melihat kepada salah seorang yang termuda di antara
mereka, lalu bersabda.

'€eL'€.* us 7'!lt k riil'*i ;v'o!

" J ika orang ini berumur panjang, belum la$ dia pikun, moko Kiamat
kantu sekalian pun terjadi. "

Hadits ini hanya diriwayatkan oleh Muslinr sendiri.. .

249.Dan menurut riwayat Muslim pula dariAnas Rodhiyallohu Anhu,
bahrva seseorang bertanya kepada Rasulullah Shollallahu Alaihi wa
So//om, "Kapankah Kiamat terjadi?"
Di waktu itu di sisi beliau ada seorang anak lelakiAnshar bernama

Muhammad. Maka sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam,

;.aotAti,o ilt a{ri-\'ri ;;; i>r.r' '*i 'H-'ol.

"Jika anak laki-laki iniberumur panjang, barangkalibelum IaE dio
pikun, maka Kiamat pun telah terj adi. "
Hadits ini pun hanya,iiriwayatkan oleh Muslim sendiri dari jalur
sanad ini.

176 Huru-hara Hari Kiamat

.a--

250 Juga, Muslirn meriwayatkan dan Anas hrn MahkRtrr/h iyallohtt Arlttt
bahwa seorang laki-lakibertanya kepada Nabishol/o llaLnt Alaihi uta
sallam, "Kapan terjadinya Kiamat?" Nabi sho// allahu Aiaihi uta

so//om diam. Kemudian beliau rnelihat seorang anak lelaki dari IJzd
Syanu'ah yang ada di hadapannya, maka sabdanya,
",lika anak lelaki ini berumur paniang, belurn lagi dia sampai pikun.
m aka Kiam at pu n ter i adil ah. "

Anas berkata, 'Anak lelaki itu u'urnya sebaya denga.ku saat itu."

Hadits ini pun hanya diriwayatkan oleh Muslim sendiridari jarlur
sanad ini.

25 1 . MLrslim nreriwayatkan, Anas Radhiyallahu Anhuberkata. Seor;rnq

anak lelakiAl-Mughirah bin syu'bah lewat---dia sebaya dengank, --
maka bersabdalah Nabi Shaltallahu Alaihi wa Sollant,

"Jika anak ini berumur panjang, belum lagi dia sampai pikun. moko

Kiam at pun terj adilah. "

Riwayat-riwayat tersebut di atas semuanya menunlukkan betapa
seringnya soal kapan datangnya Kiamat ini ditanyakan, dan selalu
jawaban seperti itu. Namun demikian, yang dimaksud bukan ber,arti
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menentukan waktunya Kiamat
Kubra itu sampai anak tersebut pikun. Tetapi. bahwa umur yang
ditetapkan untuk generasi mereka, secara umum takkan sampai den5ran
masa pikunrrya anak itu. Adapun soal kapankah datangn yaKiamatKubra,

tetap sepertiyang telah dinyatakan dalam hadits terdahulu:

;:r t-; {u

" Kam u sekal i an b ertan y a kepad ak u tentang Kiam of . ses un gguhny a

pengetahuan mengenoi Kiamat hanya dia di sisiAr/oh. Dan ctku
bersumpah demi Allah, tidak adadi mukabumiini seseorongyeng

diberi kesempatan bernat'as pada hari ini, kemudian akai

m engalam i serof us tahun lagi. "
Pernyataan ini dikuatkan lagi dengan hadits riwayat Aisyah:

)€ecWUv

"Tblah datang kepadamu Kiamatmu. "
Maksudnya, barangsiapa meninggal dunia, berarti dia sudah bisa
disebut mengalami Kiamat. Karena alam Barzakh (kubur) itu hampir sama

Dekatnya Kiamat 1.77

r ---

suasananyadengan suasana Hari Kiamat, tetapi masih memuatsuasana
dunia. Hanyasaja ialebih miripdengan alam akhirat.

Kemudian manakala waktu yang ditetapkan untuk dunia ini telah
habis, maka Allah memerintahkan agar Kiamat diadakan. Pada saat itulah
Allah To'olo mengumpulkan seluruh umat manusia dari sejak generasi
yang paling pertama sampaiyang terakhir. Mereka semua dikumpulkan
unfuk memenuhi janji pada hari yang telah ditentukan, sebagaimana yang
akan diterangkan lebih lanjut nanti, berdasarkan Al-Qur'an maupun As-
Sunnah. Dan kepada Allah kita memohon segala pertolongan.

Dekatnya Kiamat Menurut Nash Al-Qur'an

Bagaimanapun Kiamat itu benar-benar telah dekat, dan pasti datang
tanpa diragukan. Datangnya secara tiba-tiba, tetapi entah kapan
datangnya, tidak ada yang mengetahui wal<tunya selain Allah.

252. Nlah Ta' al a berf irm an,

lr''r;!'l t1l,ur** c it tl+ dw.-,:.;;r

"Tblah dekat kepada manusia han menghtsob sego/o o^olon mereka,

sedang mereka berada dalam kelalaian lagi berpaling

(daripadanyol. " (Al-Anbiya': 1)

253. Allah Ta'alaberfirman,

L

[r :;pJr] t.;);jo]a--:); ,C ,ti ;i Ut

"klah pasti datangnya ketetapan Allah, maka janganlah kamu

memintaagar disegerakan (datang)nyo. " (An-Nahl: 1)

254. DanAllah To'olo berfirman,

iLri + W *si * Atc:L L
a'
$i a,"t oAio '
' t i:'.t.n.

[rr:.,r;,!r] Gt ef if. atAi'";S

"Manusia bertanya kepadamu tentang hari kebangkitan.

Katakanlah,'Sesunggu hnya pengetahuan tentang hari kebangkitan
itu hanya di s isi A//o h .' D an tahukah kam u, ( hai M uham m ad), b oleh

j adi hari keb angkitan itu sudah dekat w aktu ny a. "' (Al'Ahzab : 6 3 )

255. DanAllah To'olo berfirman,

178 Huru-hara Hari Kiamat

"Seseorong teloh nteminta didatangkan adzab yang bakal terjadi,
untuk orong- orang kafir. (Adzab itu) yang tidak se or ang pun dapat
menolaknga. (la datang) dari AIIah, Yang mempunyai tempat-tempat
naik. Malaikat-malaikat dan J ibril naik (menghadap) kepada TUhan

dslarn sehari yang kadarnya lima puluh ribu tahun. Maka

bersabarlah kamu dengan kesabaron yang baik. Sesunggr-rhnya
m er e k a m e m an dang s i ksoon itu j auh ( m ustahil) . S e d an gk an Kam i
memandangnya dekat (pasti terjadi) . Pada hari ketika langit menjadi
seperti luluhan perak. Dan gunung-gunung menjadi seperti bulu
( y an g b e r ter b an gan) . D an tidak qda seo r on g p un tem an akrab y ang
menanyakan temanny a. Padahal mereka saling melihat. Orang kat'ir
menginginkan andaikan dia dapat menebus (dirinya) dari adzab hari

itu dengan anak-onaknyo. " (Al-Ma'arij: 1-I 1)

256. Allah Ta' alaberf irm an.

"Tblah dekat (datangnya) soof ifu, dan bulan pun telah terbelah."
(Al-Qamar:1)

257 . Allah Ta' al a berfirm an.
"Dan (ingatlah) akan hari yang (di waktu itu) Allah mengumpulkan
mereka. (Di hari itu terasa) seakan-akan mereka tidak pernah tinggal
(di dunia). kecuali sescrot sojo df siong hari. Di waktu itu merekasoling
berkenalan Sesunggu h nya rugilah orong-arang yong mendustakan
pertemuan mereka dengan Allah. sedang mereka tidak mendapat

petunjuk. " (Yunus:45)

258. Allah Ta' alaberfirman.

" AI lah - I ah y on g m e nu r unkon kitab den gan ( m e m b atu a ) keb e nar an,
dan (menurunkan) neraca (keadilan) . Dan tahukah kamu, boleh jadi

Hari Kiamat itu (sudah) dekat? Orang-orang yarlg tidak beriman
kepada Hari Kiamat nteminta supaya hari itu segera didatangkan,
sedang orang-orang yang beriman merasa takut kepadanya, dan
mereko yakin bahwa Kiamat itu adalah benar (akan terjadi).
Ketahuilah, bahwa sesungguh nya orang- orang yang membat^rtah
terhadap terj adiny a K i am at itu b enar - b e nar dal am k e s es atan y an g
jauh." (Asy-Syura: I 7- 18)

259. Allah Ta' alaberfirman,
" . . . (Yaitu) di hari (yang pada waktu itu) ditiup sangkakala. Dan Kami
akan mengumpulkan pada hari itu orang-orang yang berdosa
dengan muka yang biru (buram). Mereka berbisik-bisik di antara

mereka, 'Kami tidak tinggal (di dunia) melainkan hanya sepuluh

Dekatnya Kiamat 179


Click to View FlipBook Version
Previous Book
Bahan Ajar Bahasa Indonesia (Multimedia)
Next Book
Buku-Saku-PCV